manfaat cokelat untuk kecantikan wajah

Bukan Hanya Lezat Dikonsumsi, Ini Manfaat Cokelat Untuk Kecantikan

Padahal Manfaat cokelat untuk kecantikan cukup menggiurkan. Tapi sepertinya hanya segelintir orang saja yang tahu manfaat tersebut. Kalau begitu berikut kami sajikan.

Manfaat Cokelat untuk Kecantikan

Hampir semua orang menyukai cokelat karena rasanya yang lezat. Jadi, tidak mengherankan jika kuliner berbahan dasar cokelat selalu laris di pasaran. Disamping lezat untuk dikonsumsi, ternyata cokelat juga memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat untuk kecantikan. Nah, apakah Anda sudah pernah menggunakan produk scrub, lotion maupun masker berbahan dasar cokelat? Jika belum, maka Anda tentu sangat tidak update informasi sekali. Ya, di zaman modern ini banyak produk kosmetik yang menggunakan cokelat sebagai bahan dasarnya. Lalu, manfaat apa sajakah yang dapat diberikan cokelat untuk kecantikan?

Khasiat Cokelat Untuk Kecantikan

1. Kaya akan antioksidan

Semakin gelap warna cokelat, maka itu tandanya banyak mengandung anti oksidan. Senyawa ini tentu sangat baik bagi kesehatan wajah Anda. Antioksidan dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru, mengatasi masalah penuaan dan kerusakan pada kulit akibat radikal bebas.

2. Mengencangkan kulit

Salah satu senyawa yang terkandung dalam buah cokelat adalah kafein. Senyawa kafein ini berfungsi untuk melancarkan peredaran (sirkulasi) darah. Jadi, konsumsi cokelat dapat menyegarkan sel-sel kulit, mengurangi proses penuaan, dan mengencangkan kulit.

3. Menghilangkan selulit

Manfaat cokelat untuk kecantikan lainnya adalah mampu menghilangkan selulit. Khasiat ini tidak terlepas dari kandungan senyawa theobromine yang terdapat pada buah cokelat. Komponen inilah yang mampu untuk membakar lemak serta menghilangkan selulit pada wajah Anda.

BUAT KAMU:  Jual Superfood Berbagai Jenis dengan Harga Murah

4. Melembabkan kulit

Buah cokelat mengandung minyak alami dan senyawa emollient dengan kadar yang tinggi. Kedua senyawa ini dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah Anda. Jadi, pemakaian cokelat sebagai cream wajah dapat mengatasi kulit kering, kasar dan mengelupas.

5. Melembutkan bibir

Kini, berbagai produsen kosmetik telah berinovasi dengan menciptakan lip balm berbahan dasar cokelat. Produk kosmetik jenis ini berkhasiat untuk mengatasi masalah bibir kasar dan pecah-pecah karena cuaca yang ekstrem. Selain menggunakan lip balm, terdapat alternatif produk lain yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit tersebut, yaitu cocoa butter.

6. Melindungi kulit

Konsumsi cokelat secara rutin selama 12 minggu ternyata dapat bermafaat bagi kecantikan wajah Anda. Manfaat cokelat untuk kecantikan yang dimaksud adalah menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya terbakar ketika terpapar oleh sinar matahari. Kondisi ini dikarenakan cokelat dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit bagian luar, sehingga kulit menyerap oksigen lebih banyak dan menutrisinya. Nutrisi pada cokelat ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari resiko dehidrasi dan terbakar.

7. Mengurangi inflamasi

Cocoa butter adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah kulit seperti ruam, eksim dan psoriasis. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, maka cocoa butter dapat digunakan rutin setiap hari. Kandungan antioksidan dan lemak dalam cokelat dapat berkhasiat untuk meredakan peradangan atau inflamasi kulit pada wajah.

BUAT KAMU:  9 Manfaat Kayu Ular untuk Berbagai Penyakit & Cara Mengolahnya

8. Menghilangkan stretch marks

Mentega cokelat adalah solusi yang efektif untuk mengatasi masalah stretch marks pada bagian perut. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa antioksidan dan vitamin E yang membantu menghilangkan garis-garis halus atau stretch marks pada kulit. Dengan demikian, cokelat tentu sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi para wanita yang baru saja mengalami proses persalinan

Ternyata banyak sekali Manfaat cokelat untuk kecantikan disamping kelezatannya sebagai bahan dasar makanan. Nah, berbagai informasi mengenai khasiat cokelat untuk kecantikan tersebut tentu membuat Anda ingin segera mengkonsumsinya secara rutin. Namun, menurut hasil penelitian khasiat cokelat untuk kecantikan wajah akan benar-benar optimal jika Anda mengkonsumsinya sebanyak 50-85 gram setiap minggu. Jadi, Anda harus mengkonsumsi sebatang cokelat setiap hari untuk menjaga atau bahkan meningkatkan kecantikan wajah.

manfaat cokelat untuk wajah
manfaat cokelat untuk wajah

Manfaat Cokelat untuk Wajah Berjerawat

Telah kita bahas di atas manfaat cokelat untuk kecantikan secara umum. Lalu bagaimana khasiat cokelat untuk wajah. Ternyata cokelat bisa dimanfaatkan untuk wajah yang berjerawat.

Manfaat cokelat untuk jerawat di dapat bukan dengan dikonsumsi secara langsun. Akan tetapi cokelat dijadikan masker. Penggunaan cokelat seperti ini telah dikenal banyak orang. Selain itu banyak salon kecantikan yang sudah menjadikan cokelat sebagai bagian perawatan utama di salon milik mereka.

Cokelat bermanfaat buat wajah berjerawat dikarenakan punya sifat antioksidan dan kandungan catechin yang dapat melindungi kulit dari dampak jelek radikal bebas. Selain itu, karena sifat dan kandungan tersebut juga, cokelat dapat mengurangi iritasi dari jerawat, dan menyamarkan bekas jerawat.

BUAT KAMU:  Jual Quinoa: Superfood-nya Astronot NASA

Menggunakan masker cokelat secara rutin bisa menyamarkan kekusaman kulit, mengencangkan kulit, noda hitam, dan melembabkan kulit wajah, dan mengurangi minyak berlebih.

Cara Menggunakan Masker Cokelat

Berikut adalah langkah menggunakan masker cokelat untuk kecantikan

Pertama siapkan cokelat tawar atau dark chocolae secukupnya. Siapkan juga 3 sendok oatmeals (sesuaikan dengan jumlah cokelat.

Lalu kombinasi kedua bahan tersebut jadi satu, supaya dapat terbentuk pasta. Lanjutkan dengan cara menambahkan sedikit air putih matang lalu adk kedua bahan itu sampai campurannya merata.

Sebelum memakai masker itu, bersihkan dahlu bagian wajah Anda (bisa dengan air hangat). Ini ditujukan supaya pori wajah bersih dari kotoran dan bisa mendapatkan nutrisi dari cokelat.

Pakailah masker dengan mengoleskannya ke wajah sedikit-sedikit. Lakukan sembari mengoleskan dengan pijatan lembut yang memutar.

Biarkan masker tersebut meresap ke wajah secara optimal. Kurang lebih hal tersebut berjalan selama 1 jam. Setelah dirasa cukup, bilah wajah dengan air sampai bersih.

Seperti itulah cara mendapatkan manfaat kecantikan dari cokelat. Semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua.

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *