sayur daun kelor kuah bening

5 Resep Sayur Daun Kelor Lezat nan Berkhasiat

Sayur daun kelor menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mendapatkan manfaat daun kelor yang nikmat. Kita tidak perlu susah memikirikan rasa ketika mengkonsumsinya. Karena kalau sudah menjadi sayur yang lezat maka kita tinggal memakannya. Ada sayur kelor berkuah bening dan ada yang santan. Lalu ada cara membuat tumis daun kelor.  Berikut ada beberapa resep sayur daun kelor:

A. Sayur Daun Kelor Berkuah Bening

Sayur berkuah bening memang sangat segar bila dimakan apalagi pada siang hari. Salah satu sayur bening yang enak adalah daun kelor. Berikut ini adalah jenis – jenis resep sayur daun kelor berkuah bening.

Baca Juga Artikel Penting Ini:

  1. Manfaat Rebusan Daun Kelor
  2. Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh
  3. Penjelasan Daun Kelor Bisa Menangkal Ilmu Hitam

1. Sayur Bening Daun Kelor Gambas

Bahan – bahan untuk membuat sayur daun kelor dengan campuran gambas ini adalah 1 genggam daun kelor, 1 batang wortel, 1 batang gambas atau lebih sering disebut sebagai oyong, 1 buah tomat, 3 siung bawang putih iris tipis, serta 2 siung bawang merah iris tipis. Langkah pembuatannya yaitu pertama – tama, tumis bumbu bawang merah dan bawang putih dengan sedikit garam. Setelah itu, rebus air dan masukkan bahan – bahan sayur yang sudah dipotong sesuai selera. Tes rasa dan jangan terlalu matang karena gizinya bisa menguap.

BUAT KAMU:  Aturan Minum Daun Kelor Sebagai Pencegahan dan Pengobatan Berbagai Penyakit

2. Sayur Bening Daun Kelor Jagung

Resep sayur daun kelor yang satu ini bisa dibuat dengan bahan – bahan 3 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 1 buah kemiri, 1,5 ruas lengkuas, 1 batang wortel, 1 buah jagung manis, serta garam, gula dan penyedap rasa secukupnya. Cara pembuatan resep ini antara lain, tiris halus dan tumis bawang putih, bawang merah, kemiri dan lengkuas. Setelah itu, masukkan semua sayur yang sudah dipotong dadu, dipetik, maupun dipipil. Untuk daun kelor bisa dimasukkan terakhir. Tambahkan garam, gula atau penyedap rasa sesuai selera.

3. Sayur Kunci Daun Kelor

Mirip dengan sayur kunci daun bayam, bahan yang dibutuhkan antara lain 2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah. 6 buah cabai kecil hijau, 2 cm ruas kunci, serta terasi, garam dan gula secukupnya. Cara membuat sayur daun kelor ini adalah haluskan semua bumbu dan tumis sampai harum. Setelah itu, didihkan air dan masukkan semua bahan sayur ditambah tumisan bumbu halus. Tambahkan garam dan gula secukupnya lalu tes rasa dan sajikan hangat.

BUAT KAMU:  Cara Membuat Susu Almond Enak, Ternyata Mudah Lho !

B. Sayur Daun Kelor Berkuah Santan

Jika ingin sayur yang lebih berbobot, maka memasaknya bisa menggunakan bahan santan. Selain lebih mengenyangkan, bagi anak – anak kandungan santan juga cukup dibutuhkan untuk proses pertumbuhan. Berikut adalah 2 contoh resep simplenya.

1. Bobor Pepaya Daun Kelor

Bahan – bahan yang diperlukan meliputi 1 buah pepaya muda ukuran sedang, 1 ikat daun kelor, 2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 2 buah kemiri. 1 sendok teh ketumbar, 1 bungkus santan instan, serta gula jawa, garam, daun salam dan lengkuas secukupnya. Cara membuat sayur daun kelor ini yaitu iris pepaya sampai berbentuk kotek api, lalu haluskan bumbu dan tumis. Jika sudah berbau harum, tambahkan sedikit air dalam tumisan. Setelah itu, masukkan pepaya dan daun kelor sampai matang.

2. Sayur Asam Sukun Daun Kelor

Untuk membuat resep sayur daun kelor ini dibutuhkan bahan – bahan 500 gram buah sukun muda, 2 ikat daun kelor, 5 buah kemiri, 1 batang serai geprek kuncir, 1 bungkus santan instan, 3 buah cabai keriting, serta asam, garam. terasi, gula, dan penyedap rasa secukupnya. Cara pembuatannya yaitu potong semua sayur sesuai selera. Setelah itu, haluskan semua bumbu dan tumis. Campur sedikit air dan tambahkan santan instan. Setelah mendidih baru masukkan semua potongan sayur hingga matang.

BUAT KAMU:  2 Macam Cara Memasak Daun Kelor Yang Benar (Langsung Praktek)

Cara Membuat Tumis Daun Kelor

sayur daun kelor
sayur daun kelor

Daun kelor merupakan daun yang sedang naik daun karena khasiatnya, dan salah satu cara yang tidak kalah populer adalah tumis daun kelor. Bahan yang dibutuhkan adalah daun kelor 1 ikat. Kemdian bumbu-bumbunya yaitu bawang putih 2 siung, cabe merah 2 buah, saus tiram 1 sdm, garam 1/2 sdt.

Cara memprosesnya yaitu pertama momotong batang yang agak panjang. Kemudian bawang putih, dikeprek, dan diiris halus. Cabe merah dicuci lalu diiris.

Setelah semua bahan siap diproses maka kita mulia menumis bawang putih sampai harum, lalu masukan cabe merah dan daun kelor. Aduk tumisan dengan pelan kemudian beri garam, saus tiram dan air sedikit. Aduk sampai merata dan dirasa sudah cukup matang. Cicip sesekali untuk mengetahui apakah rasanya sudah pas apa belum. Kalau sudah angkat dan hidangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *