kandungan sambiloto

Kandungan Sambiloto Dapat Mengatasi Berbagai Macam Penyakit

Banyak kalangan yang belum familiar terhadap sambiloto, tanaman yang memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata. Tanaman endemik kawasan Asia tropis ini diketahui menyimpan banyak manfaat. Kandungan sambiloto yang berupa senyawa-senyawa aktif dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan hingga berat. Melalui artikel ini, Anda akan mengenal tanaman obat ini secara lebih mendalam. Khasiat, cara penggunaan, beserta efek sampingnya akan dibahas secara menyeluruh.

Kandungan Sambiloto yang Membantu Mengatasi Penyakit

Ada banyak kandungan yang dimiliki oleh tanaman sambiloto. Senyawa kimia aktif seperti flavonoid, laktone, mineral, kalium, dan aldehida merupakan unsur terbesar dari kandungan sambiloto. Berkat zat-zat yang terkandung dalam tanaman ini, sambiloto dapat membantu proses pengobatan berbagai penyakit.

Efek Samping Sambiloto
Efek Samping Sambiloto

Berikut ini beberapa khasiat yang dimiliki oleh sambiloto.

  1. Influenza

Virus influenza merupakan salah satu virus yang paling banyak menjangkiti manusia. Meskipun flu merupakan penyakit yang umum, penderita merasa tidak nyaman untuk menjalankan fungsi kesehariannya. Tanaman ini dapat digunakan untuk menyembuhkan gejala flu seperti pusing dan demam. Pengolahan cukup dilakukan dengan menyeduh satu gram bubuk sambiloto dengan air panas lalu didinginkan. Penderita flu disarankan untuk meminum racikan ini tiga hingga empat kali dalam sehari.

  1. Hipertensi

BUAT KAMU:  Ternyata Ada 7 Efek Samping Sambiloto (Harus Tahu!)

Kalium merupakan salah satu kandungan sambiloto yang sudah terbukti berguna untuk menurunkan tekanan darah. Gejala-gejala yang disebabkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi seperti sakit kepala dapat berukuran dengan meminum air rebusannya. Cara mengolahnya adalah merebus daun sambiloto dalam air mendidih dengan perbandingan 1:10. Meminumnya tiga kali sehari dapat menurunkan gejala hipertensi.

  1. Sakit Gigi

Rasa nyeri di gigi seringkali diabaikan padahal apabila berkelanjutan tentu membuat Anda kesulitan berkonsentrasi dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman ini dapat mengurangi rasa sakit tersebut. Metode pengolahannya adalah dengan merebus 9 sampai 15 gram daun segar menggunakan tiga gelas air. Masak daun hingga air rebusan yang tersisa tinggal segelas saja lalu saring sebelum dikonsumsi. Penderita sakit gigi disarankan untuk meminum air rebusan sebanyak dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

  1. Malaria

Penyakit malaria merupakan penyakit khas di negara tropis. Biaya pengobatan penyakit ini cukup mahal. Akan tetapi, Anda dapat menggunakan metode alternatif yaitu air rebusan sambiloto. Cara pengolahannya adalah merebus segenggam daun segar dengan empat gelas air mendidih. Masak hingga air hanya tersisa dua gelas saja. Air rebusan harus diminum saat hangat. Konsumsi racikan ini secara teratur sebanyak setengah gelas tiga kali dalam sehari.

  1. Gigitan Serangga dan Hewan Berbisa

BUAT KAMU:  Ternyata ada 5 Manfaat Sambiloto untuk Wajah dan Kulit

Kandungan sambiloto membuat tanaman ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama terhadap gigitan serangga atau hewan berbisa lainnya. Sebelum menggunakannya, sebaiknya daun segar dicuci hingga bersih. Kunyah daun hingga membentuk serat. Telan sari daun dan tempelkan serat pada luka bekas gigitan. Disarankan untuk tetap mencari bantuan medis profesional apabila luka yang diderita cukup parah.

kandungan sambiloto
kandungan sambiloto
  1. Pencegahan Kanker

Tanaman ini mengandung antioksidan yang membuatnya dipercaya dapat mencegah kanker. Cara mengolahnya adalah dengan merebus daun yang sudah dicuci bersih. Empat gelas air digunakan untuk memasak daun dan dibiarkan hingga tersisa segelas air saja. Minum air rebusan secara teratur setiap hari.

Meskipun daun tanaman ini dapat membantu mengobati berbagai penyakit, terdapat beberapa efek samping yang dapat terjadi. Sakit kepala, penurunan tekanan darah, hingga pendarahan merupakan beberapa akibat negatif dari konsumsi tanaman ini. Wanita hamil juga tidak disarankan untuk mengonsumsi tanaman sambiloto karena disinyalir dapat berakibat buruk pada janin. Akan tetapi, dengan penggunaan yang bertanggung jawab kandungan sambiloto jelas sekali manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *