manfaat daun sirsak bagi kesehatan dan cara pengolahannya

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Perlu Anda Ketahui

Kita akan bahas Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya – Kerana Seluruh bagiannya dapat kita gunakan untuk mendukung aktifitas kita. Buah sirsak dapat kita konsumsi sebagai hidangan penutup setelah makan pete atau jengkol misalnya, kemudian batangnya dapat kita gunakan juga sebagai kayu untuk membuat kandang hewan ternak kita, setelah itu daunnya juga bisa digunakan dan dikonsumsi oleh hewan ternak yang anda punya.

Selain sebagai pakan hewan ternak, daun sirsak ini memiliki manfaat daun sirsak bagi kesehatan manusia. Manfaatnya sangat beragam mulai dari dapat mengatasi diabetes, darah tinggi, kolesterol, kista, sampai dengan kanker. Penyakit ganas seperti kanker dan kista memang dapat disembuhkan oleh daun sirsak ini.

A. Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Peneliti – peneliti dari berbagai di belahan dunia ini juga telah mengungkapkan bahwa manfaat daun sirsak bagi kesehatan ini mampu membunuh sel – sel kanker yang ada di tubuh manusia. Penelitian ini dilakukan dan disampaikan oleh Clery Salazar pada tahun 1951. Beliau adalah seorang peneliti yang berasal dari Puerto Rico. Kemudian penelitian dari Clery Salazar ini juga dilanjutkan oleh National Cancer Institute pada tahun 1976 yang bertempat di Amerika.

Kemudian di tahun 1955, dari Indonesia juga melakukan penelitian tentang manfaat dari daun sirsak ini. Penelitian ini dilakukan oleh Sulaksono Sastrodiharjo dari fakultas biologi ITB dan dibantu oleh Dr. Jerry Mc Laughin. Mereka berdua menemukan ada senyawa – senyawa di dalam daun sirsak yang dapat melawan sekitar 12 macam kanker, senyawa tersebut terdiri dari Anopentosin A, Anopentosin B, Anopentosin C, Acetoginin, Murikatosin Acetoginin A, Murikapetosin B, Murikapetosin, Anomusirin E. Kemudian di tahun 1999, penelitian mengenai daun sirsak ini dilanjutkan oleh Chatolic University Korea Selatan yang menemukan bahwa di dalam daun sirsak ini terdapat salah satu unsur kimia yang bernama Graviola.

HARUS BACA:  Bagaimana Aturan Minum Daun Sirsak Untuk Kista? Temukan Ulasannya Disini
Manfaat daun sirsak untuk kista ovarium
Manfaat daun sirsak untuk kista ovarium

Unsur kimia Graviola ini memiliki kemampuan dalam menghancurkan serta membedakan sel kanker pada usus besar yang 10.000 lebih kuat dari proses kemoterapi.

B. Daftar Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan cara pengolahannya

 

manfaat daun sirsak bagi kesehatan dan cara pengolahannya
manfaat daun sirsak bagi kesehatan dan cara pengolahannya

1. Pengobatan Kanker

Daun sirsak bisa menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif. Penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki kandungan aktif yang 10000 kali lebih kuat daripada kemoterapi dalam melawan sel kanker.

Untuk perawatan, rebus 10 daun sirsak dalam 3 gelas air sampai hanya tersisa satu cangkir air, saring dan dinginkan dan minumlah ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu untuk mengetahui perbaikan kondisi.

2. Pengobatan Asam Urat

Mengonsumsi daun sirsak bisa sangat membantu dalam mengobati asam urat. Banyak alternatif obat menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat. Untuk tujuan ini, ambil 6 sampai 10 daun sirsak yang sudah tua tapi tetap hijau dan bersihkan. Rebus daunnya dalam 2 gelas air dan biarkan mendidih sampai satu cangkir air tetap ada. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari untuk manfaat maksimal.

3. Pengobatan Nyeri Punggung

Daun sirsak adalah obat herbal yang efektif untuk mengobati sakit punggung tanpa efek negatif. Anda bisa merebus 20 buah daun sirsak dalam 5 gelas air sampai hanya 3 gelas air yang tersisa. Minum ¾ cangkir ramuan ini sekali dalam sehari untuk menghilangkannya.

HARUS BACA:  Ini dia 3 Manfaat Daun Sirsak Untuk Benjolan Di Tubuh

4. Pengobatan Eksim dan Rematik

Penyakit rematik umumnya diamati pada orang lanjut usia, menyebabkan rasa sakit yang hebat. Daun sirsak adalah pengobatan alami untuk nyeri artritis. Untuk tujuan ini, masyak daun sirsak sampai menjadi halus dan oleskan pada area tubuh yang terkena rasa sakit akibat artritis dan eksim, secara teratur dua kali sehari.

5. Pengobatan Diabetes

Nutrisi pada daun sirsak diyakini dapat menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi diabetes alami. Semua ini membuat daun ini bermanfaat bagi penderita diabetes.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Mencegah Infeksi

Kandungan nutrisi daun sirsak diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi pada tubuh. Rebus 4/5 sirsak daun dalam 4 cangkir air sampai satu cangkir air tetap dan minumlah ramuan ini secara teratur satu kali dalam sehari untuk hasil yang bermanfaat.

7. Manfaat Kesehatan Daun Sirsak Lainnya

Selain manfaat yang disebutkan di atas, daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor. Sifat penyembuhannya membuatnya bisa digunakan sebagai obat anti-kejang.

Daun sirsak juga mampu mengurangi demam dan menurunkan tekanan darah tinggi. Bisa membantu mengobati peradangan dan kaki bengkak. Juga membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Konsumsi daun sirsak secara teratur membantu dalam meningkatkan stamina dan memudahkan pemulihan penyakit dengan cepat.

HARUS BACA:  6 Manfaat Teh Daun Sirsak Menakjubkan Berdasar Penelitian

C. Cara Pengolahan Daun Sirsak Lainnya

Cara Minum Rebusan Daun Sirsak yang Benar
Cara Minum Rebusan Daun Sirsak yang Benar

Setelah kita mengetahui manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang begitu luar biasa tadi, anda pasti masih bertanya – tanyakan ? Bagaimana sih cara pengolahan daun sirsak ini supaya bisa dikonsumsi ? Oke, baiklah kita akan bahas langsung saja yaa. Simak informasinya berikut ini :

Cara pengolahan daun sirsak ini sangatlah mudah untuk anda lakukan dan saya rasa hampir semua orang bisa melakukannya. Ada 2 cara pengolahan daun sirsak yang dapat kamu gunakan yaitu dengan cara merebus daun sirsak tersebut atau mengubahnya menjadi teh.

1. Cara Pengolahan Daun Sirsak dengan Cara Merebus

  1. Sediakan 10 helai daun sirsak, kemudian cuci dengan bersih.
  2. Rebus 10 helai daun sirsak tadi dengan menambahkan 3 gelas air
  3. Tunggu rebusan daun sirsak tadi sampai mendidih dan sisakan setengah dari hasil rebusan
  4. Setelah mendidih, saring rebusan air tadi dan tunggu hingga dingin
  5. Rebusan daun sirsak siap untuk dikonsumsi

2. Cara Pengolahan Daun Sirsak dengan Diolah Menjadi Teh

  1. Jemur 5 – 7 helai daun sirsak di bawah sinar matahari
  2. Siapkan air 500 mL dan rebus daun sirsak yang telah kering tadi
  3. Saring air yang telah bercampur dengan daun sirsak yang telah kering
  4. Teh daun sirsak telah siap untuk diminum
zams herbalis

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *