Khasiat Daun Sukun Kering

6 Khasiat Daun Sukun Kering dalam Dunia Kesehatan

Daun sukun semakin mudah didapatkan karena kini tersedia dalam bentuk lebih awet. Pengobatan penyakit apa sajakah yang dapat diupayakan melalui khasiat daun sukun kering?

Tanaman sukun yang dikenal dengan nama ilmiah Artocarpus altilis merupakan tanaman dengan sejuta manfaat. Buah sukun dengan kandungan biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Daunnya pun memiliki senyawa yang dapat digunakan sebagai obat-obatan. Kini daun sukun banyak dikeringkan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan daun sukun untuk pengobatan. Sebenarnya apakah khasiat daun sukun kering? Simak penjelasan dibawah ini ya.

Khasiat Daun Sukun Kering Dalam Dunia Kesehatan

Daun sukun kering memiliki manfaat yang sama seperti daun sukun yang masih segar. Kandungan yang ada pada daun sukun kering pun tetap setara dengan daun segar. Hanya saja daun sukun kering lebih mudah untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah khasiat daun sukun kering untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

1. Mencegah Gangguan pada Limpa

Gangguan pada limpa terjadi dengan ciri limpa membengkak. Limpa yang rusak ini terjadi karena terlalu banyak racun yang masuk dalam tubuh. Untuk menangani racun, limpa bekerja lebih keras hingga tak mampu lagi berfungsi dengan baik. Khasiat daun sukun kering untuk mengatasi penyakit ini adalah sebagai anti racun yang akan berperan dalam detoksifikasi sehingga kerja limpa lebih ringan.

BUAT KAMU:  Pilihan Makanan yang Kamu Perlu Habiskan Jika Mau Perutmu Kurus

2. Menghancurkan Batu Ginjal

Batu ginjal disebabkan oleh pengkristalan Ca-Oksalat. Jika tidak dibiarkan, ukurannya semakin membesar. Cara penanganan yang biasa dilakukan dan cepat yaitu melalui operasi. Namun, sebenarnya batu ginjal dapat dikeluarkan bersama dengan urine. Senyawa kalium yang terkandung pada daun sukun akan menghancurkan Ca-oksalat. Proses penyembuhan yang sudah selesai ditandai dengan kandungan protein dalam urine berkurang dan tidak ada benjolan.

3. Anti Hipertensi

Senyawa yang ada pada daun sukun dapat digunakan untuk mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi dan memicu penyakit lainnya. Khasiat daun sukun kering cocok dikonsumsi secara rutin oleh orang yang memiliki riwayat hipertensi. Namun, bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah disarankan untuk tidak mengonsumsi daun sukun dalam jangka panjang.

4. Menaikkan Nafsu Makan

Khasiat Daun Sukun Kering
Khasiat Daun Sukun Kering dalam Dunia Kesehatan

Nafsu makan yang rendah biasanya dialami oleh anak-anak. Rebusan daun sukun kering dapat digunakan untuk mengatasi hal ini. Daun sukun menganung zat stomatik yang akan merangsang perut untuk mengirimkan sinyal lapar. Agar anak tertarik meminumnya, ramuan daun sukun dapat dicampurkan dengan madu. Ramuan penambah nafsu makan ini aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

BUAT KAMU:  Bawang Putih Tunggal Obat Kanker

5. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi dapat disebabkan oleh gigi yang berlubang ataupun gigi baru tumbuh. Ramuan dari dari daun sukun kering akan membunuh kuman-kuman yang menyebabkan gigi berlubang dan menimbulkan ngilu. Selain itu, daun sukun memunculkan efek menenangkan sakit yang terasa saat gigi baru akan tumbuh. Khasiat daun sukun kering bisa didapat dengan cara berkumur dengan air rebusannya.

6. Menurunkan Kadar Kolestrol

Kolestrol yang berlebihan bersumber dari konsumsi makanan berlemak jenuh yang terlalu banyak. Kolestrol dalam jumlah besar tidak dimanfaatkan oleh tubuh dan cenderung membahayakan. Kolestrol berlebih akan memicu penyakit lain seperti gangguan jantung. Hal ini disebabkan kolestrol akan mengendap di pembuluh darah dan mengganggu peredaran darah. Senyawa yang ada pada daun sukun akan membanti meluruhkan kolestrol dalam pembuluh darah.

Itulah beberapa khasiat daun sukun kering yang dapat digunakan untuk keperluan dunia kesehatan. Daun sukun kering kini mudah didapatkan di berbagai tempat, misalnya toko herbal, toko jamu ataupun pasar. Harga yang dibanderol untuk daun sukun kering pun sangat terjangkau. Mari kembali ke obat-obat tradisional untuk tubuh yang sehat. Selamat mencoba.

BUAT KAMU:  Penjelasan Tentang Apa itu Tepung Sagu Sebenarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *