Manfaat Sambiloto untuk Wajah

Ternyata ada 5 Manfaat Sambiloto untuk Wajah dan Kulit

Akhir-akhir ini nama sambiloto kian terdengar. Hal ini karena manfaatnya yang semakin banyak ditemukan oleh penelitian-penelitian ilmiah. Di sisi lain, sebenarnya sambiloto sudah dimanfaatkan sebagi obat tradisional sejak ratusan tahun lalu, oleh beberapa budaya.

Manfaat Sambiloto untuk Wajah

Manfaat sambiloto cukup beragam, mulai dari mengatasi demam sampai yang katanya dapat mengatasi AIDS. Lalu adakah manfaat sambiloto untuk wajah? Mari kita simak di artikel kali ini.

A. Manfaat Sambiloto untuk Wajah dan Kulit

Berikut akan kita bahas tentang manfaat daun sambiloto untuk wajah, dan kulit secara umum.

1. Membantu Mengatasi Kulit Gatal, Bisul, Dan Luka

Anda kini dapat mendapatkan manfaat Sambiloto jika Anda menderita gangguan kulit seperti gatal, bisul dan luka yang lambat sembuhnya. Hilangnya nafsu makan, wasir dan masalah ginjal adalah gejala sampingan yang mungkin bisa Anda atasi dengan Sambiloto.

2. Menyejukan kulit

Sambiloto atau yang disebut Andrographis Paniculata, atau yang disebut “King of Bitter” memiliki efek mendinginkan dan membantu melepaskan panas dari kulit. Sambiloto berisi senyawa aktif yang disebut Andrographolide yang berfungsi melawan infeksi.

BUAT KAMU:  Jual Green Coffee Sweet Slim

3. Mengurangi Tanda Penuaan

Sambiloto Dapat Mengurangi Penuaan Kulit Dini. Aplikasi topikal sambiloto dapat menekan ketebalan kulit, elastisitas, keriput, dan kadar air yang diinduksi UV. Aplikasi topikal pada tikus subjek penelitian meningkatkan kadar kolagen kulit sebesar 53,17% dan mengurangi gangguan akibat kolagen dan serat elastis yang diinduksi UV.

4. Membantu Mengatasi Kanker Kulit

Andrographolide aktif melawan kanker kulit melanoma in vitro. Andrographolide menunjukkan penekanan yang bergantung pada dosis pertumbuhan tumor melanoma pada tikus. Penekanan mencapai 36% dengan 100mg / kg, dan hingga 52% dengan dosis 200mg / kg.  Andrographolide mampu memperlambat pertumbuhan dan perbanyakan sel kanker kulit (A431, M14, UACC62) pada manusia.

Efek Samping Sambiloto
Efek Samping Sambiloto

Yang patut diketahui adalah bahwa, khasiat sambiloto untuk wajah tidak hanya terbatas dari 4 yang di atas saja. Anda bisa mengeksplorasi manfaat sambiloto lainnya.

B. Cara Menggunakan Sambiloto untuk Wajah dan Kulit

Tentu saja cara menggunakan sambiloto untuk wajah atau kulit beragam sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya. Tetapi kami di sini akan membahas cara-cara yang umum secara umum.

BUAT KAMU:  9 Manfaat Kayu Cendana dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Dijadikan Masker: Anda dapat membuat masker dengan cara menjus daun sambiloto.

2. Dijadikan Bubuk: Jika Anda punya alatnya, maka Anda mungkin ingin menjadikannya bubu agar praktis. Setelah dijadikan bubuk, pengaplikasiannya sama seperti nomor 1.

3. Beli Versi Krim: Beberapa toko sekarang sudah ada yang menjual sambiloto versi krim, atau krim perawatan yang mengandung ekstrak sambiloto.

4. Diminum: Beberapa kebutuhan untuk kulit dan wajah, mengharuskan sambiloto untuk diminum, bukan diaplikasikan langsung. Untuk cara ini Anda bisa membuat rebusan sambiloto atau membeli versi kapsulnya.

C. Manfaat Sambiloto Lainnya

Manfaat Sambiloto untuk Wajah
Manfaat Sambiloto untuk Wajah

1.Mengatasi Demam biasa: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengambil ekstrak sambiloto tertentu yang dikombinasikan dengan ginseng Siberia (Kan Jang, Swedish Herbal Institute), kemudian dikonsumsi melalui mulut mengatasi gejala flu dimulai dalam 72 jam setelah merasa sakit.

2. Mengurangi demam dan radang tenggorokan karena tonsilitis: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sambiloto dosis tinggi (6 gram setiap hari) bekerja sebaik acetaminophen (Tylenol) setelah 3 hingga 7 hari pengobatan.

3. Mengatasi Penyakit radang usus (kolitis ulserativa): Penelitian awal menunjukkan bahwa mengambil ekstrak sambiloto setiap hari selama 8 minggu mengurangi gejala penyakit radang usus di sekitar serta obat mesalamine.

BUAT KAMU:  Inilah Efek Samping Bawang Putih Tunggal

4. Mengobati Radang sendi: Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi sambiloto selama 14 minggu mengurangi gejala rheumatoid arthritis bila dibandingkan dengan pretreatment. Tetapi tidak bila dibandingkan dengan kelompok orang lain yang hanya mengonsumsi pil gula.

5. Mengobati flu (Influenza).

6. Alergi.

7. Infeksi sinus.

8. HIV / AIDS.

9. Anorexia.

10. Penyakit jantung.

11. Masalah hati.

12. Parasit.

13. Infeksi.

14. Penyakit kulit.

15. Ulkus.

Itulah pembahasan kita tentang manfaat sambiloto untuk kulit & wajah, cara penggunaannya, serta khasiat lainnya. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tersebut.

Sumber Referensi tentang Khasiat Daun Sambiloto untuk wajah

  1. saritacoren.com/2016/06/27/12-skin-clearing-ingredients/
  2. xtend-life.com/blogs/supplement-ingredients/andrographis
  3. webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-973/andrographis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *