tepung sagu adalah

Penjelasan Tentang Apa itu Tepung Sagu Sebenarnya

Tahukah anda apa itu tepung sagu? Sebagian dari anda mungkin menganggap bahwa tepung sagu merupakan tepung tapioca. Namun presepri tersebut justru salah besar karena tepung sagu sangat jauh berbeda dengan tepung tapioca. Tepung sagu adalah tepung yang terbuat dari pohon sagu namun tepung tapioca terbuat dari singkong. Dari bahan dasarnya saja sudah berbeda. Berarti baik tepungnya, khasiat hingga penggunaannya juga sudah pasti berbeda. Topic kali ini akan membahas mengenai tepung sagu adalah.

Pengertian Tepung Sagu

Tepung sagu adalah salah satu jenis tepung yang berasal dari tanaman sagu. Namun jarang orang yang mengenal pohon sagu, mungkin sebagian besar orang yang berasal dari Indonesia bagian timur mengenal pohon sagu. Hal ini karena pohon sagu lebih banyak tumbuh disana. Jika anda menyebutkan pohon rumbia atau pohon aren mungkin orang orang akan lebih familiar. Tumbuhan sagu memiliki nama latik metroxylon sagu rittb. Selain dijadikan tepung, masyarakat Indonesia timur juga menjadikan sagu sebagai makan pokok dalam bentuk papeda. Mengapa demikian? Jawabannya cuku simple karena tepung sagu adalah salah satu sumber karbohidrat.

BUAT KAMU:  Diet Enak Dengan Snack Rendah Kalori Di Supermarket

Kandungan Tepung Sagu

Tepung sagu adalah salah satu jenis bahan makanan yang kaya akan karbohidrat atau pati. Namun kelemahan dari tepung sagu adalah kandungan gizi lainnya yang masih sangat sedikit. Kandungan yang terdapat dalam tepung sagu adalah protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, lemak, tiamin, asam karbonat dan karoten. Namun yang mendominasi adalah karbohidrat. Di Indonesia sangat banyak produk tepung sagu yang mudah didapatkan. Beberapa merk tepung sagu adalah merbabu, alini, pondok daun, api abadi, kunci kembar, sentani meer, healthy coice, merapi, javada dan kebonQta. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda, namun jangan lupa untuk melihat komposisi apakah masih murni atau sudah tercampur dengan bahan lainnya.

tepung sagu adalah
tepung sagu adalah tepung yang terbuat dari pohon sagu

Manfaat Tepung Sagu

Meskipun memiliki kandungan gizi yang tidak telalu kaya namun sagu memiliki sejuta manfaat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Diantaranya adalah sagu sangat baik bagi gula darah yang mana dapat mengikat gula darah dalam tubuh. Selain itu, manfaat tepung sagu adalah menghambat pertumbuhan kanker pada organ dalam seperti paru paru ataupun usus karena zat prebiotik yang dimilikinya. Ada juga sebagai alternative ketiak seseorang mengidap diabetes yaitu menggantikan tepung sagu dengan nasi sebagai sumber karbohidrat. Tepung sagu memiliki kandungan mineral fosfor yang dapat memulihkan tubuh anda dari nyeri atau pegal pegal akibat kelelahan.

BUAT KAMU:  Cara Mengkonsumsi Daun Kelor untuk Lauk dan Sayuran

Pohon Sagu

Pohon sagu sendiri merupakan pohon yang cukup tinggi karena dapat tumbuh hingga 30 meter. Selain itu juga dalam satu pohon sagu dapat menghasilkan 150 hingga 300 kg pati. Dengan hasil yang sangat banyak ini tidak heran apabila masyarakat Indonesia timur menjadikan sebagai bahan makanan pokok. Tumbuhan yang besar dan tinggi ini membutuhkan 4 orang dalam jangkan wkatu 6 hari untuk mengelolannya.

Cara memanen tepung sagu pun tidak bisa sembarangan karena memiliki tahapan tertentu. Pertama tama pohon dirobohkan dan dibersihkan hingga yang tersisa adalah batangnya. Kedua yaitu membelah menjadi dua bagian tepat pada bagian tengah pohon sagu. Teras batang dari sagu dicacah lalu diambil, setelah itu dihaluskan dan disaring. Saringannya biasanya menggunakan kain berwarna putih. Ketiga adalah hasil saringan dicuci dan diambil patinya. Pati ini yang nantinya akan dijadikan tepung sagu. Dari tepung sagu dapat dijadikan olahan makanan seperti sagu kering, kue seperti ongol ongol sagu, papeda dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *