Manfaat Air Jeruk Lemon

7+ Manfaat Air Jeruk Lemon yang Terbukti

Manfaat Air Jeruk Lemon – Banyak bukti yang mendukung manfaat air jeruk lemon bagi kesehatan. Di situs ini kita telah membahas banyak tentang lemon.

Penelitian ilmiah telah dilakukan untuk mengetahui khasiat air jeruk lemon pada kesehatan secara keseluruhan. Walaupun ada juga beberapa penelitian yang meneliti manfaat lemon dan air secara terpisah. Tapi, di artikel kali ini kita akan membahas gabungan khasiat air dan lemon.

Manfaat Air Jeruk Lemon yang Menakjubkan

Air jeruk lemon memang ajaib. Hanya dengan menambahkan perasan atau jus lemon ke air murni, maka nutrisinya menjadi sekian kali lipat. Berikut kita akan bahas khasiat air jeruk lemon.

1. Menjaga Kadar Air Dalam Tubuh (Hidrasi)

Hidrasi berperan amat penting dalam menjaga kesehatan seseorang. Karena sebagian besar dari darah dan sel kita adalah terbentuk dari air. Tetapi tak semua orang menyukai rasa air murni. Menambahkan jeruk lemon meningkatkan cita rasa air, yang dapat membantu Anda minum lebih banyak.

Menurut Food and Nutrition Board , asupan referensi makanan untuk air adalah 91 hingga 125 ons. Ini termasuk air dari makanan dan minuman.

2. Sumber Vitamin C yang Bagus

Buah jeruk seperti lemon kaya vitamin C, yang merupakan antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari radikal bebas yang merusak. Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, serta menurunkan tekanan darah.

BUAT KAMU:  8 Manfaat Minum Air Lemon setiap Pagi (Sayang Dilewatkan)

Penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Stroke menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin C rendah, terutama pria gemuk dengan tekanan darah tinggi, memiliki risiko stroke yang lebih tinggi. Vitamin C juga dapat membantu mencegah atau membatasi durasi flu pada beberapa orang, meskipun penelitian bertentangan.

Sementara jeruk lemon tidak termasuk dalam daftar buah jeruk yang kaya vitamin C, mereka tetap merupakan sumber yang baik. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat , 1/4 cangkir air jeruk lemon mentah menyediakan sekitar 23,6 gram vitamin C. Itu lebih dari 30 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA).

3. Mempercantik Kualitas Kulit Anda.

Vitamin C yang ditemukan dalam jeruk lemon dapat membantu mengurangi kerutan pada kulit. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Society for Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki risiko lebih sedikit untuk kulit keriput dan kering.

efek samping lemon untuk wajah

Bagaimana air meningkatkan kulit menjadi kontroversi, tetapi ada satu hal yang pasti. Jika kulit Anda kehilangan kelembaban, maka akan menjadi kering dan rawan keriput.

Apakah lebih baik menerapkan pelembab ke kulit atau minum lebih banyak air tidak jelas, tetapi UW Health merekomendasikan minum setidaknya delapan gelas air setiap hari untuk tetap terhidrasi dan membersihkan kulit dari racun.

BUAT KAMU:  4 Manfaat Jeruk Lemon untuk Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Mengkonsumsi kombinasi air dan lemon secara rutin akan sangat berkhasiat menjaga kualitas kulit Anda.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition, menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan di jeruk lemon, secara signifikan mengurangi kenaikan berat badan yang disebabkan oleh diet tinggi lemak pada tikus. Selain itu, resistensi insulin meningkat.

Sementara hasil yang sama perlu dibuktikan pada manusia, bukti anekdotal kuat bahwa air jeruk lemon mendukung penurunan berat badan. Memang perlu diteliti lebih dalam apakah penurunan badan disebabkan “kenyang air” atau memang karena lemon.

Selain itu, di artikel lainnya, kita telah tahu bahwa Vitamin C dapat meningkatkan metabolisme, yang berarti lebih banyak kalori akan dibakar.

5. Mendukung Sistem Pencernaan

Beberapa orang minum air jeruk sebagai obat pencahar setiap pagi untuk membantu mencegah sembelit . Minum air jeruk hangat atau panas saat bangun tidur dapat membantu sistem pencernaan Anda bergerak. Ini karena lemon dapat merangsang gerakan peristaltik pada pencernaan.

Manfaat Air Jeruk Lemon
Manfaat Air Jeruk Lemon

Pengobatan ayurveda (tradisional India) percaya rasa asam jeruk lemon membantu menstimulasi “agni” Anda. Dalam Ayurveda, agni yang kuat dapat melancarkan sistem pencernaan, memungkinkan Anda mencerna makanan dengan mudah dan membantu mencegah penumpukan racun.

6. Menyegarkan nafas

Pernahkah Anda menggosokkan jeruk lemon di tangan Anda untuk menghilangkan bau menyengat? dengan tujuan untuk menetralisir bau.

BUAT KAMU:  5 Cara Mengecilkan Perut dengan Lemon untuk Anda

Maka, Obat tradisional yang sama dapat berlaku untuk bau mulut yang disebabkan oleh makan makanan dengan bau menyengat seperti bawang putih, bawang, atau ikan.

Jadikan napas Anda lebih enak dengan minum segelas air jeruk setelah makan atau pertama kali di pagi hari. Lemon dianggap merangsang air liur, dan air membantu mencegah mulut kering, yang mana menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri berlebih.

7. Membantu mencegah batu ginjal

Asam sitrat dalam jeruk lemon dapat membantu mencegah batu ginjal – kalsium. UW Health merekomendasikan untuk meningkatkan asupan asam sitrat untuk mengurangi risiko Anda mendapatkan batu kalsium baru. Minum air jeruk nipis tidak hanya membantu Anda mendapatkan lebih banyak asam sitrat, tetapi juga air yang Anda butuhkan untuk mencegah batu.

Apalagi, cukup 1/2 cangkir air jeruk lemon menyediakan jumlah asam sitrat yang sama dengan yang Anda temukan dalam berbagai makanan.

Seperti itulah pembahasan kita tentang manfaat air jeruk lemon. Tentu saja khasiatnya tidak terbatas ke tujuh yang di atas, tetapi masih banyak lagi manfaat potensialnya. Yang pasti Anda tidak akan rugi ketika mengkonsumsi air lemon ini, kecuali jika memiliki pantangan tertentu.

Sumber Artikel Manfaat Air Jeruk Lemon

  1. healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-lemon-water

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *