Pohon Mahkota Dewa

Ciri-Ciri Pohon Mahkota Dewa dan Khasiatnya Bagi Tubuh

Tak sedikit orang yang belum mengetahui tentang pohon mahkota dewa sebagai tanaman herbal. Tanaman herbal sendiri dipercaya dapat menjadi obat-obatan alami untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Ketika seseorang sedang mengalami masalah kesehatan, tak jarang mereka justru mengandalkan bahan-bahan kimia yang tentu saja memiliki efek samping. Padahal, bahan-bahan alami jauh lebih baik karena tidak akan menimbulkan dampak negatif bagi para penggunanya. Seperti mahkota dewa misalnya, tanaman herbal yang satu ini dari dulu memang dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit.

Karakteristik Pohon Mahkota Dewa & Manfaatnya bagi Kesehatan

Pohon mahkota dewa termasuk tanaman yang langka dan kebanyakan tumbuh di daerah Papua. Namun seiring berkembangnya waktu, tanaman ini menarik minat masyarakat untuk membudidayakannya. Hal ini tentu saja tak terlepas dari khasiat mahkota dewa yang sangat baik dan ampuh. Tak heran, jika harganya pun tergolong mahal, tetapi tetap saja sebanding dengan manfaat yang diberikan.

cara mengolah mahkota dewa
buah mahkota dewa

Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang mahkota dewa, berikut ini ada beberapa ciri-ciri tanaman tersebut beserta khasiatnya bagi kesehatan tubuh:

(A) Akar Mahkota Dewa

Memiliki jenis akar tunggang dengan warna kuning kecoklatan adalah ciri-ciri mahkota dewa yang pertama. Untuk pembibitannya biasanya dengan cara dicangkok atau vegetatif dan menggunakan biji atau generatif. Dari kedua cara ini, pencangkokan lebih disukai karena tanaman mahkota dewa lebih cepat berbuah.

BUAT KAMU:  5 Khasiat Mahkota Dewa untuk Pria yang Jarang Diketahui

(B) Batang Mahkota Dewa

Batang dari pohon mahkota dewa kurang lebih sama dengan batang pohon lainnya. Hanya saja batangnya berukuran lebih kecil dengan tinggi sekitar 1 – 2,5 meter. Ciri lainnya adalah berbatang kayu, berwarna coklat, tegak, dan memiliki permukaan yang kasar. Batang dari tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati masalah kesehatan yang serius, seperti kanker kulit.

(C) Daun Mahkota Dewa

Ciri-ciri bagian daun mahkota dewa adalah berdaun tunggal dan bertangkai pendek serta berwarna hijau tua. Kemudian, helaian daunnya pun tipis dengan ujung dan pangkal yang meruncing. Daun dari tanaman yang satu ini juga memiliki permukaan yang licin. Bagian daun adalah salah satu bagian yang paling banyak digunakan untuk diracik menjadi obat kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan menggunakan daun ini seperti alergi kulit, eksim, dan gatal-gatal. Jika dilakukan secara rutin, maka masalah-masalah kulit tersebut akan hilang dengan segera.

(D) Bunga Mahkota Dewa

Seperti pohon-pohon lainnya, pohon mahkota dewa sudah pasti memiliki bunga. Ciri khas bunga tersebut adalah berwarna putih dengan bau yang cukup harum. Bentuk bunga menyerupai bentuk tabung dan berukuran kecil seperti bunga cengkih.

Pohon Mahkota Dewa
Pohon Mahkota Dewa

(E) Buah Mahkota Dewa

Buah mahkota dewa memiliki ukuran yang terbilang kecil dan berbentuk bulat dengan diameter 3-5 cm saja. Namun jangan salah, karena walaupun berukuran kecil ternyata buah inilah yang paling banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Ciri lainnya dari buah ini adalah permukaannya yang licin dan beralur.

BUAT KAMU:  Waspadi 5 Efek Samping Mahkota Dewa Yang Mungkin Ini

Dalam mengolah buah mahkota dewa, Anda harus menyisihkan atau membuang bijinya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan biji dari tanaman ini merupakan bagian yang paling beracun. Warna biji tanaman yang satu ini coklat pada bagian luar dan putih pada bagian dalamnya. Bagian ini sangat bermanfaat untuk anti-disentri, anti-bodi, anti-tumor, anti-inflamasi, hepatotoksik, dan juga mengobati eksim.

Itulah ciri-ciri beserta khasiat yang bisa didapat dari berbagai bagian mahkota dewa. Dengan pengolahan pohon mahkota dewa yang tepat dan pemakaian yang rutin, maka masalah kesehatan Anda akan segera teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *