manfaat minum rebusan daun kelor

Manfaat Rebusan Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat rebusan daun kelor memang sungguh ajaib. Walaupun banyak sekali cara penggunaan daun kelor ini seperti dengan menjusnya, menjadikan teh, menjadikan sayuran, dan lain-lain. Tapi Memang salah satu cara paling praktis adalah dengan merebusnya. Ada juga manfaat daun kelor untuk kecantikan. Mari kita simak khasiat dari air rebusan daun kelor.

Manfaat Rebusan Daun Kelor

Penting juga Untuk Dibaca:

  1. Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh
  2. Penjelasan Daun Kelor Bisa Menangkal Ilmu Hitam
  3. 38 Manfaat Daun Kelor

A. Manfaat Rebusan Daun Kelor untuk Penyakit Kronis

Banyak kandungan daun kelor yang sangat dibutuhkan sebagai penunjang pengobatan penyakit kronis yang bermacam – macam jenisnya. Contoh kandungan daun kelor adalah zinc, vitamin c dan berbagai mineral dalam daun hijau. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa penyakit kronis yang bisa dibantu penyembuhannya dengan manfaat rebusan daun kelor.

1. Arthritis

Jika ada seseorang yang terkena prnyakit ini dan sedang menjalani proses pengobatan panjang, maka selingi pula dengan konsumsi rebusan daun kelor. Manfaat rebusan daun kelor adalah sebagai pengurang rasa sakit di sendi yang diakibatkan adanya penyakit arthritis. Tidak hanya daunnya, tetapi sangat baik untuk merebus dengan akarnya juga. Berbeda dengan penyakit kronis lain, arthritis akan banyak dikurangi gejalanya dengan efek sinergis antara daun dengan akar kelor yang dapat mengurangi rasa sakit.

BUAT KAMU:  2 Macam Cara Memasak Daun Kelor Yang Benar (Langsung Praktek)

2. Kanker

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh jurnal Food and Chemical Toxicology, kanker sangat bisa dicegah atau dibantu pengobatannya dengan daun kelor. Manfaat rebusan daun kelor untuk penyakit kanker ini berproses dari sistem jaringannya yang ternyata bisa mencegah pertumbuhan sel – sel penyebab kanker. Tidak hanya itu, jaringan dari daun kelor juga bisa membedakan mana sel yang hidup dan mana sel yang bermutasi menjadi kanker. Dengan demikian, tubuh tidak akan terganggu karena sel – sel lain yang sehat tidak ikut dibasmi reproduksinya.

3. Jantung

Penyakit yang menjadi penyebab kematian banyak orang ini bisa dikurangi akibatnya dengan manfaat rebusan daun kelor. Seperti halnya pengobatan dan pencegahan penyakit kanker, serangan jantung juga dapat dikurangi dengan asupan zat antioksidan yang cukup. Selain itu, tingkat lipid teroksidasi dalam jaringan jantung pun bisa ditekan sehingga seseorang akan lebih terlindungi dari bahaya serangan jantung. Namun demikian, proses pengobatan penyakit ini harus tetap berjalan dan meminum rebusan daun kelor sebaiknya hanya dijadikan pelengkap saja. Karena bagaimanapun juga penyakit ini cukup kronis dan kompleks sehingga harus digempur dengan berbagai cara baik medis maupun herbal yang aman.

manfaat rebusan daun kelor
manfaat rebusan daun kelor

B. Manfaat Rebusan Daun Kelor untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, nyatanya daun kelor juga sangat bisa digunakan sebagai salah satu penunjang kecantikan. Manfaat rebusan daun kelor sangat baik untuk kulit dan badan. Berikut adalah ulasan singkatnya.

BUAT KAMU:  Cara Membuat Jus Daun Kelor yang Benar (Patut Diperhatikan)

1. Membantu Mengilaukan Rambut

Bagi para wanita, rambut adalah mahkota dan keindahannya merupakan kebanggaan tersendiri. manfaat rebusan daun kelor untuk kecantikan yang pertama adalah rambut. Kandungan pelembap dalam daun kelor akan mampu menyehatkan kulit kepala, membantu reproduksi sel – sel kulit mati, dan meningkatkan kilau rambut hitam alami.

2. Melangsingkan Tubuh

Hampir semua wanita pasti ingin tampil langsing. Selain karena obesitas sangat berbahaya bagi kesehatan, penampilan langsing juga cenderung memberikan nilai cantik tersendiri baik dari anggapan para wanita atau masyarakat secara umum. Untuk itu, manfaat rebusan daun kelor ini agaknya sangat penting. Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun kelor maka pencernaan akan menjadi lebih lancar.

Jika pencernaan lancar, maka lemak – lemak di badan dan usus pun tidak tertimbun sehingga tubuh tidak akan terkena bencana obesitas. Selain itu, pencernaan yang lancar akan membuat seseorang tampak langsing karena bagian perutnya bebas dari lemak dan gelambir tidak berguna yang bisa jadi adalah penumpukan sampah di usus besar dan tidak bisa keluar akibat kekurangan serat. Itualh yang membuat daun kelor memang kaya manfaat dan nutrisi.

BUAT KAMU:  5 Resep Sayur Daun Kelor Lezat nan Berkhasiat

Cara Memasak Daun Kelor yang Benar

Memasak daun kelor baik dengan cara direbus, ditumis, atapun dijus harus dengan cara yang benar. Karena jika kita salah mengolahnya malah bisa menghilangkan zat zat penting yang ada pada daun kelor. Tidak hanya menghilangkan zat zatnya, malah bisa meimbulkan efek samping yang tidak kita inginkan.

Bila kita ingin merebus daun kelor, maka yang harus diperhatikan adalah rebus saja secukupnya. Pastikan saja sari-sari pada daun tersebut telah bercampur dengan air. Maka ada baiknya Anda menghancurkan daunnya terlebih dahulu dengan airnya.

Cara Membuat Teh Daun Kelor

Membuat teh daun kalor adalah salah satu opsi alternatif dari rebusan daun kelor. Karena pada hakikatnya keduanya tidak banyak berbeda.

Untuk membuat teh daun kelor Anda bisa mengeringkan daunnya terlebih dahulu. Jika sudah kering anda bisa memasukannya kedalam wadah teh seperti bola besi teh atau bisa juga langsung direbus. Jangan lupa disaring setelah direbus.

Kesimpulan: Khasiat Meminum Rebusan Daun Kelor

Dari pembahasan kita di atas dapat disumpulkan bahwa:

Rebusan daun kelor bisa bermanfaat untuk dua, yaitu kesehatan dan kecantikan:

Untuk kesehatan rebusan daun kelor berguna untuk: (1) Arthritis, (2) Kanker, (3) Jantung

Sedangkan untuk kecantikan rebusan daun kelor bermanfaat untuk: (1) membantu mengilaukan rambut, (2) membantu melangsingkan badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *