manfaat sereh dan daun salam

13 Manfaat Sereh dan Daun Salam yang Menakjubkan

Sereh dan daun salam masing-masing memiliki banyak manfaat. Ketika keduanya digabungkan maka akan menghasilkan manfaat yang besar. Lalu apa saja khasiat sereh dan daun salam? Berikut kita bahas.

Manfaat Sereh dan Daun Salam

Berikut adalah daftar manfaat Sereh dan Daun Salam:

  1. Baik untuk Pencernaan
  2. Penuh antioksidan
  3. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
  4. Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak
  5. Memelihara Untuk Kulit dan Rambut
  6. Menyembuhkan Dingin dan Flu
  7. Meredakan nyeri haid
  8. Mengobati gangguan pernafasan
  9. Anti-inflamasi
  10. Memelihara Kesehatan Jantung
  11. Mencegah Kanker
  12. Kurangi Kecemasan & Stres
  13. Mengontrol Diabetes

Berikut di bawah ini pembahasa lebih dalam dari manfaat sereh daun salam di atas:

Jangan Tidak Dibaca (Juga):

  1. 18 Manfaat Minyak Sereh yang di Luar Dugaan
  2. 7 Manfaat Sabun Sereh untuk Wajah Anda
  3. 3 Manfaat Serai dan Apel Hijau (Juga Cara Membuat Ramuannya)

DAFTAR MANFAAT SEREH DAN DAUN SALAM

1. Baik untuk Pencernaan

Serai mengandung zat yang disebut citral yang membantu mencerna makanan. Oleh karena itu, sering disajikan setelah makan malam. Dalam pengobatan China , teh ini telah digunakan sebagai obat kuno untuk semua masalah perut seperti kembung, konstipasi atau gangguan pencernaan.

manfaat serai dan daun salam
manfaat serai dan daun salam

Daun salam memiliki efek merangsang buang air kecil, menurunkan toksisitas dan merangsang muntah (sebagai emetik) bila ada sesuatu yang beracun. Senyawa organik di daun salam sangat efektif untuk menenangkan perut yang sakit, menenangkan sindrom iritasi usus besar atau mengurangi gejala penyakit Celiac. Daun salam membantu memperlancar pencernaan dan asupan gizi efisien.

2. Penuh antioksidan

Teh sereh adalah teh detoks. Karena serai kaya akan antioksidan yang membantu dalam detoksifikasi dan pembersihan Anda dari dalam. Teh ini membantu menghilangkan racun dari tubuh dengan mengurangi retensi cairan.

3. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Serai adalah ramuan alami untuk menjinakkan tekanan darah tinggi . Serai kaya akan potassium yang meningkatkan produksi urine di tubuh, yang akan merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Sehingga juga membantu dalam memurnikan hati (liver). Serai juga diketahui membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

4. Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak

Teh sereh adalah pilihan tepat untuk rencana penurunan berat badan karena membantu meningkatkan metabolisme. Sehingga membuat pencernaan lebih cepat dan membantu membakar lebih banyak kalori . Sebuah laporan yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition 2013, menunjukkan bahwa polifenol ditemukan pada senyawa tumbuhan dan kandungan kafein dalam teh meningkatkan penggunaan energi dan oksidasi asam lemak tubuh.

HARUS BACA:  Bawang Putih Tunggal Obat Kanker

5. Memelihara Kulit dan Rambut

Serai kaya akan Vitamin A & Vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk kulit dan rambut yang indah. Sehingga serai memperbaiki sirkulasi darah, membersihkan kulit, merawat tekstur berminyak dan mengobati erupsi seperti jerawat dan eksim.

6. Menyembuhkan Dingin dan Flu

Serai bersifat antibakteri dan antijamur yang membantu mengatasi pilek, batuk dan flu. Plus, itu sarat dengan Vitamin C yang memperkuat kekebalan tubuh. Rebus beberapa serai dan daun salam, cengkeh, daun kunyit, dan teh. Ramuan ini efektif untuk menghilangkan lendir dan pembekuan dahak akibat kemacetan. Campuran sereh, daun salam, tulsi, dan kapulaga juga merupakan obat Ayurvedic untuk pilek.

manfaat rebusan sereh dan jahe

7. Meredakan nyeri haid

Teh sereh dianggap sangat baik untuk kesehatan wanita . Serai memberikan rasa rileks dari gangguan hot flashes dan membantu mengurangi nyeri haid.

Teh sereh diketahui menurunkan kadar gula darah. Karena itu, penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsinya. Demikian pula wanita hamil atau menyusui disarankan untuk menghindari serai karena cara kerja senyawa kimia tertentu.

8. Mengobati gangguan pernafasan

Menghirup uap daun salam memiliki efek aromaterapi dan bisa melonggarkan dahak. Daun salam juga menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin ada dalam saluran pernafasan.

9. Anti-inflamasi

Daun salam membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Daun ini mengandung zat yang disebut parthenolide, yang berfungsi cepat mengurangi peradangan dan iritasi saat dioleskan secara topikal ke daerah yang terkena radang. Khasiat ini juga bisa diperoleh dengan cara dikonsumsi.

10. Memelihara Kesehatan Jantung

Daun salam mengandung asam kafein dan rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung. Rutin memperkuat dinding kapiler di jantung dan ekstremitas tubuh, sementara asam caffeic dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

HARUS BACA:  7 Manfaat Sabun Sereh untuk Wajah Anda

11. Mencegah Kanker

Daun salam mengandung kombinasi unik dari antioksidan dan senyawa organik, seperti fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide. Zat-zat tersebut membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan sel bermutasi menjadi sel kanker.

12. Kurangi Kecemasan & Stres

Linalool sering dikaitkan dengan thyme dan basil, tapi juga hadir di daun salam dan bisa membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, terutama bila digunakan dalam aromaterapi. Kelebihan hormon stres bisa berbahaya bagi kesehatan jangka panjang, sehingga daun salam bisa membantu Anda tenang dan tetap rileks bahkan di saat-saat kecemasan tinggi Anda.

13. Mengontrol Diabetes

Daun salam berhubungan langsung dengan fungsi reseptor insulin. Bagi pasien yang berisiko terkena diabetes atau bagi mereka yang telah mengidap gejalanya, konsumsi daun salam secara teratur dapat menurunkan kemungkinan diabetes secara signifikan.

Itulah manfaat teh rebusan sereh dan daun salam, semoga bermanfaat.

BAG II: Kandungan  Daun Salam dan Daun Sereh 

Daun salam dan sereh biasa ditemukan di dalam dapur untuk keperluan perasa. Dua daun ini memang dibekali zat yang mampu memberikan rasa yang sedap. Namun selain untuk masakan, daun salam dan sereh juga terkadang ditemukan dalam olahan minuman seperti wedhang uwuh yang sangat khas.

Pada kesempatan ini, Anda akan mendapatkan wawasan tentang khasiat daun salam dan sereh mulai dari yang sederhana sampai manfaat yang sangat penting dan kompleks. Namun sebelum itu, mari kita lihat apa saja kandungan dari daun salam yang menjadikannya sangat bermanfaat berikut ini.

1. Kandungan Antioksidan yang baik

Kandungan penting yang ada di dalam daun salam adalah antioksidan. Kandungan antioksidan secara klinis mampu menjadi obat dari beberapa penyakit.

2, Daun Salam Mengandung Salsilat, Asam Caffeic, Rutin, dan Fitonutrien

Selain antioksidan, daun salam juga mengandung zat seperti salisilat, asam caffeic, rutin, dan fitonutrien. Empat zat tersebut mampu menaikkan kesehatan jantung, bahkan studi lain menyebutkan mampu mencegah strok dan kanker. Kemudian untuk mereka yang menderita hipertensi, daun salah dapat membantu menormalkan darah penderitanya.

HARUS BACA:  5 Resep Sayur Daun Kelor Lezat nan Berkhasiat

3. Mengandung Vitamin A dan Vitamin C

Selanjutnya, daun salam juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Manfaat lain dari daun salam adalah meredakan penyakit maag. Caranya adalah merebus daun salam dan menyeduhkan sehari sekali sampai tak terasa sakit lagi. Khasiat daun salam dan sereh tidak berhenti sampai di sini.

4. Mengandung Zat Detoksifikasi Tubuh

Selanjutnya adalah manfaat dari sereh. Sereh adalah tanaman yang tumbuh di kawasan asia selatan dan tenggara. Tanaman ini memiliki kandungan yang mampu menyembuhkan mulas perut. Selain perut yang mulas hilang, pencernaan Anda juga akan menjadi lebih sehat.

Selanjutnya, sereh juga akan melakukan detoksifikasi pada tubuh Anda. Proses detoks ini juga akan sekaligus memperbaiki fungsi pankreas sembari mengurangi kadar gula darah terlebih pada para penderita diabetes. Detoksifikasi akan muncul dengan tanda keringat yang keluar sesaat setelah menyeduhnya atau pada saat pembuangan air seni. Sereh juga berkhasiat dalam menghindarkan resiko kanker sehingga tidak ada salahnya untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Bonus: Cara Mendapatkan Manfaat Daun Salam dan Sereh

Untuk mendapatkan khasiat dari sereh di atas, Anda dapat merebus beberapa batang sereh dengan air secukupnya. Anda juga dapat menambahkan beberapa komponen lain seperti teh, kayu manis, maupun daun mint. Ini tentunya akan menambah cita rasanya sendiri. Kemudian untuk mendapatkan rasa yang lebih khas, disarankan untuk menyeduhnya ketika masih panas sehingga juga akan berdampak pada proses detoksifikasi.

Demikian sekilas wawasan tentang khasiat daun salam dan sereh. Melihat khasiat atau manfaat yang diberikan, tentunya kita dapat mengatakan bahwa 2 tumbuhan ini sangat cocok untuk kebutuhan kesehatan kita. Terlebih lagi dua tanaman ini tidak susah untuk kita temukan di sekitar kita. Selamat menikmati!


Sumber:

  1. organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/bay-leaves.html
  2. food.ndtv.com/food-drinks/7-wonderful-benefits-of-lemongrass-tea-the-healing-brew-1459468
zams herbalis

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *