Tepung Kanji Adalah

Apa itu Tepung Kanji dan Bagaimana Penggunaannya

Tepung kanji merupakan salah satu jenis tepung yang berasal dari jenis umbi umbian singkong. Pernakah anda mendengar tepung tapioca ? atau aci yang biasanya digunakan orang sunda membuat cimol ? lalu apa perbedaan antara tepung kanji, aci dan tapioca? Jawabannya adalah tidak ada, karena sebenarny tepung kanci merupakan tepung tapioca yang juga biasa disebut dengan aci dalam bahasa sunda.

Tepung kanji adalah olahan dari singkong yang dihaluskan dan dijadikan tepung. Tepung kanji sangat mudah ditemukan di Indonesia karena beberapa jenis makanan juga menggunakan tepung kanji.

Apa itu Tepung Kanji

Terkadang orang orang sering bingung membedakan tepung kanji dan tepung sagu. Padahal kedua tepung ini jelas sangat berbeda. Meskipun sebenarnya keduanya memiliki kemiripan yang sangat amat serupa. Namun tekstur dan pengolaannya akan menghasilkan hasil yang berbeda. Tepung sagu terbuat dari pohon sagu sedangkan tepung kanji terbuat dari singkong. Pohon sagu dan pohon singkong jelas sangat berbeda.

tepung sagu adalah

Tidak hanya itu saja, kegunaan dan cara menggunakan dari kedua tepung ini pun sangat amat berbeda hal ini karena tekstur yang dihasilkan tersebut. Tepung kanji lebih mudah didapatkan sedangkan tepung sagu mungkin sedikit sulit untuk bisa mendapatkannya.

HARUS BACA:  Penjelasan Tentang Apa itu Tepung Sagu Sebenarnya

A. Proses Pembuatan Tepung Kanji

Cara membuat tepung kanji adalah cukup mudah dan hampir serupa dengan proses pembuatan tepung sagu. Berikut ini adalah beberapa poin proses pembuatan tepung kanji.

  • Ambil singkong atau yang dikenal dengan nama ubi kayu, siapkan beberapa potong.

  • Kupas kulit dari singkong tersbeut dan kembudian bersihkan hingga benar benar bersih.

  • Setelah benar benar bersih, barulan anda memarut singkong tersebut. Sangat disarankan menggunakan parutan manual agar lebih halus.

  • Hasil dari parutan singkong tadi kemudian digilas untuk memastikan agar semakin halus.

  • Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit dan diperas.

  • Hasil perasan akan membentuk pati dan juga air, namun air tersebut dibuang. Hati hati jangan sampai pati ikut terbuang.

  • Kemudian harap diamkan pati agar mengendap.

  • Peti yang teah mengendap dijemur hingga benar benar kering maka anda akan merasakan bagaimana halusnya tepung kanji yang siap digunakan.

B. Kandungan Gizi Tepung Kanji

Kandungan yang dimiliki tepung kanji adalah karbohidray, lemak, protein, sodium, vitamin dan mineral. Akan tetapi yang mendominasi hanyalah karbohidrat. Tepung kanji digadang gadangkan baik untuk memperkuat tulang karena memiliki kandungan vitamin K serta zat besi yang cukup.

HARUS BACA:  Apa itu Tepung Aci dan Bagimana Cara Penggunannya

Tepung kanji juga sangat baik untuk menambah energy karena kandungan gizi yang dimilikinya. Teoung kanji dapat juga membantu gangguan pencernaan, melancarkan sirkulasi darah serta menambah bobot otot yang anda miliki. Dengan beragam manfaat tepung kanji tersebut tentu juga diperlukan proses pengolaan yang sesuai agar dapat menghasilkan hasil yang maksimal.

C. Penggunaan Tepung Kanji

Tepung Kanji Adalah
Tepung Kanji Adalah

Tepung kanji sangat banyak digunakan untuk makanan. makanan makanan Indonesia yang menggunakan tepung kanji adalah pempek, bakso, kolak, cimol, cilok, cireng, batagor dan masih banyak lagi. Padahal fungsi utama dari tepung kanji adalah sebagai bahan perekat. Namun seiring berjalannya waktu inovasi masyarakat mampu mengembangkan ide ide kreatif untuk mengelola tepung kanji menjadi makanan yang lahap untuk disantap.

Tepung kanji tidak membutuhkan perilaku khusus untuk merawatnya karena ia akan tahan dalam waktu yang cukup lama meskipun disimpan dalam ruangan bersuhu normal. Tidak sama dengan tepung terigu yang dapat mengundang kutu, tepung kanci tidak mengundang kutu tepung. Jadi anda tidak perlu khawatir akan terkena kutu tepung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *