Efek Samping Daun Sukun

Tips Mencegahnya Efek Samping Minum Rebusan Daun Sukun

Anda sedang mencoba memanfaatkan air rebusan daun sukun untuk mengobati penyakit? Sebaiknya, ketahui efek samping minum rebusan daun sukun terlebih dahulu di bawah ini.

Daun sukun dikenal mampu mengatasi berbagai penyakit. Cara pengobatan menggunakan daun sukun yang biasa dilakukan adalah dengan meminum air rebusan daun sukun. Berbagai penyakit terbukti sembuh dengan metode tersebut. Setiap obat, baik kimia maupun herbal tentunya memiliki efek samping. Begitu pula dengan air rebusan daun sukun. Apakah efek samping minum rebusan daun sukun? Simak ulasan dibawah ini.

Tips Mencegah Efek Samping Meminum Rebusan Daun Sukun

Selain manfaatnya yang sangat beragam, daun sukun pun dapat menimbulkan efek samping. Efek samping minum rebusan daun sukun adalah kram pada otot dan penurunan tekanan darah. Ada senyawa pada daun sukun yang bereaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan beberapa makanan lain. Reaksi yang terjadi adalah pengentalan darah yang akhirnya menyebabkan kram otot. Untuk menghindari efek samping yang berlebihan, perhatikan beberapa hal dibawah ini.

BUAT KAMU:  Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Perlu Anda Ketahui

1. Memilih Daun

Daun yang digunakan sebaiknya yang sudah tua atau berwarna kekuningan. Daun yang tua memiliki kandungan senyawa yang lebih lengkap dibandingkan daun muda. Ambillah daun segar langsung dari pohon. Daun yang sudah terjatuh dan tidak dalam kondisi kering dikhawatirkan kandungan senyawanya sudah berkurang.

2. Pengeringan

Pengeringan dilakukan jika daun tersebut tidak langsung dikonsumsi. Pengeringan dimaksudkan agar daun tidak membusuk dan dapat digunakan dalam beberapa waktu kedepan. Pengeringan dapat dilakukan dengan menjemur di bawah terik matahari ataupun di dalam oven. Jika daun tidak dikeringkan secara optimal dan masih terdapat air, dikhawatirkan akan membusuk dan khasiat daun sukun akan hilang.

3. Alat Merebus

Alat yang baik untuk merebus ramuan adalah alat dapur yang berbahan dasar stainless steel. Sebaiknya hindari penggunaan alat dapur dengan bahan dasar alumunium. Penggunaan alumunium dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi yang membahayakan. Aluminium dapat terserap kemudian larut dalam air rebusan. Adanya alumunium dalam air rebusan dapat terserap dan terakumulasikan dalam tubuh sehingga berbahaya bagi kesehatan.

BUAT KAMU:  20 Manfaat Tepung Tapioka untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

4. Makanan Lain

Jika Anda mengonsumsi rebusan daun sukun, ada baiknya Anda menghindari beberapa makan seperti daging merah, daun singkong, daun kangkung dan daun bayam. Ada senyawa yang berlawanan dari tanaman tersebut sehingga dapat menimbulkan efek berupa kram pada otot. Hindari konsumsi secara bersamaan dalam waktu yang dekat.

5. Tekanan Darah

Bagi Anda yang mengidap hipotensi sebaiknya tidak mengonsumsi rebusan daun sukun dalam jangka panjang. Daun sukun dikenal sebagai anti hipertensi sehingga dikhawatirkan jika penderita hipotensi mengonsumsi daun sukun terlalu sering akan memperparah tekanan darah. Jika terpaksa harus mengonsumsinya, konsumsi pula makanan yang menyeimbangkan tekanan darah untuk mengurangi efek samping minum rebusan daun sukun.

6. Sesuai Takaran

Efek Samping Daun Sukun
Tips Mencegah Efek Samping Minum Rebusan Daun Sukun

Kesembuhan bukanlah sesuatu yang instan. Oleh karena itu, konsumsi rebusan daun sukun harus sesuai takaran yang ditentukan. Ada takaran yang berbeda untuk masing-masing penyakit. Takaran untuk menjaga system imunitas pun tidak berlebihan. Konsumsi yang tidak sesuai takaran hanya akan menambah penyakit lain, bukan menyembuhkan yang sudah ada.

BUAT KAMU:  2 Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh Hijau atau dengan Topping

7. Konsisten

Setelah memperhatikan hal-hal diatas, Anda perlu meniatkan untuk melakukan terapi pengobatan secara konsisten hingga penyakit Anda benar-benar tuntas. Meminum rebusan daun sukun secara tidak teratur hanya akan meredakan penyakit, bukan menghilangkan.

Apapun itu apabila tidak dikonsumsi sesuai dengan takaran tentunya menimbulkan efek samping yang sukar ditangani. Begitula pula dengan daun sukun. Perhatikan pantangan serta cara mengonsumsi yang benar agar efek samping minum rebusan daun sukun tidak terlalu parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *