efek samping daun sirsak

3 Efek Samping Rebusan Daun Sirsak yang Perlu Anda Ketahui

Efek samping daun sirsak – Daun sirsak memang telah dipercaya khasiatnya dalam penyembuhan berbagai penyakit seperti kista, kanker, diabetes, darah tinggi, kemandulan, dan penyakit – penyakit dalam lainnya. Banyak peneitian yang telah meneliti kandungan dari daun sirsak ini yaitu salah satunya mampu mematikan sel – sel kanker yang ada pada tubuh manusia yang mengidap penyakit kanker alias hampir sama denagn obat kemoterapi.

Namun, penggunaan daun sirsak sebagai alternatif pengobatan secara herbal memiliki efek samping dari rebusan daun sirsak. Hal ini memang perlu anda perhatikan. Efek samping rebusan daun sirsak ini akan dijelaskan dalam informasi berikut ini.

A. Tiga Efek Samping Rebusan Daun Sirsak

#1 – Kemungkinan Daun Sirsak Menyebabkan Dehidrasi

Efek samping rebusan daun sirsak yang pertama adalah anda akan mengalami yang namanya dehidrasi atau kekurangan cairan. Efek samping yang ditimbulkan ini menjadi efek yang paling sering terjadi ketika seseorang mengkonsumse rebusan daun sirsak. Hal ini terjadi karena senyawa dari daun sirsak masuk ke dalam tubuh guna mengeluarkan segala racun yang ada di tubuh anda dan kemudian racun tersebut keluar melalui keringat dan air kencing anda.

efek samping
efek samping

Anda harus selalu memperhatikan konsumsi cairan yang ada pada tubuh anda karena pada kasus ini memang anda harus meminum atau mengkonsumsi cairan yang banyak. Namun karena adanya ketidakseimbangan antara cairan yang masuk dan cairan yang keluar maka mengakibatkan tubuh akan mengalami yang namanya dehidrasi. Bahkan apabila dehidrasi ini tidak segera diatasi maka anda akan mengalami lemas dan pinsan.

HARUS BACA:  5 Langkah Mudah Cara Mengkonsumsi Daun Sirsak

#2 – Kemungkinan Daun Sirsak Menyebabkan Sembelit

Efek samping rebusan daun sirsak yang kedua adalah anda akan mengalami sembelit. Sembelit atau yang biasa dikenal dengan susah buang air besar ini bisa menyebabkan terjadinya wasir karena tubuh kekurangan asupan makanan yang mengandung serat yang tinggi. Ada hal lain juga yang membuat anda mengalami yang namanya sembelit yaitu ketika anda mengkonsumsi rebusan daun sirsak maka efek samping berupa sembelit ini akan anda rasakan.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Daun sirsak memiliki senyawa yang bisa memperngaruhi lendir pada usus sehingga usus yang ada di dalam tidak bisa menyerap dari makanan yang telah diperoleh dengan baik. Nah supaya kejadian ini tidak terjadi saat anda sedang mengkonsumsirebusan daun sirsak maka anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat yang tinggi.

efek samping daun sirsak
efek samping daun sirsak

#3 – Menyebabkan Sakit Otot / Sendi

Efek samping rebusan daun sirsak yang ketiga adalah anda akan mengalami sakit pada otot dan sendi anda. Kondisi seperti ini biasanya sangat dirasakan oleh orang dewasa sampai dengan lanjut usia saat sedang mengkonsumsi rebusan daun sirsak ini dan sering mengeluhkan akan sakit yang terasa pada bagian sendi dan ototnya.

Sehingga bagi anda yang memiliki riwayat asam urat, maka anda harus berhati – hati dalam mengkonsumsi rebusan daun sirsak agar asam urat anda tidak bertambah parah

HARUS BACA:  Bagaimana Aturan Minum Daun Sirsak Untuk Kista? Temukan Ulasannya Disini

B. 10 Efek Samping Sirsak Lainnya

Berikut efek samping lainnya, walaupun perlu dicek lagi kebenarannya, tapi tetap perlu dipertimbangkan:

1. Tingkat Tekanan Darah Rendah

Menurut percobaan yang dilakukan pada hewan, telah ditemukan bahwa tanaman ini dapat mengurangi tekanan darah. Tanaman ini juga bisa melebarkan pembuluh darah. Jadi, individu dengan tekanan darah rendah harus menghindari konsumsi sirsak dengan segala cara.

2. Hindari Mengkonsumsi Sirsak Dengan Coq10

Sirsak diketahui karena sifat anti kankernya. Buah ini memeliki kemapuan untuk mengurangi suplai adenosine triphosphate (ATP) ke sel kanker. Adenosin trifosfat, menawarkan energi metabolik yang tinggi ke sel-sel di tubuh dan suplemen gizi seperti Coenzyme Q10 bertanggung jawab untuk meningkatkan ATP. Makanya fungsinya malah berlawanan.

3. Ganguan Gerakan 

Mengkonsumsi sirsak bisa menyebabkan perkembangan gangguan gerakan seperti pada otot dan sendi.

4. Neurotoksisitas

Menurut sejumlah penelitian, teh yang dibuat dengan menggunakan batang dan daun tanaman ini, dapat menyebabkan gangguan neurotoksik.

5. Antidepresan

Jika Anda menjalani perawatan untuk depresi dan mengkonsumsi obat-obatan yang sama, sebaiknya hindari sirsak karena bisa meniadakan manfaat antidepresan ini.

6. Infeksi

Menggunakan sirsak untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan perkembangan infeksi jamur dan ragi dalam tubuh.

7. Penyakit Parkinson

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan kimia yang ada pada sirsak juga hadir pada manusia yang menderita gangguan Parkinson. Pasien yang menderita gangguan neurologis ini harus menghindari makan sirsak; Hal lain itu bisa memperburuk gejalanya.

HARUS BACA:  7+ Cara Minum Rebusan Daun Sirsak yang Benar & Praktis

8. Mempengaruhi Sistem Kardiovaskular

Inilah salah satu efek samping sirsak yang serius. Dosis besar graviola (sirsak) dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular tubuh. Buah ini dikenal dengan efek depresannya. Jadi, orang yang menderita masalah jantung harus benar-benar menghindari penggunaannya.

9. Masalah Uterine

Konsumsi sirsak yang berlebihan dapat merangsang kontraksi rahim. Ibu hamil harus menghindari penggunaannya karena bisa menyebabkan keguguran atau persalinan prematur.

10. Masalah Neurologis

Konsumsi sirsak bisa menyebabkan perkembangan kelainan neurologis.

Jika Anda berencana untuk mengkonsumsi sirsak dalam bentuk mentah atau sebagai suplemen yang tersedia di pasaran, maka sebaiknya Anda berbicara dengan dokter terlebih dahulu. Ada beberapa manfaat makan buah ini sekaligus suplemen yang dibuat menggunakannya. Tapi, perlu tetap waspada terhadap efek sampingnya. Hal ini terutama terjadi jika Anda menderita masalah kesehatan kritis atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu dengan dosis tinggi.

Tidak masuk akal membahayakan tubuh Anda atas nama makan sehat! Tetap aman dan ikuti petunjuk dokter untuk tetap sehat!

zams herbalis

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *