Manfaat Akar Kelor

Inilah 7 Manfaat Akar Kelor yang Harus Kamu Tahu

Tumbuhan Kelor atau yang disebut dengan nama ilmiah Moringa Oleifera merupakah salah satu tanaman yang sering dijumpai di daerah tropis. Selain nama kelor, tumbuhan ini juga dikenal dengan sebutan Merungi. Merungi sudah sejak lama dikenal sebagai tumbuhan yang bermanfaat dan salah satu bagian yang sering dibicarakan adalah daunnya.

Daun kelor memang sudah sejak lama mampu membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari menghilangkan jerawat sampai mencegah kanker usus. Akan tetapi, ada bagian tumbuhan kelor yang belum banyak disinggung, yakni akar kelor. Apa manfaat akar kelor sehingga patut untuk dibicarakan? Pada kesempatan kali ini Anda akan mengetahuinya beberapa diantaranhya.

Sejarah Pemanfaatan Akar Kelor

Akar kelor digunakan oleh orang-orang Roma, Yunani, dan Mesir kuno untuk sifat-sifat terapeutiknya. Akar kelor memiliki jumlah gizi yang lebih tinggi daripada biji dan daun, tetapi juga mengandung beberapa senyawa alkaloid dan fitokimia yang merupakan racun kuat. Dikonsumsi dalam jumlah yang cukup besar salah satu racun dapat melumpuhkan sistem saraf, dan menyebabkan kematian.

BUAT KAMU:  38 Manfaat Ekstrak Daun Kelor bagi Kesehatan

khasiat rebusan daun sirsak dan daun salam

Jadi, kami berpikir bahwa lebih bijaksana menggunakan manfaat akar kelor sebagai obat daripada sebagai makanan. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan akar sebagai makanan, keluarkan kulit kayu dari akarnya, karena itu beracun.

Di beberapa daerah pedesaan dan kesukuan di provinsi Bengal Barat di India, akar tersebut diambil oleh perempuan sebagai kontrasepsi permanen. Telah ditunjukkan untuk menonaktifkan atau menekan sistem reproduksi.

Manfaat akar kelor dikenal karena sifat antibiotik mereka. Sehingga, sering digunakan untuk mengobati berbagai kondisi dan penyakit seperti Asma, Peredaran Darah / Gangguan Endokrin, Gangguan Pencernaan, Gastritis, Peradangan, Rematik, Gangguan Syaraf, Kesehatan Reproduksi, Gangguan Kulit.

Inilah 7 Manfaat Akar Kelor

Manfaat Akar Kelor
Manfaat Akar Kelor

Manfaat akar kelor tersebar untuk berbagai keperluan, mulai dari untuk urusan ringan sampai berat. Mari kita mulai dari permasalahan yang ringan.

1. Mencegah dan Mengobati Batuk dan Flu

Untuk urusan yang ringan, akar kelor dapat dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati batuk serta menjaga diri dari serangan flu. Hal ini disebabkan oleh kandungannya yang mampu menjaga daya tahan tubuh dan menjaga diri kita dari virus. Termasuk dalam urusan dahak, akar kelor dapat meluruhkan dahak secara signifikan.

BUAT KAMU:  12+ Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan & Kecantikan (Harus Tahu)

2. Meluruhkan Air Seni dan Melancarkan Haid

Selain meluruhkan dahak, akar kelor juga dikenal dapat meluruhkan air seni dan membantu melancarkan haid. Meski nampak sederhana, ternyata manfaatnya sangat penting bagi kita di kehidupan sehari-hari.

3. Menenangkan Epilepsi dan Mencegah Kejang-kejang

Manfaat selanjutnya berhubungan dengan epilepsi dan kejang. Ternyata akar kelor memiliki khasiat untuk menenangkan penderita epilepsi dan mencegah terjadinya kejang-kejang.

4. Membantu Mengatasi Gonorrhoea, Dierektikum, Antiskorbut dan Reumatik

Bahkan selain epilepsi, akar kelor juga mampu mengatasi penyakit lain berikut ini gonorrhoea, dieretikum, antiskorbut hingga reumatik. Khusus untuk rematik, penyakit ini sebenarnya adalah yang paling sering dikaitkan dengan manfaat akar kelor. Kandungan pada akar ini juga memberikan pengaruh pada sendi dan bagian tubuh yang mengalami rematik.

5. Mengatasi Permasalahan Pegal dan Lelah Otot

Berbicara tentang sendi, akar kelor juga mengatasi pada permasalahan pegal dan lelah otot. Ini biasa terjadi pada tubuh yang sering diforsir untuk aktivitas yang berat sepanjang hari.

6. Membantu Mengatasi Penyakit Jantung

Lalu bagaimana untuk penyakit yang lebih berat, apakah akar kelor juga sebermanfaat daunya? Tentu saja. Manfaat akar kelor yang bisa dikatakan paling vital adalah pada bagian ini, yakni mampu membantu mengatasi penyakit jantung. Jantung merupakan organ tubuh yang paling penting dan banyak kematian yang diakibatkan dari serangan jantung. Maka untuk mencegah bahkan mengobatinya, Anda bisa memanfaatkan akar kelor.

BUAT KAMU:  5 Resep Sayur Daun Kelor Lezat nan Berkhasiat

7. Membantu Memelihara Kesehatan Ginjal

Selain jantung yang akan lebih sehat, ginjal Anda pun juga akan mendapatkan manfaat. Ya, akar tumbuhan ini juga memberikan manfaat pada bagian ginjal yang tak kalah penting bagi tubuh.

Demikian sekilas tentang manfaat akar dari tumbuhan kelor yang mungkin belum banyak diketahui karena popularitas daun kelor. Anda bisa memanfaatkannya untuk upaya pencegahan dari berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *