khasiat jeruk lemon dan madu

20+ Khasiat Jeruk Lemon dan Madu yang Rahasia

Khasiat jeruk lemon dan madu – Minum air jeruk lemon dan madu di pagi hari adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan bagi kesehatan Anda. Minuman ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga bernutrisi. Air membuat Anda tetap terhidrasi, sementara lemon dan madu meningkatkan pencernaan dan menghilangkan racun dari tubuh Anda.

Karena kandungan antioksidan yang tinggi, buah ini dapat menetralisir stres oksidatif dan meningkatkan kekebalan. Selain itu, lemon dan madu juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, ion, kalsium, kalium, magnesium, dan serat makanan.

20+ Khasiat Jeruk Lemon dan Madu

Berikut kami akan bahas 7 manfaat jeruk lemon dan madu + (plus) 20 manfaat sampingan lainnya. Anda tidak akan menyesal untuk mengkonsumsi lemon dan madu, karena Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan berlimpah:

1. Bisa Memperbaiki Kulit Anda

Konsentrasi tinggi antioksidan dalam lemon, terutama vitamin C, telah terbukti dapat melawan dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C juga mendukung produksi kolagen yang sehat, membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih halus, lebih kenyal tanpa krim dan ramuan yang mengandung bahan kimia.

Sementara itu, madu dapat membersihkan kulit sekaligus memberikan kelembaban yang sangat dibutuhkan. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri akan dengan mudah menembus kulit dan menyerap bakteri kotor langsung dari pori-pori.

Anda dapat membuat masker madu dan lemon dengan mencampur bagian yang sama dari madu dan jus lemon. Kemudian mengaplikasikannya ke wajah Anda dan biarkan selama 10 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan nikmati kulit cantik Anda!

2. Menyehatkan rambut Anda

Berikut cara menggunakan lemon dan madu untuk rambut :

  1. Sebelum ke kamar mandi, campurkan satu sendok makan madu dengan sedikit air hangat untuk membuat sampo alami. Ini akan melembabkan kulit kepala Anda dan berbau harum tanpa meninggalkan rambut Anda lengket.
  2. Setelah keluar dari kamar mandi, peras air lemon ke kulit kepala Anda. Ini dapat membantu mengobati ketombe, masalah bakteri dan bahkan kerontokan rambut.
  3. Jika dilarutkan dalam air dan dioleskan secara teratur, airlemon juga dapat meningkatkan kilau rambut Anda.
  4. Jika Anda ingin mencerahkan rambut Anda secara alami, tambahkan air lemon ke rambut Anda sebelum Anda pergi ke luar.
BUAT KAMU:  15 Fungsi Jeruk Lemon yang Mesti Kamu Ketahui

Seperti itulah manfaat lemon dan madu bagi rambut.

3. Membantu Mencegah Kanker

Lemon memiliki 22 senyawa anti-kanker, termasuk limonene, yang telah terbukti dapat menghentikan pertumbuhan tumor kanker pada hewan. Selain itu, lemon juga mengandung glikosida flavonol, yang menghentikan pembagian sel kanker. Sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa limonoid dapat membantu melindungi sel-sel dari jenis kerusakan yang mengarah pada kanker.

Madu juga dapat berfungsi sebagai antikanker . Meskipun madu mengandung gula (yang biasanya disukai oleh sel kanker ), para peneliti telah menemukan bahwa madu adalah pendorong kekebalan alami, agen anti-inflamasi, agen antimikroba dan “vaksin” kanker. Keuntungannya jauh lebih besar daripada kerugiannya.

Dalam satu meta-analisis, peneliti menyarankan bahwa hubungan terbalik antara kanker dan madu mungkin disebabkan oleh penghambatan proliferasi sel, induksi apoptosis, dan penangkapan siklus sel. Dalam bahasa mudahnya, senyawa dalam madu menyebabkan sel-sel kanker mati.

4. Meredakan gigitan serangga

Dalam beberapa musim tertentu, kita akan membutuhkan beberapa obat anti gigitan serangga yang efektif. Berikut yang bagus: Campurkan beberapa jus lemon dengan madu untuk menciptakan solusi antiseptik alami. Gula dalam madu akan membunuh mikroorganisme dan lemon akan mencegah bakteri mengambil alih. Kombinasi ini juga akan mengurangi pembengkakan dan gatal.

Untuk hasil terbaik, peras sari jeruk nipis menjadi dua sendok makan madu mentah, lalu sebarkan ke area yang terinfeksi. Tetap di sana sampai Anda melihat pembengkakan turun dan gatal mereda.

5. Dapat Melawan Infeksi

Ketika cuaca tidak begitu bersahabat, tidak ada yang lebih baik daripada secangkir air panas, lemon, dan madu. Obat flu dan demam ini telah ada selama berabad-abad karena alasan yang bagus. Lemon akan bekerja mencukupi hingga 139 persen dari nilai harian yang direkomendasikan Anda untuk vitamin C. Dan untuk masalah tenggorokan; madu hangat akan meredakan sakit tenggorokan, secara alami.

Jika batuk membuat susah tidur di malam hari, madu akan menjadi teman baru Anda. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa satu sendok makan madu murni bertindak sebagai penekan batuk alami untuk anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan atas. Jadi, ambil sesendok teh Anda sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang sangat dibutuhkan dan membantu tubuh Anda pulih .

6. Meningkatkan Pencernaan

Sebagian besar dari kita memerlukan sedikit bantuan untuk memaksimalkan pencernaan kita. Khususnya terkait untuk menurunkan berat badan. Untungnya, kombinasi lemon dan madu dalam air dapat melakukan hal itu. Untuk memulai, struktur atom dari jus lemon sangat mirip dengan cairan pencernaan kita yang menipu hati (liver) untuk menghasilkan empedu. Empedu kemudian membantu memindahkan makanan melalui lambung dan saluran pencernaan – dengan kata lain melancarkannya.

BUAT KAMU:  5 Efek Samping Lemon untuk Wajah & Kulit Beserta Pencegahannya

Selain itu, sifat antimikroba dan vitamin C dalam jus lemon dapat membantu mengurangi infeksi di usus. Meskipun jus lemon menciptakan keasaman di perut untuk membantu memecah makanan, ia memiliki pengaruh alkalin pada darah dan jaringan lain untuk meningkatkan kekebalan.

Dan kita tidak bisa melupakan madu. Yang mengandung kaya prebiotik dan bertindak sebagai bahan bakar untuk bakteri baik di sistem pencernaan yang lebih rendah. Karena tidak berfermentasi di perut, madu dikenal bisa melawan mual dan gangguan pencernaan juga.

Dua Puluh Manfaat Madu dan Lemon Lainnya

khasiat jeruk lemon dan madu
khasiat jeruk lemon dan madu

Berikut adalah 20 manfaat kesehatan dari minum air jeruk pertama di pagi hari:

7. Lemon mengandung asam sitrat dan nutrisi penting lainnya. Ketika dicampur air, maka akan membantu pencernaan dan merangsang produksi jus lambung.

8. Minuman menyegarkan ini memberikan elektrolit bagi tubuh Anda, seperti kalium, magnesium, dan kalsium.

9. Bila dikonsumsi secara teratur, air lemon dan madu membantu mengurangi nyeri otot dan persendian .

10. Air lemon dan madu dapat menjadi Detoks bagi hati (liver). Minuman ini menghilangkan racun dan air dari hati.

11. Enzim yang ditemukan dalam air lemon sangat baik diserap oleh hati (liver) dibandingkan dengan makanan dan minuman lainnya.

12. Apakah Anda menderita sembelit? Maka Anda bisa minum air lemon setiap pagi. Minuman ini merangsang gerakan usus.

13. Lemon dan madu mengandung senyawa anti-inflamasi alami yang meredakan sakit tenggorokan dan melawan infeksi pernapasan.

14. Karena kandungan potasiumnya yang tinggi, lemon membuat otak Anda tajam dan meningkatkan fungsi sistem saraf Anda. Minum air lemon dan madu di pagi hari dapat meredakan kecemasan dan depresi.

15. Minuman ini meningkatkan metabolisme Anda , memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan melawan radikal bebas.

16. Air lemon membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung Anda.

17. Membersihkan darah dan arteri Anda, yang membantu mencegah penyakit jantung, stroke, dan atherosclerosis.

18. Minuman ini memiliki efek alkalizing (mengatur pH) dan menangkal penyakit.

BUAT KAMU:  4 Manfaat Jeruk Lemon untuk Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

19. Air lemon dan madu membantu mengencerkan asam urat dan mengurangi rasa sakit.

20. Lemon kaya akan vitamin C dan dapat meningkatkan penampilan kulit Anda. Dengan meminum air dengan lemon, Anda akan memiliki kulit yang tampak lebih baik dan lebih sedikit kerutan.

21. Obat alami untuk perut mulas.

22. Vitamin C, salah satu nutrisi utama dalam lemon, bermanfaat selama kehamilan. Senyawa ini meningkatkan kemampuan alami tubuh Anda untuk melawan virus dan infeksi. Lemon juga mengandung potasium, yang memainkan peran utama dalam perkembangan otak bayi.

23. Buah ini merupakan sumber serat pektin, senyawa alami dengan sifat menekan nafsu makan. Dengan minum air jeruk di pagi hari, Anda akan merasa jarang lapar sepanjang hari. Minuman ini membantu menurunkan berat badan dan menjauhkan rasa lapar.

24. Penelitian telah menemukan bahwa air lemon membantu melarutkan batu ginjal, batu empedu, batu pankreas, dan endapan kalsium.

25. Gingivitis dan sakit gigi bisa hilang dengan minum air madu dan lemon setiap pagi.

16. Madu murni mengandung vitamin, mineral, dan enzim yang melindungi tubuh dari bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara Membuat Lemon dan Madu Berkhasiat

Pertama-tama, usahakan minum air lemon hanya pada suhu kamar. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan metabolisme dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi. Anda juga dapat meningkatkan khasiat dari resep ini dengan menambahkan 1/2 sendok teh kunyit, 1/4 sendok teh kayu manis dan sedikit cabe rawit.

A. Bahan

  • 1 gelas air hangat
  • 1,5 sendok makan jus lemon segar
  • 1 sdt madu murni

B. Instruksi

  1. Pastikan suhu air Anda pada suhu kamar (atau bahkan sedikit hangat), campurkan jus lemon dan madu murni.
  2. Selama dua minggu, konsumsi minuman ini tiga kali sehari 30 menit sebelum makan kaya nutrisi.
  3. Setelah periode dua minggu awal untuk mendapatkan sistem pencernaan Anda di jalur, konsumsi minuman ini sekali sehari sebelum sarapan.

Penutup

Seperti itulah khasiat dari madu dan jeruk lemon, kemungkinan masih banyak khasiat lagi yang belum kita ketahui. Ketahui lebih lanjut tentang keajaiban lemon di situs ini. Semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Sumber Artikel Khasiat Lemon dan Madu:

  1. thealternativedaily.com/benefits-of-lemon-and-honey/
  2. fitnessandpower.com/fitness-and-health/20-health-benefits-of-drinking-lemon-water-and-honey-in-the-morning

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *