Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Rahim

Inilah 8 Perbedaan Temulawak dan Kunyit

Kunyit dan temulawak merupakan jenis jahe jahean yang cukup sulit dibedakan. Secara kasat mata kunyit dan temulawak terlihat sangat amat mirip. Meskipun sebenarnya kedua tanaman tersebut juga memiliki perbedaan. Perbedaan temulawak dan kunyit dapat dilihat melalui poin dibawah ini.

Perbedaan Temulawak dan Kunyit

perbedaan temulawak dengan kunyit
perbedaan temulawak dengan kunyit

Perbedaan temulawak dan kunyit akan dijabarkan dalam beberapa aspek seperti warna, aroma, bentuk, hingga bentuk daun.

A. Karakteristik Temulawak

1. Warna Temulawak

Warna dari temulawak dan kunyit hampir tidak terdeteksi perubahannya. Warna dasar temulawak dan kunyit adalah kuning orange. Akan tetepi sebenarnya ada sedikit perbedaan yang mana temulawak memiliki warna yang lebih pudar.

2. Rasa Temulawak

Rasa temulawak lebih pahit apabila dibandingkan kunyit. Karena kandungan alkaloid pada temulawak cenderung lebih kuat. Anda bisa mencoba menyicipi jika anda penasaran.

3. Kandungan Temulawak

Temulawak memiliki segudang kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh seperti kurkumin, seskuiterpen d-kamper, P-toluilmetilkarbinol, mineral, protein, minyak atsiri, minyak lemak, karbohidrat, Natrium (Na), Kalium (K), Magnesium (Mg), Mangan (Mn),Besi (Fe), dan Kadmium (Cd).

BUAT KAMU:  10+ Manfaat Kunyit dan Madu untuk Kesehatan

4. Daun Temulawak

Temulawak dan kunyit juga memiliki perbedaan yang terdapat pada daun. Daun temulawak memiliki garis hitam dibagian tengah.

5. Khasiat Temulawak

  1. Memelihara fungsi hati dengan cara menurunkan produksi SGOT dan SGPT
  2. Mampu menurunkan lemak darah atau kolesterol yang baik bagi kardiovaskuler
  3. Memperbaiki masalah pencernaan seperti gas, kembung maupun dispepsia
  4. Mengurangi radang sendi bahkan mampu memperbaiki radang sendi
  5. Mengatasi kanker

6. Bentuk Temulawak

Bentuk temulawak biasanya lebih panjang daripada bentuk kunyit. Bahkan anda bisa melihat dengan menyandingkan temulawak dengan jempol anda karena tidak akan berbeda jauh.

7. Kulit Temulawak

Kulit temulawak memiliki alur hitam yang sangat kelihatan dan mudah dideteksi.

8. Aroma Temulawak

Aroma temulawak sangat mudah dideteksi. Caranya adalah mengiris sedikit temulawak lalu cium bagian dalamnya karena temulawak memiliki bau yang tidak setajam kunyit.

B. Karakteristik Kunyit

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Rahim

1. Warna Kunyit

Warna dari temulawak dan kunyit hampir tidak terdeteksi perubahannya. Warna dasar temulawak dan kunyit adalah kuning orange. Akan tetepi sebenarnya ada sedikit perbedaan yang mana kunyi memiliki warna yang lebih cerah dan terang.

BUAT KAMU:  2 Cara Mendapatkan Manfaat Kunyit Putih untuk Keputihan

2. Rasa Kunyit

Kunyit sebenarnya tidak begitu enak namun didalamnya terdapat rasa manis yang bisa dijadikan perbedaan antara temulawak maupun kunyit.

3. Daun Kunyit

Daun kunyit juga berbeda dengan daun temulawak. Jika pada daun temulawak ditemukan garis hitam ditengah maka pada daun kunyit tidak terlihat apa apa atau polos.

4. Kandungan Kunyit

kurkumin , desmetoksikumin10%, bisdesmetoksikurkumin 1-5%, minyak atsiri, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil, Lemak 1 -3%, Karbohidrat 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, zat besi, fosfor, dan kalsium.

5. Khasiat Kunyit

Salah satu cara untuk mengatasi peradangan pada rahim adalah dengan mengkonsumsi kunyit. Hal ini karena manfaat kunyit untuk kesehatan rahim sangat baik sekali yang mana dapat meredakan rasa sakit akibat peradangan pada rahim. Selain itu ada juga manfaat bagi kesehatan seperti mengatasi peradangan sendi kronis,meningkatkan anti oksidan, mengurangi resiko leukemia, pelindung tulang dan lain sebagainya.

6. Bentuk Kunyit

Kunyit memiliki bentuk yang lebih pendek dibanding temulawak. Kunyit juga biasanya lebih berisi.

BUAT KAMU:  3 Cara Mengkonsumsi Kunyit untuk Batuk Berdahak dan Tidak

7. Kulit Kunyit

Pada kulit kunyit juga terdapat motif namun tidak sejelas motif temulawak. Motif kunyit cenderung lebih pudar.

8. Aroma Kunyit

Kunyit memiliki aroma yang sangat tajam.

Demikian mengenai perbedaan kunyit dan temulawak yang dapat dijabarkan. Semoga bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *