kurus dengan quaker oat

Inilah Alasan Bisa Kurus dengan Quaker Oat

Salah satu penggunaan oat paling banyak adalah untuk menu diet. Tapi tahukah Anda apa alasan bisa kurus dengan quaker oat ?

Oat memiliki sebutan ilmiah “Avena Sativa”, oat adalah biji sereal yang telah dikenal baik sebagai makanan sehat. Juga dikenal sebagai ‘Jaie’ dalam bahasa Hindi, gandum banyak ditanam dan dibudidayakan di sawah Punjab dan Haryana.

Oat kaya akan protein dan serat, oat merupakan menu favorit dari para penggiat kebuaran. Ini bukan hanya karena oat bergizi, tapi juga karena praktis dimasak dan fleksibel untuk dicampur apapun.

Dalam buku ‘Healing foods’ oleh DK Publishing, penulis menjelaskan berbagai manfaat dari gandum oat. “Oat mengandung banyak nutrisi dan serat berair, larut dalam air, beta-glukan, yang membantu mengurangi kolesterol tidak sehat (LDL). Oat juga dikenal sebagai obat penenang alami, dan sangat baik untuk mengurangi gangguan pencernaan, “tulis buku tersebut.

Inilah Alasan Mengapa Kita Bisa Kurus Dengan Quaker Oat

Oat banyak dikonsumsi untuk mendapatkan protein berkualitas. Oleh karena itu gandum umum dignakan untuk membantu mengkuruskan badan. Ahli Nutrisi Makrobiotik, Shilpa Arora menjelaskan, “Oat kaya akan serat yang membantu Anda tetap kenyang dan mencegah makan berlebihan.”

BUAT KAMU:  5 Cara Membuat Quaker Oatmeal untuk Diet

Penting Untuk Dibaca Lebih Lanjut:

  1. Apa Oat Untuk Bayi Sangat Bermanfaat? Atau malah…
  2. Apakah Mengkonsumsi Oat Untuk Ibu Hamil Baik? Ternyata…
  3. Inilah Perbedaan Quaker Oat Merah dan Biru 

Menyediakan oat untuk sarapan adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat. Oat memberi perasaan lebih kenyang dikarenakan serat membutuhkan waktu untuk dicerna, sehingga mencegah untuk bernafsu pada makanan tinggi kalori lainnya.

manfaat oat
manfaat oat

Oat mengandung kaya serat yang membantu menurunkan berat badan

Oat mengandung serat larut yang menyerap air di perut Anda dan menjadi seperti gel. Gel tersebut membesar sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga membuat tetap kenyang dan mengurangi rasa lapar sampai waktu makan siang.

Alasan lain oat sangat bagus adalah karena proteinnya yang sangat padat. Di mana protein penting untuk membangun otot. Protein juga berperan penting dalam menjaga kestabilan tingkat gula darah, juga mencegah lonjakan insulin yang menyebabkan penyimpanan lemak.

Oat juga rendah karbohidrat dan merupakan diuretik baik yang dapat membantu mengatur kandungan air berlebih di tubuh. Oat mengandung nutrisi lain seperti Manganese, Thiamin, Magnesium dan Phosphorous dan juga rendah kalori, sehingga membantu menurunkan berat badan sembari kesehatan kita.

BUAT KAMU:  3 Variasi Sarapan Oatmeal yang Menggoda Selera

Jangan Salah Memilih Oat untuk Diet

kurus dengan quaker oat
kurus dengan quaker oat

Ada beberapa varian gandum (yang hanya biji-bijian) dan oatmeal (versi gandum atau penggilingan gandum) yang tersedia di pasar. Tetapi berhati-hatilah saat membelinya. Flavoured oatmeal (oat dengan rasa-rasa) mungkin mengandung tambahan gula dan memiliki kalori lebih banyak.

Dalam hal ini, lebih baik memilih satu pak oat polos dan memasaknya sesuai keinginan. Kita bisa membuat sarapan dengan santan dan buah segar. Bisa juga digunakan untuk membuat gandum idli atau upma, jika Anda menginginkan makanan yang lebih besar.

Menurut Buku ‘Healing foods’ cara terbaik untuk mendapatkan manfaat maksimal dari  oat adalah sebagai berikut:

  • Oat mentah atau matang dikatakan memberikan hasil terbaik terlepas dari apakah dikonsumsi mentah atau matang.
  • Susu Oat: Susu oat secara alami mengandung lebih banyak kalsium daripada susu bubuk. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dengan merendam oat menir dalam segelas susu dan bisa menjadi alternatif yang lebih sehat untuk susu bubuk.

Oat membuat sarapan seimbang, rendah lemak dan lezat. Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan semangkuk nutrisi dari sarapan oat setiap hari.

BUAT KAMU:  Harga Chia Seed Terbaru dan Termurah 2018

Hati-hati Oat Malah Bisa Membuat Anda Gemuk

Walaupun oat dengan segala kandungannya dapat membuat kita kurus, tetapi cara penggunaan salah justru dapat membuat gemuk. Berikut kesalahan-kesalahan yang harus dihindari dalam mengkonsumsi oat:

  1. Kuantitas Oat yang berlebihan.
  2. Topping yang digunakan kurang bernutrisi.
  3. Menggunakan topping yang terlalu berlebihan.
  4. Anda pikir Anda harus menambahkan lemak.
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi oat instan yang mengandun kalori tinggi.
  6. Memiliki nafsu yang tak terkendali terhadap makanan manis.

Seperti itulah cara kurus dengan quaker oat. Semoga Anda sukses dalam diet Anda dengan mengkonsumsi oat ke dalam menu Anda.

Sumber: https://food.ndtv.com/food-drinks/does-eating-oats-for-breakfast-really-help-you-lose-weight-1681527

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *