Khasiat Daun Stevia

Ini Rahasia Khasiat Daun Stevia Untuk Kesehatan

Khasiat daun stevia memang sangat ajaib. Sedikit banyak Anda pasti sudah mendengarnya. Tetapi di sini kita akan bahas khasiat stevia lebih dalam lagi. Selain itu juga ada menfaat daun stevia dan manfaat teh stevia. Silahkan disimak gan.

Penting untuk Dibaca Juga:

  1. Apa itu Stevia Rebaudiana
  2. Benarkah Stevia Pengganti Gula Aman Untuk Dikonsumsi?

Khasiat Daun Stevia

Daun stevia memang belum begitu populer di Indonesia karena lebih banyak dibudidayakan di Amerika Latin. Dengan demikian, khasiat daun stevia tentu belum dikenal secara luas. Sekilas penampakkan wujud daun stevia memang mirip dengan daun mint. Namun, ternyata keduanya berbeda jenis karena stevia justru merupakan kerabat dari bunga matahari. Daun stevia tumbuh dapat subur di daerah dengan iklim tropis, seperti wilayah Amerika Latin dan memungkinkan untuk dibudidayakan di Indonesia. Ciri khas dari daun stevia ini adalah rasanya yang manis. Jadi, tidak mengherankan jika daun ini dapat digunakan sebagai alternatif pengganti gula biasa.

Rasa manis yang dihasilkan daun stevia sebetulnya disebabkan oleh kandungan molekul kompleks steviosida. Komposisi dari molekul steviosida ini adalah glikosida yang disusun dari glukosa, sophorose dan stevsol. Dibandingkan dengan gula tebu (sukrosa), stevia memiliki tingkat kemanisan sekitar 200-300 kali. Meskipun memiliki rasa yang manis, namun kandungan kalori pada gula stevia adalah nol persen. Oleh karena itu, penggunaan jenis daun ini sebagai bahan dasar gula dapat bermanfaat bagi kesehatan.

BUAT KAMU:  Tidak Sepenuhnya Aman Dikonsumsi, Kenali Keburukan Gula Stevia

Khasiat Daun Stevia untuk Kesehatan

1. Menyehatkan jantung
Tentu belum banyak orang yang mengetahui bahwa daun stevia ini bermanfaat untuk kesehatan jantung. Daun ini akan membuat detak jantung Anda lebih stabil sehingga dapat membuatnya bekerja lebih maksimal.

2. Mencegah sariawan
Disamping mampu mengatasi penyakit dengan tingkat keparahan yang tinggi, daun stevia juga efektif untuk mengobati penyakit ringan. Salah satu penyakit ringan yang mampu diobati oleh daun stevia adalah sariawan. Kandungan alami yang terdapat pada daun ini membantu menyehatkan rongga mulut sehingga tidak mudah mengalami sariawan.

3. Menjaga daya tahan tubuh
Kekuatan daya tahan tubuh Anda dipengaruhi oleh sistem imun. Jika Anda merasa mudah terserang berbagai penyakit. Itu pertanda bahwa Anda harus segera mengkonsumsi daun stevia. Salah satu khasiat daun stevia yang terpenting adalah mampu melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

4. Anti inflamasi
Inflamasi adalah gejala peradangan pada tubuh. Manfaat daun stevia sebagai anti inflamasi itu artinya mampu mencegah bahkan menyembuhkan peradangan. Hal ini dikarenakan daun stevia memiliki kandungan anti radang alami yang membuat peradangan Anda cepat sembuh.

BUAT KAMU:  Benarkah Stevia Pengganti Gula Aman Untuk Dikonsumsi? Simak Ulasan Ilmiahnya

5. Menangkal racun
Penggunaan daun stevia untuk dikonsumsi dapat menghindarkan tubuh Anda dari resiko terinfeksi racun. Daun stevia dapat diandalkan untuk menangkal berbagai jenis racun yang mengendap di tubuh Anda.

6. Mencegah kegemukan
Daun stevia berkhasiat bagi Anda yang memiliki masalah berat badan berlebih (kegemukan). Daun ini menjadi solusi ampuh untuk mengatasi masalah kegemukan Anda. Semua ini tidak terlepas dari rendahnya kandungan kalori pada daun stevia.

7. Mencegah hipertensi
Khasiat daun stevia yang kerap diandalkan adalah mencegah serangan penyakit hipertensi. Daun ini mengandung banyak manfaat untuk membuat tekanan darah Anda lebih stabil. Kondisi ini tentu saja dapat meminimalisir resiko terkena hipertensi.

8. Menangkal efek radikal bebas
Daun stevia juga terbukti berkhasiat untuk menangkal efek radikal bebas pada tubuh Anda. Senyawa alami yang terkandung dalam daun ini terbukti ampuh mengatasi efek negatif akibat paparan langsung radikal bebas pada tubuh Anda.

9. Anti kanker
Manfaat daun stevia yang tidak kalah penting adalah sebagai anti kanker. Daun ini mengandung senyawa anti kanker yang alami dan dapat mencegah kerusakan pada sel tubuh Anda.

10. Mencegah diabetes
Seperti telah diungkapkan sebelumnya bahwa daun stevia memiliki kandungan kalori yang rendah. Kondisi ini tentu membuat daun ini aman dikonsumsi dan tidak akan meningkatkan gula darah Anda. Dengan demikian, resiko terserang penyakit diabetes dapat diminialisir.

BUAT KAMU:  Apa itu Stevia Rebaudiana, Manfaatnya, Serta Budidayanya - Lengkap

Ternyata banyak sekali khasiat daun stevia bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai membudidayakan tumbuhan ini sebagai tanaman obat keluarga. Selain itu, jika Anda tidak sempat menanam daun stevia, maka terdapat cara lain untuk menikmati khasiatnya. Anda hanya perlu mengurangi konsumsi gula pasir dan menggantinya dengan gula stevia. Rasanya memang lebih manis, tetapi gula ini jauh lebih aman karena rendah kalori.

Manfaat Daun Stevia Lainnya

manfaat daun stevia
manfaat daun stevia

Sudah dijelaskan 10 manfaat daun stevia di atas. Yang di atas tersebut adalah manfaat utama. Selain itu ada manfaat lainnya dari stevia lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Menyehatkan gigi
  2. Menyehatkan kulit
  3. Mencegah flek dan keriput
  4. Menguatkan tulang
  5. Anti penuaan dini

Seperti itulah tulisan singkat tentang manfaat daun stevia.

Manfaat Teh Daun Stevia

Daun stevia juga dapat dikonsumsi dalam bentuk teh. Untuk membuat teh daun stevia ada dua cara. Pertama, Anda bisa mengeringkan terlebih dahulu daun stevia. Lalu setelah kering, Anda bisa langsung mneyeduhnya. Cara Kedua yaitu, Anda menyeduh teh hitam bersama daun stevia yang baru dipetik. Daun tersebut bisa langsung dikonsumsi atau dikeringkan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *