Manfaat Minum Kunyit

30+ Manfaat Minum Kunyit yang Telah Terbukti

Kita Kenal kunyit sebagai salah satu bumbu dapur yang sering dipakai di rumah. Tapi Siapa yang tahu ternyata Manfaat minum kunyit sangat bagus bagi kesehatan.

Kunyit adalah bumbu yang memberi kari warna kuningnya. Telah digunakan di India selama ribuan tahun sebagai rempah-rempah dan ramuan obat. Baru-baru ini, sains telah mulai mendukung apa yang sudah diketahui oleh orang India sejak lama … kunyit benar-benar mengandung senyawa dengan khasiat obat.

Senyawa ini disebut kurkuminoid, yang paling penting adalah kurkumin .

Banyak penelitian berkualitas tinggi menunjukkan bahwa kunyit memiliki manfaat besar bagi tubuh dan otak Anda.

Manfaat Minum Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat minum kunyit disebabkan salah satu kandungan ajaibnya, yaitu kurkumin. Berikut kita bahas 10 manfaat kunyit bagi kesehatan yang telah terbukti:

1. Mengandung Kurkumin Yang Sangat Bermanfaat untuk Mengatasi Penyakit

Curcumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit. Senyawa Ini memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Namun, kandungan kurkumin dari kunyit tidak terlalu tinggi hanya sekitar 3% dari beratnya.

Sebagian besar studi tentang ramuan ini menggunakan ekstrak kunyit yang mengandung sebagian besar kurkumin itu sendiri, dengan dosis biasanya melebihi 1 gram per hari. Akan sangat sulit untuk mencapai level ini hanya dengan menggunakan bumbu kunyit dalam makanan Anda.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat minum kunyit, maka Anda perlu mendapatkan ekstrak kunyit dalam jumlah yang signifikan.

Sayangnya, kurkumin kurang diserap ke dalam aliran darah. Tapi kita hanya perlu menambahkan lada hitam. Yang mana meningkatkan penyerapan kurkumin sampai 2000%. Kurkumin juga larut dalam lemak, jadi mungkin bagus juga untuk mengambilnya dengan makanan berlemak.

BUAT KAMU:  10+ Manfaat Kunyit dan Madu untuk Kesehatan

Intinya: Kunyit mengandung curcumin, suatu zat dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

2. Senyawa Anti-Peradangan yang Alami

Peradangan sangat penting, Karena membantu tubuh dalam memperbaiki kerusakan. Tanpa peradangan, patogen seperti bakteri dapat dengan mudah mengambil alih tubuh kita dan membunuh kita.

Meskipun peradangan akut (jangka pendek) bermanfaat, tapi bisa menjadi masalah besar ketika kronis (jangka panjang).

Sekarang diyakini bahwa peradangan kronis berperan utama dalam hampir setiap penyakit kronis berat. Misal seperti penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, Alzheimer dan berbagai kondisi degeneratif.

Ternyata curcumin memiliki efek anti-inflamasi yang sangat kuat, sehingga cocok dengan dijadikan obat anti radang.

Intinya: Peradangan kronis dikenal sebagai penyumbang banyak penyakit Barat yang umum. Curcumin dapat menghambat banyak molekul yang diketahui memainkan peran utama dalam peradangan.

3. Meningkatkan Antioksidan Tubuh

Kerusakan oksidatif diyakini menjadi salah satu di balik penuaan dan banyak penyakit. Ini disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat seperti asam lemak, protein atau DNA. Alasan utama antioksidan sangat bermanfaat, adalah bahwa mereka melindungi tubuh kita dari radikal bebas.

Minum kunyit bermanfaat dalam meningkatkan antioksidan. Curcumin dalam kunyit merupakan antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas. Selain itu curcumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di tubuh sendiri.

Intinya: Kunyit memiliki efek antioksidan yang kuat. Ia menetralisir radikal bebas dengan sendirinya, kemudian menstimulasi enzim antioksidan tubuh sendiri.

4. Meningkatkan Fungsi Otak dan Menghalangi Risiko Penyakit Otak

Neuron mampu membentuk koneksi baru, tetapi di area tertentu di otak, mereka juga dapat bertambah banyak dan bertambah jumlahnya.

Kunyit dapat bermanfaat meningkatkan daya ingat dan membuat Anda lebih pintar. Alasannya karena kurkumin kunyit meningkatkan BDNF. Walaupun begitu, manfaat ini masih perlu diuji lagi.

Intinya: Curcumin kunyit meningkatkan kadar hormon otak BDNF, yang meningkatkan pertumbuhan neuron baru dan melawan berbagai proses degeneratif di otak.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kurkumin kunyit dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat utama kurkumin terhadap penyakit jantung, ialah dengan peningkatan fungsi endotelium, yang merupakan lapisan pembuluh darah.

BUAT KAMU:  3 Cara Mengkonsumsi Kunyit untuk Batuk Berdahak dan Tidak

Telah diketahui bahwa disfungsi endotel merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan fungsi endotelial. Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat kurkumin sama efektifnya dengan olahraga. Ditambah lagi kurkumin juga mengurangi peradangan dan oksidasi, yang juga penting dalam penyakit jantung.

Dalam satu penelitian, 121 pasien yang menjalani operasi bypass arteri koroner secara acak ke plasebo atau 4 gram kurkumin per hari, beberapa hari sebelum dan sesudah operasi.

Kelompok kurkumin memiliki 65% penurunan risiko mengalami serangan jantung di rumah sakit.

Intinya: Curcumin kunyit berperan penting dalam mencegah dan mengatasi penyakit jantung. Salah satunya ialah meningkatkan fungsi endothelium. Selain itu juga kurkumin kunyit merupakan agen anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat .

kandungan kunyit
kandungan kunyit

6. Membantu Mencegah & Mengatasi Kanker

Para peneliti telah mempelajari curcumin kunyit sebagai ramuan yang bermanfaat dalam pengobatan kanker. Dapat mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran kanker pada tingkat molekuler.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin dapat mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor), metastasis (penyebaran kanker), serta berkontribusi terhadap kematian sel kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kunyit yang mengandung kurkumin, dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker dan menghambat pertumbuhan tumor pada hewan percobaan.

Mungkin kurkumin akan digunakan bersama dengan pengobatan kanker konvensional. Terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti, tetapi terlihat menjanjikan dan ini sedang dipelajari secara intensif.

Intinya: Kurkumin kunyit menyebabkan beberapa perubahan pada tingkat molekuler yang dapat membantu mencegah dan bahkan mungkin mengobati kanker.

7. Berperan Mencegah dan Mengobati Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia dan penyebab utama pikun. Dan Kurkumin telah terbukti melintasi penghalang darah-otak.

Peradangan dan kerusakan oksidatif merupakan salah satu sebab penyakit Alzheimer. Sedangkan kita tahu, bahwa manfaat minum kunyit dapat melawan peradangan dan kerusakan oksidatif.

Selain itu salah satu ciri penyakit Alzheimer adalah penumpukan protein kusut yang disebut plak Amyloid. Studi menunjukkan bahwa curcumin dapat membantu membersihkan plak ini.

Apakah kurkumin dapat mencegah dan mengatasi perkembangan penyakit Alzheimer perlu dipelajari dengan benar.

Intinya: Curcumin kunyit dapat melintasi penghalang darah-otak dan telah terbukti berperan positif dalam penyembuhan penyakit Alzheimer.

BUAT KAMU:  8 Manfaat Kunyit Dicampur Jeruk Nipis

8. Berefek positif terhadap Penyembuhan Perandangan Sendi

Mengingat curcumin adalah bahan anti-inflamasi yang kuat, maka kunyit bisa membantu mengatasi radang sendi. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini benar.

Dalam sebuah penelitian dengan pasien rheumatoid arthritis, Ditemukan curcumin kunyit lebih efektif dibanding obat anti-inflamasi. Banyak penelitian lain telah melihat efek positif kurkumin kunyit pada penyembuhan artritis.

Intinya: Arthritis adalah gangguan umum yang ditandai dengan peradangan sendi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa curcumin dapat membantu mengobati gejala arthritis dan dalam beberapa kasus lebih efektif daripada obat anti-inflamasi.

9. Membantu Mengatasi Depresi

Menurut sebuah penelitian, ditemukan bahwa manfaat minum kunyit sama efektifnya dengan antidepresan.

Ada juga beberapa bukti bahwa curcumin dapat meningkatkan serotonin dan dopamine di otak.

Intinya: Sebuah penelitian pada 60 pasien depresi menunjukkan bahwa curcumin sama efektifnya dengan prozac dalam meredakan gejala depresi.

10. Membantu Menunda Penuaan dan Melawan Penyakit Kronis Usia tua

Jika curcumin benar-benar dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker dan Alzheimer … maka ini akan memiliki manfaat yang jelas untuk umur panjang .

Karena alasan itulah, kurkumin menjadi sangat populer sebagai suplemen anti-penuaan.

Tetapi mengingat oksidasi dan peradangan diyakini berperan dalam penuaan, kurkumin mungkin memiliki efek yang melampaui pencegahan penyakit.

Manfaat Minum Kunyit Lainnya

Manfaat Minum Kunyit
Manfaat Minum Kunyit

Di atas kita telah membahas manfaat kunyit yang terbukti dari penelitian. Berikut adalah manfaat kunyit dari empiris. Hasil tiap orang bisa berbeda-beda.

  1. Mengatasi Perut Mulas
  2. Membantu Mengatasi Tifus
  3. Mencegah Amandel
  4. Membersihkan darah
  5. Mengurangi Perut mules pada saat haid
  6. Mencegah Berak Lendir
  7. Mengatasi Perut Mual
  8. Mengatasi Mabuk Kendaraan
  9. Mencegah Maag
  10. Perlindungan kardiovaskular
  11. Membantu memperlancar ASI
  12. Mengurangi Resiko Leukimia
  13. Penambah darah
  14. Melancarkan Susah untuk buang air besar
  15. Sakit Kepala
  16. Menambah Nafsu Makan
  17. Mengurangi Sakit Keputihan
  18. Mengobati bengkak karena disengant oleh serangga atau bulu ulat
  19. Mengatasi Haid tidak lancar
  20. Membantu Mengatasi Diabetes Mellitus
  21. Meningkatkan Fungsi Hati (liver)

Seperti itulah manfaat minum kunyit. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menambahkan kunyit dalam pemeliharaan kesehaan Anda.

Sumber:

  • healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-turmeric
  • manfaat.co.id/manfaat-kunyit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *