manfaat oat

9 Manfaat Oat yang Menakjubkan

Mungkin sudah tak sedikit orang yang tahu manfaat oat. Tapi apakah Anda tahu 9 manfaat oat yang menakjubkan di bawah ini?

Oat Untuk Menu Diet

Seorang Ahli gizi, Gargi Sharma mengatakan, “Oat kaya akan serat yang membantu menurunkan kolesterol. Serat ini membantu meningkatkan metabolisme di usus dan mengurangi penyerapan glukosa. Oat juga mengandung beta glucan yang merupakan agen penurun lemak. Pilihan sarapan yang sangat sehat – Anda bisa menambahkan oat dengan buah dan kacang renyah. ”

Oat memliki banyak fungsi, baik untuk mengatasi rasa lapar, camilan ringan atau energi. Oat mengandung berbagai nutrisi seperti serat, vitamin E, asam lemak esensial, dan lain-lain yang membuat mereka berada di puncak tangga makanan sehat.

Daftar Manfaat Oat 

oat untuk bayi 7 bulan
oat untuk bayi 7 bulan

Penting Untuk Dibaca Lebih Lanjut:

  1. Jadi Kurus Dengan Mengkonsumsi Oat
  2. Apa Oat Untuk Bayi Sangat Bermanfaat? Atau malah…
  3. Apakah Mengkonsumsi Oat Untuk Ibu Hamil Baik? Ternyata…

1. Mencegah penyakit kardiovaskular :

“Antioksidan yang ada pada gandum oat sangat bermanfaat untuk penyakit jantung. Selain itu serat oat juga membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) tanpa mempengaruhi kolesterol baik (HDL)”, kata Dr. Manoj K. Ahuja.

BUAT KAMU:  5 Kandungan Oatmeal Yang Bagus Untuk Tubuh (Plus Manfaatnya)

Oat juga mengandungenterolactone, yang melindungi dari penyakit jantung. Dengan demikian, gandum oat membantu mengurangi kadar kolesterol Anda dan menjaga kesehatan jantung Anda. Dia menambahkan, “Ini adalah salah satu makanan yang telah terbukti baik untuk jantung”.

2. Mencegah sembelit :

Oat kaya akan sumber serat, baik serat larut maupun yang tidak larut, yang membantu mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit

3. Mengendalikan kadar gula darah :

Gandum oat membantu menstabilkan gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe-2. Sehingga merupakan hal yang baik apabila penderita diabetes mengkonsumsi oat secara teratur.

Serat tinggi dan karbohidrat kompleks memperlambat konversi makanan menjadi gula sederhana, dan beta glukan menunda penurunan kadar gula darah sebelum makan dan memperlambat kenaikan setelah makan.

4. Mengurangi risiko kanker :

Lignan, senyawa yang sama yang membantu mencegah penyakit kardiovaskular juga “membantu mengurangi kemungkinan kanker terkait hormon seperti kanker payudara, prostat dan ovarium”, menurut American Cancer Society. Karena itu, mengonsumsi oat sangat baik untuk pria dan wanita.

BUAT KAMU:  Empat Resep Olahan Quaker Oat Paling TOP

5. Mengurangi hipertensi :

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, dosis harian gandum oat akan membantu mengatasi masalah ini, dan pada akhirnya akan menurunkan risiko hipertensi.

6. Sumber magnesium yang kaya :

Oat juga kaya akan sumber magnesium. Yang mana magnesium memiliki fungsi sebagai enzim yang memproduksi energi, dan membantu mencegah serangan jantung dan stroke dengan merelaksasi pembuluh darah, membantu otot jantung, dan mengatur tekanan darah.

Tingginya kadar magnesium menyehatkan penggunaan glukosa dan sekresi insulin tubuh.

manfaat oat
manfaat oat

7. Membantu Menurunkan berat badan :

Oat adalah makanan berkalori rendah yang memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga, mengurangi nafsu makan Anda dan membantu Anda melenyapkan beberapa kg berat Anda. Cholecystokinin, hormon melawan lapar, meningkat dengan senyawa beta-glukan oatmeal.

8. Meningkatkan Kekebalan terhadap Penyakit :

Serat unik pada oatmeal yang disebut beta-gluten telah terbukti membantu neutrofil melakukan perjalanan ke tempat infeksi lebih cepat. Zat itu juga meningkatkan kemampuan antibodi untuk menghilangkan bakteri yang mereka temukan di tempat infeksi.

BUAT KAMU:  5 Cara Mengkonsumsi Goji Berry Kering untuk Kecantikan & Kesehatan

9. Memelihara kulit :

Oat telah digunakan sebagai bahan meringankan gatal dan iritasi sekaligus memberikan sederet manfaat bagi kulit . Menurut The American Academy of Dermatology, “Oatmeal mampu menormalkan pH kulit, juga membantu melembabkan dan melembutkan kulit.”

Seperti itulah manfaat dari oat, semoga Anda makin termotivasi untuk menambahkan oat ke menu makanan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *