cara membuat air lemon hangat

6+ Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tahukah anda bahwa terdapat banyak manfaat buah lemon untuk kesehatan? Si kuning ini telah lama menjadi primadona karena kegunaannya yang bervariasi. Rasa asam yang khas membuat lemon kerap kali menjadi bahan utama pada hidangan pencuci mulut yang segar. Selain itu kandungan vitamin, fosfor, potassium kalium, dan lain sebagainya sangat berguna bagi kesehatan.

Enam Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pada praktiknya, terdapat banyak cara dan metod pengolahan buah lemon. Namun, cara yang paling efektif untuk mendapatkan manfaat buah lemon untuk kesehatan adalah dengan meminum perasan air lemon murni setiap hari. Dari segi kecantikan, olahan lemon pun dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan air perasaannya sebagai masker wajah.

khasiat jeruk lemon dan madu
khasiat jeruk lemon dan madu

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas pemanfaatan buah lemon untuk kecantikan dan kesehatan.

(1) Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang menjalani program diet, jangan lewatkan untuk mengonsumsi buah lemon setiap harinya. Buah lemon kaya akan kandungan Polifenol yang mampu mengurangi nafsu makan berlebih dan mencegah naiknya berat badan. Selain itu, kandungan air pada buah lemon membuat tubuh kita menjadi terhidrasi dengan baik sehingga badan terasa lebih segar dan perut tidak cepat lapar. Caranya adalah dengan meminum segelas air perasan jeruk lemon setiap pagi.

BUAT KAMU:  20+ Khasiat Jeruk Lemon dan Madu yang Rahasia

(2) Meningkatkan Kerja dan Fungsi Hati

Manfaat buah lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu kerja hati dalam menyaring racun. Hati adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Melalui berbagai riset dan studi, kandungan flavonoid pada lemon mampu mengurangi kandungan lemak pada hati serta melindungi organ tersebut dari berbagai racun. Meskipun klaim “detoksifikasi” tidak terbukti benar, namun lemon dapat membuat kerja hati menjadi lebih maksimal.

(3) Menghilangkan Jerawat pada Wajah

Dari segi kecantikan, buah lemon mampu mengatasi jerawat yang terdapat pada wajah. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu untuk mengiris buah lemon dan menggosoknya secara perlahan pada wajah anda. Diamkan selama sepuluh menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga jerawat berkurang. Akan tetapi, apabila kulit terasa panas dan terbakar sebaiknya hentikan perawatan ini karena kulit Anda termasuk sensitif dengan kandungan lemon.

(4) Membasmi Ketombe

Tentu tidak nyaman rasanya memiliki ketombe di kulit kepala Anda. Untuk menghilangkan ketombe, anda bisa memeras sebuah lemon dan menggunakan airnya sebagai masker rambut. Diamkan selama sepuluh menit lalu bilas dengan air. Manfaat buah lemon untuk kesehatan kulit kepala ini diprakarsai oleh kandungan anti bakteri buah tersebut.

(5) Mengurangi Komedo

Selain jerawat, lemon juga dikenal sebagai penghilang komedo yang ampuh. Kandungan nitrat pada lemon mampu mengurangi laju produksi minyak berlebih pada wajah sehingga kemunculan komedo hitam maupun putih dapat dihindari. Gunakan masker wajah dari air lemon murni pada area yang diinginkan secara rutin. Apabila Anda tekun, bukan tidak mungkin wajah Anda terbebas dari komedo dan menjadi berseri.

BUAT KAMU:  4 Manfaat Jeruk Lemon untuk Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

(6) Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

khasiat jeruk lemon dan madu
khasiat jeruk lemon dan madu

Buah lemon diketahui dapat mengobati sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Hal ini dikarenakan lemon dapat menstimulasi organ hati untuk memproduksi cairan empedu yang bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan dan pergerakan makanan pada perut.

Demikian berbagai manfaat buah lemon untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat dan mampu menginspirasi Anda semua agar memaksimalkan penggunaan bahan alami untuk tubuh kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *