Manfaat Bunga Kitolod

Beberapa Manfaat Bunga Kitolod untuk Kesehatan Anda

Kesederhanaan tampilan bunga kitolod ini memiliki segudang manfaat untuk yang mengonsumsinya. Ketahui beberapa manfaat bunga kitolod lewat artikel di bawah ini.

Bunga kitolod merupakan bunga yang dapat dijumpai di pinggir sungai, sekitar danau, dan tempat lain yang mudah dijangkau oleh manusia. Bunga dengan nama latin Isotoma Longiflora ini berhabitat di área dataran rendah dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl. Selain mudah dicari, manfaat bunga kitolod sangat berkhasiat mulai dari menyembuhkan iritasi mata, sakit gigi, hingga asma.

Manfaat Bunga Kitolod dan Penggunaannya

Nama bunga kitolod memang terdengar asing di telinga banyak orang. Namun, manfaat bunganya tidak dapat dielak. Manfaat bunga kitolod didapat dari kandungan saponin, alkaloid, polifenol, lobelin, dan isotomin yang terdapat di dalamnya. Alkaloid dikenal dapat memerangi sel kanker yang berkembang di dalam tubuh. Sedangkan polifenol sendiri dapat meredakan peradangan yang terjadi.

1. Radang tenggorokan

Manfaat bunga kitolod yang pertama adalah dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Kondisi yang membuat Anda tidak nyaman ketika berbicara bahkan meminum ini dapat disembuhkan dengan racikan obat dari bunga kitolod. Caranya, ambil 2-3 daun bunga kitolod. Kemudian, cuci hingga bersih. Setelah itu, Anda dapat merebus bunga kitolod dengan jangka waktu sekitar 5-10 menit. Setelah 5-10 menit berlalu, saring air rebusan daun kitolod, tuangkan ke gelas, dan minum hingga 2 kali sehari.

BUAT KAMU:  7 Manfaat Tanaman Kitolod bagi Tubuh Manusia

2. Obat mata

Bunga kitolod paling terkenal dengan penyembuhannya untuk mata. Bahkan, kitolod dapat membantu memulihkan fokus retina dengan pengolahan dan pemakaian yang tepat.

Manfaat Bunga Kitolod
Beberapa Manfaat Bunga Kitolod untuk Anda

Adapun untuk obat mata sendiri, daun kitolod yang telah mekar diambil hingga ke pangkal tangkai bunganya. Ambil kurang lebih 2-3 bunga. Setelah itu, cuci bersih bunga dan rendam bunga sekitar 5-10 menit. Teteskan air sebanyak 2-3 tetes ke mata Anda melalui ujung tangkai bunga. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

3. Sakit gigi

Manfaat bunga kitolod yang lainnya adalah bahwa faktanya, bunga kitolod dapat menjadi solusi untuk mengobati rasa sakit yang ada di gigi. Caranya adalah tumbuk halus 3 lembar daun kitolod. Kemudian, letakkan hasil tumbukan tersebut di gigi yang berlubang. Perlu diingat bahwa daun kitolod hanya akan meringankan rasa sakit yang ada pada gigi, bukan untuk menghilangkan rasa sakit secara permanen. Untuk menghilangkan rasa sakit di gigi secara permanen, Anda perlu pergi ke dokter gigi.

4. Kanker

Banyaknya obat herbal khusus kanker yang mencampurkan ekstrak daun kitolod ke komposisi obatnya memang dengan alasan bahwa zat yang terkandung dalam bunga dan daun kitolod memiliki kekuatan melawan sel kanker. Anda juga dapat membuat obat herbal manual Anda, caranya, ambil daun kitolod sebanyak 3 lembar. Hindari untuk mengambil bersama pangkal batang. Rebus dengan 5 gelas air, dan biarkan menyusut sehingga menjadi 1 gelas air. Minum 1 kali sehari secara konsisten.

BUAT KAMU:  Ciri dan Lokasi Dimana Bunga Kitolod Tumbuh dengan Bebas

5. Asma

Penyakit selanjutnya yang dapat diobati dengan bunga dan daun kitolod adalah penyakit asma. Seperti yang kita tahu, asma butuh sekali penanganan yang tepat karena sekali Anda memiliki asma, asma akan muncul secara tidak terduga. Adapun penyembuhan asma dengan daun kitolod apat dilakukan dengan merebus 2-3 daun kitolod yang telah dicuci. Setelah itu, saring air hasil rebusan daun kitolod dan minum 2 kali sehari secara berkala.

Itulah beberapa manfaat bunga kitolod bagi Anda. Adapun kegunaan lain bunga kitolod sebagai obat adalah dapat menyembuhkan katarak secara perlahan, dapat dijadikan sebagai antiobiotik luka, membersihkan gusi dan gigi dari kotoran, dan sebagainya. Anda hanya perlu berhati-hati dan memerhatikan dosis agar takarannya pas, sesuai dengan yang telah ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *