Manfaat Kunyit Putih untuk Keputihan

2 Cara Mendapatkan Manfaat Kunyit Putih untuk Keputihan

Kunyit putih merupakan salah stau jenis kunyit yang juga digunakan sebagai obat herbal. Hal ini karena kunyit putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kunyit putih bagi keputihan. Namun sebelumnya akan dijelaskan mengenai kunyit putih serta keputihan dan penyebabnya. Check it out.

Kunyit putih atau yang memiliki nama latin cucuma mangga merupakan salah satu jenis tanaman rimpang. Kunyit putih juga sama hal seperti kunyit pada umunya yaitu sering digunakan sebagai obat herbal. Kunyit putih memiliki kandungan flavonoid saponin, anti oksidan, Zat anti lipid peroksida, ribozom inacting protein dan cucurmin. Kandungan kandungan tersebut memiliki manfaat masing masing yang sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat Kunyit Putih untuk Keputihan Patologis

Keputihan adalah salah satu kondisi dimana wanita mengalami sedikit gangguan pada vagina yang ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih. Alasan utama wanita mengalami keputihan adalah kebersihan daerah vagina yang tidak dijaga. Keputihan bisa juga disebabkan oleh pola hidup yang tidak baik misalnya mengkonsumsi makanan yang tidak bersih. Ketidak bersihan ini memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan terjadinya keputihan.

BUAT KAMU:  30+ Manfaat Minum Kunyit yang Telah Terbukti

A. Jenis Keputihan pada Wanita

Keputihan pada wanita terbagi menjadi dua yaitu keputihan secara fisikologis dan keutihan secara patoogis. Secara fisiologis keputihan terjadi ketika seorang wanita berada dalam masa subur atau ketika seseorang memasuki masa haid. Terkadang juga keputihan fisiologis hadir pada wanita hamil dengan tujuan melindungi sang janin. Namun keputihan ini tidak mengganggu karena tida berbau. Keputihan fisiologis mmeiliki ciri ciri seperti encer, tidak berbau, tidak gatal dan juga jumlah yang keluar tidak berlebihan.

Disisi lain ada juga keputihan patologis. Keputihan secara patologis sangat tidak normal. Pada umumnya jenis keutihan patologis menggangu kesehatan wanita khususnya pada daerah kewanitaan. Keputihan patologis bersifat sebaliknya karenasangat amat mengganggu. Pada wanita hamil, keputihan patologis sangat berbahaya karena keputihan ini membawa virus yang dapat menyebabkan bayo terlahir premature dab terkena infeksi virus. Apabila bayi dalam janin sudah terkenal keputihan patologis maka bisa menggangu pencernaan sang bayi hingga pernafasan yang membawa bayi pada kematian. Ada juga yang mengatakan bahwa keutihan patologis bisa membawa kebutaan bagi bayi karena infeksi bakteri. Ciri ciri dari keputihan patologis adalah cairan kental, menyebabkan rasa gatal, beraroma tidak sedap, jumlah cairannya banyak dan meninggalkan bercak pada celana.

BUAT KAMU:  12 Efek Samping dari Kunyit Yang Harus Anda Ketahui

B. Cara Menggunakanan Kunyit Putih untuk Keputihan

Manfaat Kunyit Putih untuk Keputihan
Sumber Gambar: tipdisease.com*

Dengan kunyit putih dapat membantu anda menghilangkan keputihan khususnya keputihan patologis. Manfaat kunyit putih untuk keputihan dapat dilihat dengan mengkonsumsi kunyit putih sebagai obat luar maupun obat dalam. Berikut ini adalah cara untuk memanfaatkan kunyit putih untuk keputihan.

Kunyit putih digunakan sebagai obat luar. Caranya adaah ambil kunyit putih, bersihkan lalu iris tipis tipis. Kunyit putih tersebut direbus dalam air hingga mendidih. Diamkan air hasil rebusan kunyit beberapa saat agar hangat. Setelah itu ambil air rebusan kunyit putih untuk membasuk organ intim wanita. Lakukan secara teratur untuk membunuh bakteri penyebab keputihan.

Anda juga bisa menghilangkan keputihan dengan mengkonsumsi ramuan kunyit putih. Caranya adalah siapkan kunyit putih bersihkan, ambil buah asam, daun beluntas yang sudah dibersihkan. Kemudian tambahkan gula aren dan air lalu direbus secara bersamaan. Rebus hingaa semuanya tercampur dan air mendidih. Setelah itu dinginkan dan minum air rebusan selama beberapa hari.

Demikian mengenai manfaat kunyit putih untuk keputihan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda mengatasi keputihan.

BUAT KAMU:  12 Pilihan Cara Mengolah Kunyit yang Praktis & Efektif

* www.tipdisease.com/2015/10/zedoary-curcuma-zedoaria-overview.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *