Manfaat Kayu Ular untuk Mengobati Berbagai Penyakit

9 Manfaat Kayu Ular untuk Berbagai Penyakit & Cara Mengolahnya

Kayu ular merupakan salah satu tanaman yang diperjualbelikan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Simak ulasan ini untuk mengetahui berbagai kandungan serta manfaat kayu ular.

Kayu Ular yang memiliki nama latin Strychons lucida merupakan tanaman yang tumbuh di pegunungan Papua, sekitar 100-500 mdpl. Di Pulau Jawa, tanaman ini dikenal dengan nama Dara Laut atau Dara Putih. Bentuk kayu ini tidak seperti ular meskipun dinamakan dengan kayu ular. Ciri khusus kayu ini adalah daunnya tunggal, batangnya berwarna kuning kemerahan dan tidak berbau.

Pada kali ini akan diulas tuntas manfaat kayu ular untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Cara Minum dan Manfaat Kayu Ular untuk Mengobati Berbagai Penyakit

manfaat minuman kayu ular
Sumber Img: https://onlinepapua.files.wordpress.com

Kayu ular biasa dijual dalam bentuk serutan/batangan dengan nama dagang bidara laut. Kayu ini memiliki berbagai macam kandungan seperti alkaloid, tanin dan steroid. Kandungan tersebut dapat digunakan untuk obat-obatan. Kayu ini biasa dikonsumsi dengan cara direbus atau diseduh.

Selain kayunya, daunnya pun dapat dimanfaatkan. Berikut ini adalah manfaat kayu ular untuk mengatasi bermacam-macam penyakit juga kecantikan.

1. Mengobati Reumatik

Reumatik disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah. Kandungan tanin dan galat pada kayu ular dapat memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar tentunya akan menghindarkan tubuh dari reumatik.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Kayu Ular berkhasiat untuk menstimulasi kondisi perut agar mengirimkan sinyal lapar pada syaraf otak. Dengan sinyal tersebut, nafsu makan menjadi meningkat.

3. Meredakan Demam

Demam merupakan tanda bahwa sistem imunitas sedang melawan zat asing yang menyerang tubuh. Tubuh membutuhkan asupan agar mampu mengatasi zat asing dan demam reda. Demam dapat diredakan dengan adanya senyawa tanin dan galat pada kayu ular.

BUAT KAMU:  Menurunkan Berat Badan Dengan Menu Diet Rendah Kalori Seminggu, Yang Bisa Dicoba Dirumah

4. Mengatasi Diabetes

Kayu manis dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi diabetes tipe II. Zat saponin yang ada pada kayu ular dapat menurunkan kadar gula. Penurunan kadar gula ini perlahan-lahan akan mengatasi penyakit diabetes.

Manfaat Kayu Ular untuk Mengobati Berbagai Penyakit
Manfaat Kayu Ular untuk Mengobati Berbagai Penyakit

5. Menyembuhkan Kista

Kista merupakan tumor jinak. Di dalam kista berisi cairan kental yang merupakan bagian dari darah kotor. Kayu ular memiliki kandungan anti peradangan. Senyawa inilah yang akan mencairkan gumpalan darah kotor dan mengeluarkannya dari tubuh.

6. Mencegah Kanker

Kanker dapat timbul akibat radikal bebas yang masuk dalam tubuh sudah tidak dapat ditangani lagi oleh system tubuh. Untuk melawannya, tubuh membutuhkan asupan antioksidan dari luar. Dapatkanlah manfaat kayu manis untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang berbahaya. Mencegah tumbuhnya kanker tentu lebih baik sebelum kanker benar-benar hinggap di tubuh.

7. Menjaga Imunitas

Imunitas merupakan sesuatu yang penting untuk dijaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain melakukan pola hidup sehat, Anda juga bisa menambahkan kayu ular untuk dikonsumsi. Kayu ular mengandung zat antioksidan, anti radang serta alkaloid yang dapat menjaga serta meningkatkan sistem imunitas sehingga tubuh tetap sehat.

8. Meremajakan Kulit

Senyawa dalam kayu ular akan mempercepat pembentukan sel-sel baru sehingga sel yang sudah kusam akan segera tergantikan. Cara pemakaiannya adalah dengan menggunakan daun kayu ular sebagai masker ataupun dicampurkan dengan sabun. Lakukan cara ini dengan rutin agar manfaat kayu ular dapat dirasakan.

BUAT KAMU:  Bawang Putih Tunggal Obat Kanker

9. Menghilangkan Jerawat

Jerawat muncul di kulit sebagai tanda adanya infeksi ringan. Zat anti peradangan pada kayu ular akan mengatasi hal ini dan mencegah bakteri pada kulit bertambah banyak. Karena kayu ini termasuk obat herbal, tentunya tidak akan menghilangkan jerawat dalam waktu yang cepat seperti obat-obatan kimia. Namun, cara ini tergolong aman untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan bebas jerawat.

Cara Mengolah Kayu Ular Untuk Membantu Jaga Kesehatan

Sudah memiliki semua bahan namun belum mengerti cara mengolah kayu ular untuk dikonsumsi? Jangan ketinggalan informasinya dengan membaca artikel berikut ini

Salah satu jenis kayu yang dipercaya memberikan manfaat bagi kesehatan adalah Kayu Ular. Produk ini biasa dimanfaatkan untuk menurunkan gula darah hingga meredakan masalah asam urat. Untuk mendapatkan produk pun tergolong mudah. Karena produk dijual bebas.

Namun masalahnya adalah banyak orang yang tidak mengerti cara mengolah kayu ular ini untuk layak dikonsumsi. Apakah Anda juga tidak mengetahui hal tersebut? Inilah informasinya,

3 Langkah dan Cara Mengolah Kayu Ular Agar Layak Konsumsi

Berikut ini langkah mudah agar kayu ular dapat dikonsumsi dan memberikan manfaat terbaik untuk tubuh. Penasaran? Temukan informasi lengkapnya, dengan membaca artikel berikut ini.

(a) Potong Kayu Dalam Bentuk Kecil

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memotong kayu yang memiliki ukuran besar. Buatlah kayu tersebut dalam ukuran kecil. Tidak perlu terlalu kecil, melainkan kayu dapat masuk dalam panci perebusan tanpa kesulitan. Begitu pula untuk proses pengeluarannya. Belahlah kayu tersebut menjadi empat bagian dan lanjutkan pada tahapan yang kedua.

BUAT KAMU:  Cara Membuat Susu Almond Enak, Ternyata Mudah Lho !

(b) Lakukan Perebusan

Berikutnya bersihkan sedikit kayu yang telah di potong dengan air bersih. Setelahnya, masukkan kayu ke dalam panci dan tambahkan air. Biasanya, gunakanlah ukuran air ukuran 500ml dan tunggu hingga air tersebut matang. Untuk melakukan perebusan, usahakan gunakan panci stainless ataupun gerabah.

manfaat minuman kayu ular
Sumber Img: https://onlinepapua.files.wordpress.com

 

Karena, kebanyakan orang berpendapat, panci ini dapat memberikan hasil yang maksimal. Tunggulah air mendidih dan segera masukkan dalam gelas saji.

(c) Konsumsi Air Rebusan

Inilah langkah terakhir yang harus Anda lakukan, yaitu mengonsumsi air rebusan tersebut. Konsumsilah air rebusan tersebut selagi hangat atau menunggu air telah dingin. Disarankan untuk mengonsumsi air selagi hangat agar lebih terasa nikmat. Cara mengolah kayu ular dengan metode rebusan sudah selesai hingga disini.

Namun, kayu ular jangan dibuang, karena kayu dapat digunakan hingga kayu tidak lagi pahit.

Kebanyakan orang telah mengonsumsi kayu ular dan merasakan manfaatnya. Asalkan cara mengolah kayu ular dilakukan dengan benar. Anda tidak akan merasakan efek samping, jika tidak nyaman dengan cara ini, carilah cara mengonsumsi lainnya.

Banyak sekali bukan manfaat kayu ular ini? Namun, penggunaan obat tradisional ini tetaplah harus dalam batasan. Penggunaan secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan, seperti kejang dan keracunan. Selamat mencoba dan terima kasih sudah membaca artikel ini. (Herbalis Ginanjar)

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *