Fungsi Daun Binahong

5 Fungsi Daun Binahong yang Tak Banyak Orang Tahu

Di kalangan masyarakat saat ini mungkin belum banyak yang mengetahui Fungsi daun binahong sebagai obat herbal. Obat herbal adalah obat yang menggunakan bahan-bahan alami sebagai medianya. Obat herbal yang sering kita ketahui adalah madu, daun sirih, jeruk nipis dan berbagai bahan alami lainya. Namun ada satu tanaman yang masih jarang didengar tentang fungsinya sebagai obat. Manfaat daun binahong sebagai bahan alami untuk kesehatan ternyata sangat beragam.

5 Fungsi Daun Binahong yang Belum Banyak Diketahui

Tanaman binahong memiliki dahan yang pendek. Daun binahong sendiri berbentuk seperti hati, memiliki lekuk di pangkal serta ujung yang runcing. fungsi daun ini sangat beragam tetapi sayangnya masyarakat belum banyak yang mengetahuinya.

Untuk itu, berikut ini beberapa fungsi daun binahong yang belum banyak diketahui.

(1) Menjadi obat jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami khususnya oleh remaja pada masa puber. Benjolan kecil serta rasa sakit akan menimbulkan rasa kurang nyaman. Bahkan beberapa orang akan merasa kurang percaya diri ketika ada jerawat pada wajah. Siapa sangka ternyata daun binahong dapat mencegah dan mengobati jerawat. Kandungan antioksidan dalam daun binahong dapat mengikat dan mengeluarkan kotoran penyebab jerawat. Jadi penggunaan secara rutin dapat menghilangkan jerawat yang membandel.

BUAT KAMU:  Inilah 7 Cara Mengolah Daun Binahong dengan Mudah

(2) Menurunkan asam lambung

Asam lambung tinggi merupakan penyebab penyakit maag. Umumnya maag disebabkan oleh pola makan yang buruk. Daun binahong memiliki zat yang dapat mengurangi kadar asam lambung sehingga keasaman akan menjadi netral kembali. Fungsi daun binahong akan terlihat jika digunakan dengan rutin dan cara yang tepat.

(3) Mengobati luka pada kulit

Luka merupakan salah satu kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Selain rasanya yang perih, luka juga merupakan pintu masuknya bakteri. Jika bakteri masuk kedalam tubuh maka risiko terjangkit penyakit akan lebih tinggi. Agar luka tidak menjadi lebih parah, perlu dijaga kebersihannya. Siapa sangka daun binahong memiliki kandungan antibiotik alami yang dapat membunuh kuman. Antibiotik buatan yang berlebihan dapat membuat kekebalan alami sehingga penyakit yang masuk justru menjadi kebal. Sehingga menggunakan bahan alami merupakan pilihan yang baik untuk dicoba.

(4) Memperlancar haid

Yang satu ini pasti pernah dialami oleh perempuan. Perempuan yang normal pastinya akan mengalami siklus haid umumnya sekali dalam sebulan. Beberapa gangguan yang biasanya muncul adalah haid tidak lancar, sakit perut, bahkan jika responya berlebihan akan menimbulkan pingsan. Fungsi daun binahong adalah melancarkan haid serta membantu produksi sel darah merah. Ketika haid darah dalam tubuh akan berkurang, dengan lancarnya produksi sel darah merah maka haid akan menjadi lancar serta tubuh tidak kekurangan darah.  

Fungsi Daun Binahong
Fungsi Daun Binahong

(5) Mencegah anemia

Anemia merupakan penyakit umum yang diderita masyarakat. Penyakit ini ditandai dengan wajah yang pucat serta rasa pusing seperti berkunang-kunang. Pada dasarnya anemia disebabkan oleh kekurangan sel darah merah. Daun binahong memiliki kandungan zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh. Sehingga bagi para penderita anemia, daun ini dapat dijadikan obat alami yang jauh dari bahan kimia.

Dengan menggunakan daun dari tanaman ini, Anda dapat memperoleh manfaat karena fungsi daun binahong sangat banyak. Dengan pengolahan dan cara penggunaan yang tepat maka bahan alami dapat membantu penyembuhan suatu penyakit. Untuk memperoleh hasil maksimal Anda harus menggunakanya secara rutin. Tetapi jika penyakit tidak kunjung sembuh, Anda harus tetap mengunjungi dokter terdekat. Obat herbal hanyalah solusi alternatif bagi kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *