Manfaat Daun Tapak Liman

12 Manfaat Daun Tapak Liman yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat Daun Tapak Liman – Nama latin daun ini adalah Elephantophus scaber Linn atau Elephantopi folium. Daun Tapak Liman banyak ditemukan di Asia. Tanaman ini digunakan sebagai obat herbal selama puluhan tahun untuk mengobati pasien disentri, diare dan penyakit umum lainnya.

Anda dapat mengenali tapak liman dengan bentuk daunnya yang oval. Warna daun bervariasi dari hijau gelap ke hijau abu – abu. Permukaan daunnya berbulu. Pembuluh darah di daun lebih menonjol di permukaan bawah dibandingkan dengan bagian atas daun. Batang kanan kaku yang bercabang dan bisa tumbuh hingga ketinggian 80cm.

Warna bunga dapat berubah dari putih menjadi ungu atau merah. Tanaman ini tidak berbau dan tanpa rasa. Tetapi rasanya akan pahit setelahnya memakan waktu lama.

Pemanfaatan Tradisional Daun Tapak Liman

Tapak liman digunakan secara tradisional untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu daun ini juga dimanfaatkan untuk meningkatkan gairah pria.

Daun tapak liman dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan. Tanaman ini juga disebut Java V1agr4. Hal ini karena tapak liman mengandung stigmaterol yang dapat meningkatkan hormon progesteron, sirkulasi darah, dan gairah pria.

HARUS BACA:  5 Cara Mengkonsumsi Daun Sambung Nyawa yang Praktis

Liman biasanya digunakan untuk pengobatan air minum dengan cara hasil dari rebusan. Hebatnya lagi dari akar, daun dan batang dapat membantu mengatasi penyakit. Sebenarnya, tanaman ini sudah digunakan sebagai obat sejak lama oleh para farmakolog di Cina.

Kandungan Nutrisi Liman

Lalu apa saja isi daun liman ini? Daunnya ternyata memiliki banyak senyawa seperti:

Lupeol

Epifieelinol

Tricontan-I-ol

Stiqmasterol

Deocyelaphontopin

Isodeozyelephatopin

Daun Tapak Liman mengandung senyawa stigmasterol, decoyelaphontopin, lupeol, epifieelinol, tricontan-1-ol, dan decocyelaphontopin. Tanaman ini juga mengandung sejumlah garam dan mineral terutama Ca, Mg, seng dan zat besi. Selain itu silikon, klorin, kalium, juga ditemukan dalam daun. Jejak aluminium dan titanium ditemukan di akar dan beberapa mineral langka di bagian lain juga ditemukan.

Mineral-mineral, garam – garam, dan senyawa-senyawa ini memberikan kekuatan penyembuhannya terhadap banyak penyakit. Tapak liman bisa berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Juga berfungsi digunakan sebagai anti racun.

Daun tapak liman dapat menurunkan kadar gula darah dan juga membantu pasien kanker dengan membunuh sel kanker. Liman bersifat diuretik dan anti oksidan. Ini juga dapat digunakan sebagai anti septik atau untuk membunuh cacing.

HARUS BACA:  Pengertian Flavonoid Beserta Jenis dan Manfaatnya (Lengkap)

Manfaat Daun Tapak Liman bagi Kesehatan

Manfaat Daun Tapak Liman
Manfaat Daun Tapak Liman

Berikut di bawah ini adalah kumpulan khasiat dari daun tapak liman dan pembahasannya:

#1 Mengatasi Radangan:

Kita dapat melakuka pengobatan peradangan dengan tanaman Tapak Liman. Caranya yaitu rebus daun tanaman liman dalam air. Setelah itu saring dan minum untuk mengobati peradangan.

#2 Mengatasi Anemia:

Kita juga bisa melakka pengobatan anemia dengan Liman. Ambil daun tapak liman, lalu cuci dan tumbuk daun. Setelah itu tambahkan air dan rebus daun. Tambahkan kuning telur dan madu. Minumlah setiap hari selama seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

#3 Mengatasi Hepatitis

Anda juga bisa menggunakan ramuan daun tapak liman untuk mengobati hepatitis.

#4 Mempercepat Penyembuhan Cacar Air

Cacar air bisa disembuhkan dengan meminum ramuan daun tapak liman dengan jahe, asam jawa, gula merah dan jahe.

#5 Meredakan Nyeri Haid dan pendarahan

Nyeri haid dan kelebihan pendarahan dapat disembuhkan oleh tanaman Tapak Liman. Anda dapat mengambil segenggam daun liman, jahe, gula merah, asam jawa, kunyit dan mengkombinasikannya ke 4 cangkir air. Rebus hingga menjadi 2 cangkir. Minum ramuan itu tiga cangkir sehari.

HARUS BACA:  Ini 4 Efek Samping Bawang Putih Tunggal & Cara Mengatasinya

#6 Mengurangi Keputihan

Daun tapak liman juga dapat dimanfaatkan mengurangi keputihan. Ambil tanaman Liman segar dan cucilah. Potong kecil-kecil. Juga mengambil satu sebagainya daun genggam Bitter dan Triwulan Meniran genggam, kunyit dan 3 daun sirih.

Tambahkan semuanya ke 4 cangkir air. Rebus hingga menjadi setengahnya. Saring dan minum tiga kali sehari. Setiap dosis terdiri dari setengah gelas ramuan.

Kesimpulan Manfaat Daun Tapak

Tanaman ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Selain masalah kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, berikut adalah daftar manfaat dari daun tapak liman:

  1. Mengobati Peradangan
  2. Anemia (anemia)
  3. Atasi Hepatitis
  4. Cacar air
  5. Obati nyeri haid
  6. Kurangi keputihan
  7. Mengobati amandel
  8. Kembung
  9. Beri-beri
  10. Batuk
  11. Gigitan ular
  12. Mempercepat proses kehamilan

Seperti itulah pembahasan kita tentang manfaat daun tapak liman. Semoga bisa bermanfaat.

Sumber info manfaat daun tapak liman:

  1. indonesianplants.blogspot.co.id/2016/01/7-benefits-tapak-liman-leaf-for-health.html
  2. hijamateam.com/daun-tapak-liman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *