Manfaat Kunyit dan Jeruk Nipis

8 Manfaat Kunyit Dicampur Jeruk Nipis

Manfaat Kunyit dan Jeruk Nipis – Sebenarnya artikel di bawah adalah campuran antara lemon dan kunyit. Tetapi karena di Indonesia jarang ditemukan lemon dan jeruk nipis sebagai penggantinya, berikut kami bahas manfaat kunyit dan jeruk nipis.

Karena, memulai hari dengan air jeruk nipis adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan bagi tubuh. Jeruk nipis mengandung vitamin C, B, kalsium, zat besi, magnesium, potassium, enzim, antioksidan, dan serat. Selain memberi sejumlah nutrisi yang sehat, jeruk nipis juga melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan peradangan, memelihara cairan tubuh, serta memberi energi pada tubuh.

Ketika manfaat jeruk nipis tersebut dikombinasikan dengan kunyit, maka akan semakin berlipat ganda. Berikut akan kita bahas bersama manfaat kunyit dan jeruk nipis. 

7 Manfaat Campuran Kunyit dan Jeruk Nipis

Untuk membuat kebiasaan pagi yang sehat ini menjadi lebih baik, saya (penulis sumber artikel) baru-baru ini mulai menambahkan kunyit juga. Selain mendapatkan manfaat yang luar biasa dari air jeruk nipis, kunyit akan mengubahnya menjadi asupan energi bernutrisi untuk terbang menjalani hari Anda.

Manfaat Minum Kunyit Setiap Hari
Manfaat Minum Kunyit Setiap Hari

Berikut kita bahas manfaat minuman kunyit dan jeruk nipis:

1. Meningkatkan Sifat Anti Peradangan

Kunyit sangat terkenal dengan fungsi anti radangnya. Curcumin, atau senyawa aktif kunyit, adalah senyawa anti-peradangan ampuh yang cocok. Selain itu zat ini memiliki efektivitas yang serupa dengan obat anti-inflamasi yang dijual bebas.

BUAT KAMU:  8 Cara Mengolah Kunyit Putih Berdasarkan Penyakit

Mencampurkan kunyit ke air jeruk nipis, akan membuat khasiat dari minuman jeruk nipis ini “sempurna”.

2. Meningkatkan kekuatan otak

Siapa yang tidak ingin otaknya makin dapat diandalkan?

Jeruk nipis adalah pilihan sangat baik untuk meningkatkan kalium dan magnesium otak. Sementara itu, kunyit telah ditemukan dapat mengurangi risiko gangguan kognitif seperti demensia dan Alzheimer. Aktivitas antioksidan: Baik jeruk nipis dan kunyit memiliki fungsi antioksidan yang kuat untuk menjaga kulit Anda dalam kondisi sempurna dan menjaga tumor jauh.

Maka hal-hal di atas membuat kombinasi kunyit dan jeruk nipis sangat bermanfaat bagi otak. Kurang apa lagi?

3. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Makan atau minum kunyit setiap hari bisa mendukung kinerja kantong empedu, mengurangi kembung dan gas, dan mencegah peradangan pada saluran pencernaan. Sementara itu, jus jeruk nipis membantu melonggarkan dan membuang racun dari sistem pencernaan.

Dengan begitu kombinasi keduanya akan bermanfaat bagi pencernaan untuk:

  1. Meningkatkan kinerja kantong empedu.
  2. Meredakan kembung karena gas
  3. Mencegah radang pada saluran penecernaan.
  4. Detoksifikasi pencernaan

Tentu hal-hal di atas akan bermanfaat bagi kehidupan sehat Anda.

4. Mengurangi Kolesterol

Hati-hati!

Karena kurkumin pada kunyit dapat mengurangi kolesterol LDL (kolesterol buruk), mencegah pembekuan darah, dan menghilangkan penumpukan plak di arteri.

Ya, hati-hati jika anda kehilangan dari manfaat kunyit di atas 😉

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kombinasi jeruk nipis dan kunyit dapat membantu penurunan berat badan. Jeruk nipis meningkatkan sistem metabolisme, yang membantu Anda membakar lebih banyak kalori dari makanan yang Anda makan.

Konsumsi setiap hari atau setiap pagi untuk melihat hasilnya.

6. Merangsang Hati untuk Menghasilkan Enzim

BUAT KAMU:  8 Rahasia Khasiat Kunir Putih yang Menakjubkan

Kombinasi kunyit dan jeruk nipis mempunyai sifat pembersihan. Yaitu, di mana jeruk nipis dan kunyit merangsang hati (liver) Anda untuk menghasilkan lebih banyak enzim. Hal Ini memungkinkan hati untuk bekerja lebih efisien dalam menghilangkan racun dan limbah pencernaan.

Yuk, bantu pencernaan kita untuk detoksifikasi dengan ramuan kunyit plus jeruk nipis.

Kunyit dapat Mengatasi Depresi

Bagaimana kunyit bermanfaat melawan depresi?

Ada beberapa metode dan obat untuk mengatasi depresi. Salah satu obat yang paling umum di pasaran adalah Prozac. Yang menyedihkan adalah, bahwa obat-obatan ini diketahui menyebabkan efek samping yang paling parah seperti: kesulitan bernafas, efek bunuh diri, dan pendarahan di perut.

Penelitian pun dilakukan pada kunyit dan penggunaannya pada depresi. Kemudian ditemukan bahwa bahan kurkumin yang ada di dalamnya, cukup efektif mengatasi depresi serius dengan cara yang sama seperti fluoxetine (Prozac). Hebatnya, kunyit tidak menimbulkan efek samping sebagaimana obat-obatan lainnya.

Manfaat Minum Kunyit dan Jeruk Nipis Setiap hari

Minum jeruk nipis secara tradisional telah menjadi rutinitas pagi banyak orang, karena terbukti dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. Air jeruk nipis segar khususnya, dapat mengoptimalkan kesehatan Anda.

Menurut sebuah penelitian di Chemistry Central Journal, jeruk nipis berkhasiat meningkatkan sisem metabolik dengan alami dan sehat. Studi melaporkan bahwa, “Buah jeruk menunjukkan bioaktifitas yang berlimpah termasuk aktivitas antioksidan, anti-inflamasi, anti-kanker, antimikroba dan anti-alergi, serta efek kardiovaskular, efek neuroprotektif, efek hepatoprotektif, kontrol obesitas, dll.”

Manfaat Kunyit dan Jeruk Nipis
Manfaat Kunyit dan Jeruk Nipis

Ramuan campuran dari air jeruk nipis hangat, kunyit, kayu manis, dan madu menawarkan manfaat kesehatan yang dahsyat.

BUAT KAMU:  Inilah 7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Rahim

Kunyit adalah rempah Asia yang baru-baru ini diakui oleh pengobatan Barat karena khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Secara khusus, bahan aktif yang paling penting dalam kunyit, kurkumin, telah menjadi topik banyak studi kesehatan.

The Journal of Nephropathology menyatakan bahwa, “Kunyit, obat tradisional Asia yang terlantar mungkin muncul kembali sebagai obat dan / atau alat pencegahan untuk berbagai penyakit …”

The AAPS Journal lebih lanjut menyimpulkan bahwa, “Curcumin kulit telah menunjukkan potensi terapeutik terhadap sejumlah penyakit manusia.” Di antaranya:

  • Berbagai jenis kanker
  • H. pylori
  • Radang sendi
  • Infeksi pernafasan
  • Sindrom usus yang teriritasi
  • Tukak lambung
  • Aterosklerosis
  • Penyakit radang usus
  • Penyakit Alzheimer
  • Sindrom koroner

Dan, banyak studi saat ini menunjukkan bahwa ini hanyalah segelintir dari kemampuan mengatasi penyakit yang ditemukan pada kunyit.

Cara Membuat Air Kunyit, Jeruk Nipis, Madu, dan Kayu Manis

Bahan:

  1. 1 gelas air hangat suam-suam kuku (susu kacang juga bekerja) / atau digantikan air (fleksibel).
  2. ¼ sendok teh bubuk kunyit
  3. Jus atau peras ½ jeruk nipis (atau 1 jeruk nipis)
  4. Sedikit cabai lada hitam (untuk meningkatkan bioavailabilitas kunyit / penyerapan kunyit di tubuh)
  5. Madu atau sirup maple secukupnya (opsional)
  6. Sedikit kayu manis (opsional: untuk tambahan efek anti-diabetes)

Cara Membuat:

Tambahkan jus jeruk nipis, lada hitam, kunyit, madu, dan kayu manis ke segelas air hangat. Minum jamu ini pertama kali di pagi hari dengan perut kosong untuk efek energi terbaik. Aduk terus sambil minum untuk menghindari semua kunyit tenggelam ke dasar gelas.

Sumber artikel tentang manfaat kunyit dan jeruk nipis

  1. www.naturalnewsblogs.com/ultimate-jeruk nipis-turmeric-morning-drink-recipe-best-benefits/
  2. www.naturalnewsblogs.com/heres-will-happen-body-add-turmeric-morning-jeruk nipis-water/
  3. www.naturalnewsblogs.com/15-reasons-drinking-jeruk nipis-water-every-morning/
  4. www.naturalnewsblogs.com/happens-body-eat-1-teaspoon-turmeric-every-day/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *