Manfaat Minum Air Lemon Pagi

8 Manfaat Minum Air Lemon setiap Pagi (Sayang Dilewatkan)

Manfaat minum air lemon – Bagaimanakah Anda memulai hari Anda? Mungkin dengan secangkir kopi hangat, teh, atau sarapan yang sehat sebelum berangkat kerja. Atau mungkin Anda juga mengkonsumsi camilan sehat kecil.

Semua itu adalah cara yang bagus untuk memulai hari, tetapi mungkin Anda akan bersedia mempertimbangkan satu tambahan kecil untuk rutinitas pagi Anda: yaitu secangkir air lemon.

“Air lemon?” Anda mungkin bertanya-tanya.

“Apa sih yang akan dilakukan air asam ini untukku?” Ayo kita bahas khasiat mengkonsumsi lemon di pagi hari.

Manfaat Minum Air Lemon setiap Pagi

Baca terus untuk mengetahui BANYAK manfaat minum air lemon di pagi hari. Anda akan terkejut dengan banyaknya manfaat air lemon yang dapat membuat Anda lebih sehat.

A. Manfaat Air Lemon: Menjaga Cairan dalam Tubuh

Tahukah Anda bahwa sebanyak 75% orang Amerika berpotensi memiliki masalah dengan dehidrasi kronis?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Medical Daily, tiga dari empat orang Amerika gagal minum 10 cangkir air yang direkomendasikan per hari.

Mungkin Anda berpikir 10 cangkir air banyak. Padahal tubuh kita bergantung pada banyak air. Tubuh kita 60% air,  otot kita 75% air, dan otak kita 85% air. Bayangkan apa yang terjadi jika Anda tidak mendapat cukup air. Ini seperti mesin kehabisan minyak – mesin mulai rusak!

Dan di sinilah datang hal terbaik dari meminum segelas air jeruk di pagi hari. Segelas air lemon di pagi hari memberi Anda cairan yang tubuh Anda butuhkan setelah tidur malam. Perasan lemon membuat air putih lebih sedap dan lebih nikmat, mendorong Anda untuk meminumnya.

B. Manfaat Air Lemon: Obat bagi Pencernaan

Apakah malam yang panjang Anda terganggu karena refluks asam atau gangguan pencernaan? Maka Paginya kemungkinan akan sulit mencerna makanan sarapan tertentu (oat, sereal, telur, tomat, dll.)

Ingin memastikan Anda memiliki fungsi pencernaan yang lebih sehat sepanjang hari? Maka segelas air jeruk lemon-lah jawabannya.

Lemon adalah makanan yang sangat asam sehingga dapat berkontribusi untuk masalah seperti kram perut atau maag. Namun, meskipun keasamannya tinggi, lemon meningkatkan pH alkalin di dalam tubuh.

Air lemon juga dapat membantu tubuh Anda menyerap aluminium hidroksida dalam antasid yang Anda gunakan untuk mengatasi refluks asam. Minum lebih banyak air dapat membantu mengurangi risiko sembelit , dan lemon akan membantu untuk merangsang pencernaan yang sehat dan pembuangan limbah.

Asam dalam jus lemon juga akan membantu memecah makanan Anda lebih efisien, sehingga lebih mudah bagi tubuh Anda untuk mengekstraksi nutrisi maksimum dari setiap makanan. Ini memperlambat tingkat penyerapan dan mencegah lonjakan gula darah.

BUAT KAMU:  12+ Efek Samping Jeruk Lemon yang Perlu Anda Waspadai

Sebagai bonus, air lemon membantu:

  1. Menghempaskan racun di saluran pencernaan Anda,
  2. Meringankan gejala nyeri yang menyertai gangguan pencernaan,
  3. dan bahkan mengurangi risiko bersendawa dan kembung akibat produksi gas berlebih di usus Anda.

Air lemon dapat menjaga sistem pencernaan Anda mendengkur seperti kucing sepanjang hari.

C. Manfaat Air Lemon: Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lemon adalah salah satu sumber terbaik asam askorbat, juga dikenal sebagai Vitamin C. Sistem kekebalan tubuh Anda bergantung pada Vitamin C untuk berfungsi dengan baik.

Cara Membuat Jus Lemon
Cara Membuat Air Lemon

Tanpa cukup vitamin C, sistem tidak mampu bertahan melawan bakteri, virus, kuman, jamur, dan parasit tertentu. Mendapatkan lebih banyak Vitamin C pada dasarnya dapat meningkatkan kekebalan alami tubuh Anda dan pertahanan terhadap patogen .

Anda ingat bagaimana ibu Anda memberi Anda jeruk untuk memberi Anda lebih banyak vitamin C untuk melawan pilek atau flu?

Vitamin C tidak akan menjadi alat pencegah yang efektif terhadapflu biasa, tetapi dapat membantu mengurangi keparahan dan durasi flu. Kesembuhan Anda akan menjadi lebih cepat, dan gejala-gejala flu Anda tidak akan terlalu parah.

Manfaat minum air jeruk nipis di pagi hari (dan sepanjang hari) adalah memberikan Anda banyak Vitamin C. Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C untuk mengatasi kekurangan vitamin, karena Anda akan mendapatkan lebih banyak dari cukup vitamin penting ini dalam menu harian Anda.

D. Manfaat Air Lemon: Sumber Kalium Yang Baik

Apakah Anda tahu betapa pentingnya kalium untuk kesehatan Anda secara keseluruhan? Kalim bisa jadi adalah salah satu mineral paling penting, ini beberapa alasannya:

  • Kalium memainkan peran dalam mengatur keseimbangan cairan. Bersama dengan natrium, kalium memastikan bahwa ada cukup air dalam tubuh Anda untuk menjaga fungsi yang sehat. Tetapi tidak begitu banyak sehingga malah menahan cairan. Kalium adalah jenis elektrolit yang menyeimbangkan natrium.
  • Kalium membuat otak Anda sehat. Kalium memastikan bahwa otak Anda mendapat cukup oksigen untuk berfungsi dengan baik, merangsang fungsi kognitif dan meningkatkan aktivitas saraf. Plus, kalium dapat melebarkan pembuluh darah di otak Anda, mencegah stroke.
  • Kalium sangat penting untuk tulang yang sehat. Mineral menetralisir asam-asam tertentu dalam tubuh Anda, mencegah asam-asam itu mengganggu penyerapan kalsium. Berkat kalium, tulang Anda bisa mendapatkan semua kalsium yang dibutuhkan untuk tetap kuat.
  • Kalium penting untuk mendukung fungsi jantung. Ingat bagaimana potasium membantu mengatur kadar natrium? Kadar natrium yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan mengonsumsi lebih banyak potasium, Anda mengurangi risiko tekanan darah tinggi, mencegah ketegangan jantung dan pemakaian berlebihan.
BUAT KAMU:  13 Manfaat Makan Jeruk Sebelum Tidur (Sayang Dilewatkan)

Dan ini hanya sedikit dari BANYAK, BANYAK alasan Anda membutuhkan lebih banyak potasium.

Lemon adalah sumber yang luar biasa bagi macromineral yang penting ini. 100 gram Lemon bisa mengandung 138 mg potasium. Tubuh Anda membutuhkan sekitar 3.500 mg potasium per hari, jadi menambahkan air lemon ke diet Anda akan memudahkan Anda untuk mencapai asupan harian mineral ini.

E. Manfaat Air Lemon: Membantu Menghilangkan Bau Mulut

Khawatir tentang bau mulut?

Minumlah beberapa cangkir air jeruk lemon untuk mengatasi masalah ini!

Bau mulut seringkali disebabkan oleh bakteri, baik di mulut, tenggorokan, atau saluran pencernaan. Jika Anda memiliki bau mulut, itu pertanda bahwa ada terlalu banyak bakteri yang berkembang di tubuh Anda. Hanya menyikat gigi tidak akan cukup untuk mengatasi masalah. Itu hanya akan menutupi bau busuk untuk sementara waktu. Bau mulut akan kembali pada akhirnya.

Kecuali, tentu saja, Anda menemukan cara untuk membunuh bakteri penyebab bau, yang merupakan tempat munculnya lemon. Lemon adalah antiseptik yang ampuh (itulah mengapa sering digunakan dalam banyak pengharum dan produk pembunuh kuman?). Lemon lebih dari mampu untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, minumlah beberapa gelas air lemon secara rutin, dan kumur dengan itu sebelum menelannya. Asam dalam jus lemon akan mematikan bakteri, membuat mulut Anda bebas dari bau busuk. Lakukan setiap pagi.

Peringatan Peringatan!

Asam sitrat dapat hilang pada enamel gigi Anda. Jika Anda mengaduk-aduk mulut Anda dengan air lemon, tunggu beberapa jam sebelum menyikat gigi. Atau, cukup sikat sebelum minum.

F. Manfaat Air Lemon: Mengatasi Peradangan

Manfaat Minum Air Lemon Pagi
Manfaat Minum Air Lemon Pagi

Air jeruk lemon adalah salah satu makanan anti peradangan terbaik. Semua buah jeruk – termasuk jeruk nipis, jeruk bali, jeruk keprok, dan lemon – mengandung Vitamin C. Tubuh Anda membutuhkan Vitamin C untuk menghasilkan kolagen, protein yang digunakan untuk melakukan perbaikan pada setiap bagian tubuh Anda: kulit, pembuluh darah, jaringan ikat, dan bahkan tulang Anda. Mendapatkan lebih banyak Vitamin C mempermudah tubuh untuk melakukan perbaikan pada jaringan yang rusak.

Antioksidan dalam lemon juga merupakan agen anti-inflamasi yang kuat. Zat itu dapat membantu mengurangi pembengkakan (bahkan pembengkakan internal yang ringan), sehingga memungkinkan tubuh Anda untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Bagi mereka dengan penyakit inflamasi (seperti arthritis), air jeruk lemon dapat menjadi metode yang sederhana namun sangat efektif untuk memerangi pembengkakan.

BUAT KAMU:  5 Manfaat Air Rendaman Lemon untuk Tubuh Anda

G. Manfaat Air Lemon: Membantu Penurunan Berat Badan

Ini adalah salah satu manfaat air lemon yang lebih mendekati mitos dibanding fakta.

Lemon memang menawarkan beberapa manfaat yang dapat menurunkan berat badan dengan mudah:

  • Lemon menekan nafsu makan Anda. Berkat pektin (sejenis serat) yang ditemukan di lemon, maka rasa lapar Anda akan lebih terkendali. Namun, jumlah pektin dalam air lemon sangat minim sehingga tidak akan benar-benar menghentikan Anda dari rasa lapar. Paling-paling, itu akan menunda rasa lapar untuk sementara waktu.
  • Lemon merangsang metabolisme Anda. Minum lebih banyak air (lebih dari 8,5 cangkir per hari) akan membantu meningkatkan metabolisme Anda, sebanyak 100 kalori per hari . Air membantu meningkatkan metabolisme hingga 30%, membuatnya lebih mudah menurunkan berat badan. Namun, lemon itu sendiri tidak ada hubungannya dengan ini. Lemon hanya meningkatkan asupan air yang bermanfaat bagi metabolisme Anda.
  • Lemon dapat membantu membatasi kalori. Jus lemon hampir tidak mengandung kalori – hanya 29 per 100 gram. Satu gelas air lemon mengandung kurang dari 10 kalori, menjadikannya minuman yang ramah diet yang dapat Anda nikmati sesuka hati. Ini adalah minuman beraroma yang bisa Anda nikmati, bukan jus atau soda.

Seperti yang Anda lihat, manfaat penurunan berat badan dari air lemon memang ada, tetapi itu tidak berarti air lemon adalah “obat penurun berat badan” yang tepat. Meskipun minum lebih banyak air jeruk akan membantu Anda menurunkan berat badan, tapi bukan berarti Anda tidak butuh diet dan olahraga.

H. Manfaat Air Lemon: Mengurangi Kembung

Kembung adalah masalah yang cukup umum di zaman modern ini, berkat berbagai bahan kimia dan aditif yang digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman yang kita makan. Zat kimia ini menyebabkan tubuh kita menahan air, yang menyebabkan pembengkakan yang kita kenal sebagai “kembung.”

Namun, di situlah air lemon dibutuhkan! Lemon adalah diuretik, yang berarti mendorong sekresi air melalui urin. Sederhananya: lemon membuat Anda kencing lebih banyak (daripada biasanya).

Hal itu mengurangi jumlah air dalam tubuh Anda. Ini secara efektif mencegah kembung dan retensi air, membantu mencegah “kenaikan berat air”. Plus, hal ini akan mengurangi risiko retensi air berlebihan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan merusak fungsi jantung.

Intinya, adalah hal bagus untuk menambahkan air lemon ke dalam menu harian Anda!

Sumber referensi manfaat minum air lemon pagi

  1. positivehealthwellness.com/diet-nutrition/benefits-lemon-water-morning-make/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *