Kandungan Oatmeal

5 Kandungan Oatmeal Yang Bagus Untuk Tubuh (Plus Manfaatnya)

Oatmeal bisa menjadi pengganti makanan utama. Karena oatmeal lebih sehat dibandingkan nasi. Buat orang yang ingin menurunkan berat badan atau menerapkan gaya hidup sehat, konsumsi oatmeal memang pilihan tepat. karena kandungan oatmeal memang sangat baik untuk tubuh kita, bahkan hampir semua nutrisi terdapat di dalamnya.

Saat ini sudah banyak orang yang melakukan diet oatmeal, karena lebih cepat menurunkan berat badan dibandingkan jenis diet lainnya. bahkan konsumsi oatmeal juga bagus untuk kesehatan jantung kita. Untuk lebih jelasnya kita bahas semuanya dibawah ini.

Kandungan Oatmeal

Oat adalah biji sereal utuh, yang mengandung berbagai macam nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Bahkan dari kulit air, endosperma dan bakal bijinya pun mengandung nutrisi lengkap. Berikut ini beberapa jenis nutrisi yang terdapat didalam oatmeal.

1. Karbohidrat

Kandungan karbohidrat oatmeal cukup tinggi, sehingga bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Yang bisa memberikan energi lebih banyak ke tubuh kita.

2. Protein

Protein menjadi salah satu kandungan oatmeal yang sangat tinggi. protein digunakan untuk mempertahankan dan pembentukan jaringan tubuh. Bahkan protein ini juga bagus untuk tumbuh kembang anak anda.

manfaat oat
manfaat oat

3. Serat

Serat oatmeal akan membuat sistem pencernaan kita lebih lancar, sehingga tubuh lebih sehat. Kandungannya ada serat tidak larut dan serat larut. Tubuh kita sangat membutuhkan serat untuk semua sistem metabolisme.

4. Vitamin B

Oat mengandung vitamin B12 dan B1 yang tinggi. B12 bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dan B1 digunakan untuk metabolisme karbohidrat menjadi energi.

5. Mineral Penting

Oat mengandung mineral penting bagi tubuh. Misalnya seng, yang bertugas untuk menjaga kekebalan tubuh, magnesium digunakan untuk metabolisme tubuh dan fosfot memperkuat tulang.

Kandungan yang lengkap, membuat oatmeal memang bagus untuk dikonsumsi setiap harinya. Entah untuk anda yang sedang melakukan diet maupun tidak. Lalu apa saja manfaat dari konsumsi oatmeal setiap harinya.

Tabel Nutrisi Oats

Oat memiliki komposisi gizi yang seimbang, dan satu porsi (30 gram) oat mengandung 117 kalori. Secara berat, oat mentah adalah 66% karbohidrat, 17% protein, 7% lemak dan 11% serat. Tabel di bawah ini berisi informasi rinci tentang nutrisi dalam gandum:

BUAT KAMU:  5 Cara Membuat Quaker Oatmeal untuk Diet

Oat, mentah – 100 gram

  • Kalori:  389
  • Air: 8%
  • Protein: 16,9 g
  • Karbohidrat: 66,3 g
  • Gula: ~
  • Serat: 10,6 g
  • Lemak: 6,9 g
  • Jenuh: 1,22 g
  • Tak jenuh tunggal: 2.18 g
  • Polyunsaturated: 2,54 g
  • Omega-3: 0,11 g
  • Omega-6: 2,42 g
  • Trans fat: ~

Bonus: Manfaat Konsumsi Oatmeal Setiap Hari

Kandungan Oatmeal
Kandungan Oatmeal

Ada banyak sekali manfaat konsumsi oatmeal yang bisa anda dapatkan. Kalau anda memiliki kolesterol tinggi, konsumsi oatmeal bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga jantung lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.seperti jantung dan stroke. Bahkan banyak penelitian yang mengatakan, konsumsi oatmeal bisa membuat jantung lebih sehat. Karena oatmeal mengadung senyawa kimia lignan yang berfungsi untuk mencegah penyakit kardiovaskuler.

Konsumsi oatmeal setiap harinya, juga membuat sistem pencernaan kita lebih lancar, karena kandungan serat yang sangat tinggi di oatmeal. Untuk yang melakukan diet, konsumsi oatmeal akan membuat kenyang lebih lama, sehingga tidak mudah mengemil terus menerus. Semua kandungan oatmeal memang memberikan manfaat paling lengkap untuk tubuh kita. Jadi mulai sekarang, jangan takut untuk konsumsi oatmeal setiap harinya.

Deskripsi: kandungan oatmeal sangat lengkap, semua kandungannya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *