Apa itu Saponin

Pengertian Apa itu Saponin (Serta Contoh dan Manfaatnya)

Saponin adalah golongan senyawa kimia tertentu yang biasanya berbusa ketika terkena larutan berair. Saponin ditemukan di lebih dari 100 keluarga tumbuhan. Senyawa kimia ini umumnya digunakan untuk melindungi tanaman dari berbagai jenis jamur dan mikroba. Karena rasa pahit nya, saponin dapat menurunkan palatabilitas tanaman di beberapa kasus.

Saponin komersial diekstrak dari saponaria Quillaja dan schidigera Yucca. Tetapi juga memungkinkan untuk mengekstrak saponin dari soapberry, soapbark, soaproot, soapwort, kedelai, dan kacang polong.

Untuk Manfaatnya, Anda bisa membaca: Manfaat Saponin

Sifat deterjen saponin telah menyebabkan penggunaannya dalam shampoo, pembersih wajah, dan krim kosmetik.

A. Pengertian Saponin dari Sudut Pandang Kimiawi

Apa itu Saponin? – Saponin adalah glukosida dengan karakteristik berbusa. Saponin terdiri dari aglikon polisiklik yang melekat pada satu atau lebih rantai samping gula. Bagian aglikone, yang juga disebut sapogenin, adalah steroid (C27) atau triterpen (C30).

Kemampuan berbusa saponin disebabkan oleh kombinasi sapogin hidrofobik (larut dalam lemak) dan bagian gula hidrofilik (larut dalam air). Saponin memiliki rasa pahit. Beberapa saponin beracun dan dikenal sebagai sapotoxin.

BUAT KAMU:  Jual Superfood Berbagai Jenis dengan Harga Murah

B. Sumber Saponin

Saponin adalah fitokimia yang dapat ditemukan di sebagian besar sayuran, kacang, dan rempah-rempah. Sumber saponin yang paling dikenal adalah kacang polong, kacang kedelai, dan beberapa tanaman dengan nama yang menunjukkan sifat berbusa seperti sabun, saoproot, soapbark dan soapberry.

Saponin komersial diekstrak paling sering dari Yucca schidigera dan Quillaja saponaria.

Manfaat Saponin pada Kekebalan
Manfaat Saponin pada Kekebalan

Saponin terkandung pada banyak makanan nabati dan mendapatkan namanya dari karakteristik seperti sabun nya. Mengkonsumsi saponin dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Manfaat fungsi kekebalan tubuh juga Anda dapatkan dari senyawa tanaman ini. Risiko Anda mengembangkan bentuk-bentuk kanker tertentu atau mendapatkan tumor bahkan bisa berkurang karena mengkonsumsi lebih banyak saponin.

C. Fungsi Saponin

Apa itu Saponin
Apa itu Saponin

Saponin memiliki beberapa fungsi bagi kesehatan seperti:

1. Mengurangi kolesterol: Saponin menyebabkan penurunan kolesterol darah dengan mencegah penyerapan kembali.

2. Mengurangi risiko kanker: Penelitian telah menunjukkan bahwa saponin memiliki aktivitas antitumor dan anti-mutagenik dan dapat menurunkan risiko kanker pada manusia, dengan mencegah sel kanker tumbuh.

BUAT KAMU:  7+ Manfaat Saponin dan Penjelasannya Detail

3. Penambah kekebalan: Tanaman menghasilkan saponin untuk melawan infeksi oleh parasit.

4. Mengurangi kekeroposan tulang: Saponin yang merupakan steroid dari Anemarrhena asphodeloides, herbal Cina, memiliki peran pelindung pada keropos tulang .

5. Antioksidan: Bagian non-gula dari saponin juga memiliki aktivitas antioksidan langsung.

Itulah pembahasan kita tentang pengertian saponin dan beberapa fungsinya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *