manfaat minyak almond

15+ Manfaat Sweet Almond Oil (Minyak Almond) yang Perlu Anda ketahui

Manfaat Sweet Almond Oil – Kacang almond selain merupakan makanan yang enak dan memiliki banyak manfaat kesehatan, ternyata juga bisa diekstrak menjadi minyak almond lho. Minyak almond tersebut dikenal memiliki banyak manfaat serta tujuan penggunaannya pun beragam. Dalam pemanfaatanya minyak almond sering digunakan dalam kuliner, aromaterapi, kosmetik, sampai obat penenang untuk tujuan diuretik.

Sekedar informasi, penggunaan minyak almond telah lama dikenal sejak jaman mitologi Yunani. Dalam produksinya terdapat dua jenis minyak almond, yakni minyak almond manis (sweet almond oil) dan minyak almond pahit (bitter almond Oil).

Nah, kedua jenis minyak almond tersebut juga memiliki kegunaan yang berbeda- beda pula. Untuk manfaat sweet almond oil ini biasanya banyak digunakan sebagai minyak pijat, aromaterapi, dan tujuan kuliner. Sedangkan minyak almond pahit digunakan sebagai obat penurun panas yang efektif, diuretik, obat penenang, dan lainya. Kali ini kita akan membahas tentang manfaat sweet almond oil ya !

TIDAK BOLEH (TIDAK) DIBACA:

  1. Cara Membuat Tepung Almond dan Roti Keto
  2. 6+ Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil 
  3. Cara Mudah Membuat Susu Almond Enak

15+ Manfaat Sweet Almond Oil

manfaat sweet almond oil
manfaat sweet almond oil

1. Sweet Almond sebagai Carrier Oil Untuk Aromaterapi

Pada banyak kasus, pada minyak aromaterapi biasanya menggunakan berbagai minyak esensial agar memberikan efek yang berbeda ketika digunakan. Namun masalahnya penggunaan minyak esensial tersebut akan menyebabkan iritasi pada kulit jika diterapkan secara langsung. Karena efek tersbut maka kehadiran carrier oil ini diperlukan. Nah, carrier oil ini merupakan ekstrak dari sweet almond oil yang memiliki manfat untuk mencegah efek iritasi dari minyak esensial pada kulit.

2. Sweet Almond Oil untuk Terapi Pijat

Bagi anda yang belum tahu , sweet almond oil yang murni cocok untuk diterapkan pada semua jenis kulit dan bahkan sering digunakan untuk terapi pijat. Karena sifat minyak almonda yang mudah diserap maka minyak ini berfungsi sebagai pelembab alami kulit yang sangat baik. Bis dipastikan jika anda teratur menggunakan minyak almond maka kulit anda akan menjadi lembut, bercahaya serta tingkat Ph atau kelembaban kulit akan lebih seimbang. So dengan pemakainya kulit anda akan nampak sehat dan awet muda. Bukan hanya itu saja sweet almond oil juga kaya akan asam lemak esensial oleat dan linoleat yang dapt membantu anda meredakan nyeri otot bila digunakan sebagai minyak untuk memijat.

3. Sweet Almond Oil untuk Masker Wajah dan Pelembap

Manfaat selanjutnya sweet almond oil ini adalah merupakan pelembab alami kulit yang bagus sehingga sering digunakan untuk pembuatan sabun. Ternyata minyak almond dapat berfungsi untuk membuat busa sabun menjadi lebih stabil. Nah, minyak almond selain digunakan dalam pembuatan sabun juga sering digunakan dalam pembuatan berbagai kosmetik termasuk masker wajah lho guys.

BUAT KAMU:  Inilah 5 Cara Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal (Praktis)

4. Digunakan Sebagai Pengganti Minyak Zaitun

Sekedar informasi, sweet almond oil merupakan minyak nabati yang kaya akan asam lemak omega 3 dan juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Oleh karena kandunganya, jangan khawatir karena minyak almond manis sehat untuk dikonsumsi. Bahkan minyak almond seringdigunakan sbagai salad dressing. Ditambah lagi minyak almond manis merupakan salah satu jenis pengganti minyak zaitun yang bagus. Namun ingat ya, anda harus memastikan untuk tidak mengkonsumsi minyak almond yang belum diproses karena bisa saja terkandung bakteri berbahaya di dalamnya.

5. Melembutkan Kulit

Minyak almond adalah minyak hypoallergenic ringan yang bisa digunakan dengan aman bahkan pada kulit bayi. Adalah minyak pijat terbaik untuk bayi. Bila dengan lembut digosokkan ke kulit, akan terserap seluruhnya, sehingga cocok untuk digunakan setelah mandi. Untuk meningkatkan penyerapan, panaskan minyak ke suhu tubuh sebelum aplikasi.

Banyak produk perawatan kulit sintetis dan alami mengklaim bahwa keefektifannya berasal dari Vitamin E yang ditambahkan pada mereka. Minyak almond secara alami dikaruniai vitamin antioksidan yang sangat ampuh ini. Aplikasi minyak secara teratur dapat melindungi kulit Anda dari stres oksidatif dan kerusakan radiasi UV, menjaga agar tetap lembut dan lentur.

6. Membersihkan Kulit Hingga ke Pori-pori

Minyak almond dengan mudah bisa menembus ke dalam kulit, melembutkan dan menghilangkan kotoran yang terkumpul di pori-pori kulit dan folikel rambut. Ini mencegah komedo dan jerawat. Berkat kandungan Vitamin A dalam minyak, ini mungkin membantu mengurangi jerawat.

Minyak almond dapat digunakan dengan aman pada kulit sensitif. Ini sangat baik untuk menghilangkan make up. Celupkan kapas ke dalam minyak dan aplikasikan di wajah. Biarkan tetap selama 2 menit dan kemudian bersihkan dengan kapas segar.

7. Untuk Menghapus Lingkaran Hitam di Sekitar Wajah

Jika Anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata Anda, minyak almond bisa membantu Anda. Oleskan minyak setiap malam sebelum tidur. Anda akan melihat perbedaan mencolok dalam waktu sekitar dua minggu.

Paparan sinar matahari bisa mengobarkan kulit dan menyebabkan rasa sakit dan kemerahan. Oleskan minyak almond di atas tambalan ini untuk menghilangkannya dengan cepat.

8. Meringankan Eksim & Psoriasis

Paling tidak yang bisa kita lakukan adalah menjaga agar kulit yang terkena kulit tetap lembut dan terhidrasi untuk mengurangi gatal. Minyak almond membantu dengan ini. Sebagai minyak hypoallergenic yang ringan, ia melembabkan kulit tanpa mengganggu lebih jauh.

BUAT KAMU:  2 Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh Hijau atau dengan Topping
manfaat minyak almond
manfaat minyak almond

Gunakan minyaknya sendiri atau campurkan dengan minyak esensial lainnya untuk hasil yang lebih baik. Misalnya, minyak jojoba yang bisa membentuk lapisan pelindung tahan lama di atas kulit yang rusak. Ini mencegah hilangnya kelembaban dan masuknya alergen dan mikroba.

9. Mengobati Ruam Kulit

Jenis gangguan ini bisa mengakibatkan rasa sakit dan sensasi terbakar. Dokter biasanya meresepkan salep berbasis zinc untuk mengurangi peradangan.

Minyak almond adalah alternatif yang lebih baik untuk krim ini. Untuk satu hal, Anda tidak perlu khawatir tentang zat kimia yang terkandung dalam produk komersial yang membuat kulit lebih iritasi. Juga, minyak almond dengan kandungan zincnya yang kaya sama baiknya dengan krim atau lotion yang dibeli di toko yang tersedia.

Aplikasi cukup celupkan tiga jari ke dalam minyak dan oleskan dengan lembut ke daerah yang terkena. Biarkan sampai semua minyak secara bertahap terserap ke dalam kulit. Anda bisa dengan aman menggunakan minyak almond pada kulit yang gatal di bagian tubuh manapun.

10. Mengurangi Garis Lurus & Tanda Penuaan Lainnya

Stres oksidatif merupakan salah satu alasan utama terjadinya kerusakan lapisan kolagen. Hal inilah salah satu sebab utama tanda penuaan. Minyak almond mengandung Vitamin E, yang merupakan salah satu antioksidan paling ampuh yang diketahui. Ini bisa membantu memperbaiki beberapa kerusakan yang terjadi pada lapisan kolagen.

Minyak ini sangat kaya akan protein, dan bisa memberi asam amino yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen. Penerapan minyak secara eksternal dapat mencegah dehidrasi dengan mengurangi kehilangan kelembaban dari kulit.

11. Sweet Almond Oil mengobati Nyeri Otot, Pegal, dan Linu

Menghilangkan nyeri otot, pegal, dan linu adalah salah satu penggunaan tradisional minyak almond. Manfaat yang sama bisa didapat dari minyak almond manis, tapi tanpa resiko keracunan. Pijat minyak kaya protein ini ke otot lelah untuk meremajakannya.

Untuk hasil terbaik, hangatkan minyak almond di atas panas lembut sampai hangat. Oleskan minyak panas ini ke otot yang sakit dan pijat dengan baik. Basahi handuk tebal di air panas, peras, lalu gunakan untuk menutupi area yang dipijat. Biarkan selama setidaknya setengah jam atau selama Anda bisa. Perawatan ini mengurangi kelelahan otot dengan menarik racun.

12. Sweet Almond Oil Mengurangi Rambut Rontok

Kekurangan magnesium dan kalsium pada khususnya menyebabkan pertumbuhan rambut dan rambut rontok yang parah. Seng adalah mineral penting lainnya untuk rambut sehat; Kekurangannya dapat menyebabkan alopecia, sehingga terjadi penipisan rambut. Minyak almond kaya akan semua mineral ini.

BUAT KAMU:  Bawang Putih Tunggal Obat Kanker

Anda dapat menggunakan minyak almond secara teratur untuk mengendalikan rambut rontok. Hangatkan satu sendok minyak dan oleskan ke kulit kepala setiap malam setelah mandi. Gosok dengan lembut sampai sebagian besar minyak diserap ke kulit kepala. Biarkan pada semalam untuk hasil terbaik. Mengkonsumsi beberapa kacang almond setiap hari, atau mencampur beberapa tetes minyak almond ke makanan akan bekerja dari dalam untuk membuat rambut Anda sehat.

13. Untuk Rambut Panjang Berkilau

Rambut bisa menjadi terlalu kering dan rapuh karena sering menggunakan shampo. Hal ini menyebabkan kerusakan yang mengurangi panjang rambut.

Kembalikan lapisan minyak pelindung dengan oleskan minyak almond ke rambut Anda tepat setelah dicuci dengan sampo yang lembut. Perawatan ini memberi rambut kemilau yang bagus, selain membuatnya mudah diatur dan kusut.

14. Untuk Kuku Sehat

Jika kuku Anda tipis dan terlepas dengan mudah, ini berarti kekurangan mineral. Yang Anda butuhkan adalah perawatan minyak almond biasa. Minyak ini kaya zinc. Kekurangan zinc menyebabkan kuku dan bintik-bintik putih rapuh. Minyak juga mengandung sejumlah vitamin dan zat besi B kompleks yang juga membantu meningkatkan kesehatan kuku.

Oleskan setetes minyak hangat ke kuku dan gosokkannya ke kutikula. Lakukan secara rutin.

15. Untuk Kesehatan Jantung

Kacang-kacangan ini penuh dengan zat yang mendukung kesehatan jantung. Orang dengan masalah jantung sering disarankan untuk memiliki segenggam kacang almond mentah setiap hari.

Minyak almond kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat yang dianggap baik untuk jantung. Diet yang mengandung kadar tinggi asam lemak omega-9 ini diketahui dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kolesterol HDL.

16. Meningkatkan Memori & Kognisi

Rendam beberapa kacang almond dalam air selama semalam. Setelah itu minum air rendaman dan makan almond yang melunak di pagi hari. Hal ini diduga bisa meningkatkan daya otak dan meningkatkan daya ingat. Hal ini sudah banyak dipraktekan di banyak negara Asia Tenggara.

Alasannya adalah karena kacang almond mengandung lemak, protein, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi otak. Selain itu ada beberapa bukti yang pasti untuk menunjukkan bahwa minyak almond dapat mendukung fungsi otak kita.


Seperti itulah kurang lebih manfaat minyak almond manis, atau yang lebih dikenal dengan sweet almond oil. Semoga bisa mermanfaat bagi Anda yang sedang mencari info khasiat sweet almond oil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *