manfaat rebusan jahe dan sereh

7 Manfaat Rebusan Sereh dan Jahe (Kombinasi Ajaib)

Jahe dan sereh adalah dua ramuan berguna yang bisa direbus menjadi teh yang sangat berkhasiat. Teh rebusan herbal ini amat berkhasiat untuk menenangkan jiwa dan membuat rileks. Oleh karena itu, rebusan sereh dan jahe ini terkenal di spa tropis untuk digunakan sebelum dan sesudah perawatan.

Cara Membuat Teh Rebusan Sereh dan Jahe

Sebenarnya, sangat mudah untuk membuat rebusan teh sereh jahe di rumah, berikut caranya:

A. Persiapan:

  • Sereh, 6 tangkai
  • Jahe segar, 50g
  • Kamomil (bunga matahari), 1 paket
  • Daun pandan, diikat dengan simpul
  • Air, 1 liter
  • Madu Murni Secukupnya

B. Proses Pembuatan

  1. Potong jahe menjadi irisan tanpa mengeluarkan kulit.
  2. Hancurkan sereh dengan bagian belakang pisau kujang dan kemudian potong menjadi tangkai pendek.
  3. Tambahkan sereh, jahe dan daun pandan ke dalam pot, lalu didihkan dan didihkan sekitar satu jam.
  4. Tambahkan madu secukupnya dan minum.

Jangan (Lupa) Dibaca Juga:

  1. 3 Manfaat Serai dan Apel Hijau (Juga Cara Membuat Ramuannya)
  2. 13 Manfaat Sereh dan Daun Salam yang Menakjubkan
  3. 18 Manfaat Minyak Sereh yang di Luar Dugaan

Manfaat Rebusan Sereh dan Jahe

manfaat rebusan sereh dan jahe
manfaat rebusan sereh dan jahe

Jahe memiliki khasiat medis yang bernilai, yaitu: (1) mencegah dan menyembuhkan kanker, (2) untuk menghilangkan sakit migrain dan artritis. Dan penelitian telah menemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan vitamin B6 saat (3) mengobati morning sickness. Seringkali dikonsmsi dalam bentuk teh untuk (4) meredakan mulas, dan bila ditambahkan gula merah, teh jahe digunakan untuk (5) mengobati kram menstruasi.

BUAT KAMU:  Penjelasan Tentang Apa itu Tepung Sagu Sebenarnya

Sereh memiliki khasiat anti-mikroba dan anti jamur yang kuat, sehingga menjadikan sereh herbal ajaib yang telah digunakan selama ratusan tahun sebagai pengobatan. Penggunaan umum sereh termasuk:

  1. Batuk, sakit tenggorokan
  2. Cemas dan depresi
  3. Tingkat kolesterol tinggi
  4. Diabetes
  5. Pencernaan
  6. Kulit kering dan berjerawat
  7. Konstipasi
  8. Detoksifikasi ginjal
  9. Insomnia

Chamomile (bunga matahari) yang digunakan campuran pada rebusan sereh dan jahe memiliki beberapa manfaat, salah satunya yaitu obat tidur yang lembut. Penambahan chamomile membuat teh ini paling pas diminum sebelum tidur.

A. Manfaat Rebusan Sereh, Jahe dan Gula Merah untuk Kesahatan

manfaat rebusan jahe dan sereh
manfaat rebusan jahe dan sereh

Berikut adalah beberapa khasiat dari campuran jahe dengan sereh:

1. Mengurangi rasa sakit dan pembengkakan

Menurut penelitian di Journal of Pain, baik jahe mentah maupun jahe yang dipanaskan bekerja efektif dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, dan secara khusus memiliki efek bagus pada nyeri otot. Hal ini disebabkan bahan aktif jahe – jaheol, yang memiliki sifat antiinflamasi.

2. Menyembuhkan Nafas Bau

Apa yang Anda ketahui tentang bau busuk dari mulut Anda adalah bahwa itu sebenarnya berasal dari saluran usus, jadi cukup mengunyah permen karet tidak memecahkan masalah. Sedangkan senyawa jahe de-odorize pada saluran pencernaan saat dikonsumsi dalam teh jahe dan sereh. Minumlah secangkir teh jahe dan sereh sehabis makan, apalagi bila ingin menghilangkan bau bawang putih atau bawang.

BUAT KAMU:  15+ Manfaat Sweet Almond Oil (Minyak Almond) yang Perlu Anda ketahui

3. Mendukung pencernaan yang Baik

Tidak ada keraguan bahwa secangkir teh jahe panas dapat menenangkan pencernaan Anda, dan ini bermanfaat dalam pencegahan gangguan perut.

4. Membuat Anda Rileks

Teh sereh memiliki komponen menenangkan yang akan membuat Anda rileks secara alami, jadi ini adalah obat yang baik untuk orang yang menderita insomnia. Ini juga memiliki kemampuan meringankan gejala kecemasan , depresi dan stres.

5. Meningkatkan penurunan berat badan

Jahe mengurangi nafsu makan, menurunkan asupan makanan dan perasaan lapar dan meningkatkan perasaan kenyang, yang dapat memainkan peran penting dalam membantu Anda menurunkan berat badan. Sereh telah terbukti efektif dalam memerangi obesitas karena citral mengandung.

6. Untuk detoks

Teh jahe sederhana panas dapat memberi tubuh Anda efek energi saat membersihkan dan membersihkan racun-racun yang tidak enak. sereh juga merupakan agen detoksifikasi yang sangat baik, ini menghilangkan unsur-unsur berbahaya di dalam tubuh, termasuk asam urat dan kolesterol jahat.

7. Meredakan demam dan flu

Teh sereh dan jahe sangat membantu untuk mengurangi mual. Jahe telah digunakan dalam Pengobatan Tradisional China untuk mendapatkan bantuan dingin dan flu sejak lama, karena kepedasan alami dapat membantu mengatasi kemacetan.

BUAT KAMU:  12 Manfaat Daun Tapak Liman yang Perlu Kamu Tahu

Teh herbal ini tidak hanya terasa enak tapi juga memiliki banyak khasiat obat yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Disarankan untuk membuat teh ini segar setiap hari dan meminumnya hangat

B. Efek Samping Sereh dan Jahe

Sereh sendiri KEMUNGKINAN AMAN bagi kebanyakan orang ketika digunakan dalam jumlah makanan. AMAN juga ketika dikonsumsi melalui mulut, diterapkan pada kulit, atau dihirup sebagai aromaterapi jangka pendek untuk tujuan pengobatan.

Jarang sekali sereh bisa menyebabkan iritasi kulit bila dioleskan ke kulit. Namun, ada beberapa kasus efek samping juga, seperti masalah paru-paru setelah menghirup serai. Ada juga keracunan yang fatal setelah seorang anak menelan pengusir serangga berbasis minyak serai.

Untuk Kehamilan dan menyusui, TIDAK AMAN untuk mengkonsumsi serai melalui mulut selama kehamilan. Serai tampaknya bisa memulai aliran menstruasi, jadi ada kekhawatiran bahwa itu bisa menyebabkan keguguran. Tidak ada informasi yang cukup andal tentang keamanan mengonsumsi serai jika Anda sedang hamil atau menyusui. Tetapi baiknya menghindari penggunaan tersebut.

Itulah Sekilas tentang manfaat rebusan sereh dan jahe. Tunggu apalagi, ayo buat rebusan berkhasiat tersebut dirumah, bisa ditambahkan berbagai herbal lainnya utntuk menambah citarasa.


Sumber:

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *