efek samping minum lemon tiap hari

12 Efek Samping Minum Jeruk Nipis Tiap Hari yang Serius

Efek Samping Minum Jeruk Nipis – Tidak ada keraguan bahwa jeruk nipis adalah salah satu minuman terbaik yang berasal dari alam. Rasa jeruk nipis enak dan memuaskan dahaga seseorang dalam sekejap. Tetapi bagaimanapun menguntungkannya, jeruk nipis juga memiliki sejumlah efek samping yang dapat menyebabkan bahaya kesehatan.

Kebanyakan efek samping ini muncul karena kebanyakan mengkonsumsi jeruk nipis. Oleh karena itu kami juga membahas aturan minum jeruk nipis atau dosisnya di bagian bawah artikel.

Efek Samping Minum Jus Jeruk Nipis Tiap Hari

Baca dan ketahui tentang efek samping jus jeruk nipis yang serius di sini:

1. Dapat Menyebabkan GERD

GERD, juga dikenal sebagai ‘gastroesphageal reflux disorder‘, adalah gangguan pencernaan yang mempengaruhi cincin otot antara kerongkongan dan lambung.

Bagaimana?

GERD dipicu oleh makanan pedas atau asam. Dan minum jeruk nipis adalah salah satunya. Jeruk nipis benar-benar dapat mengiritasi lapisan esofagus sehingga memperburuk GERD.

Gejalanya?

Gejala-gejala GERD termasuk mual, nyeri ulu hati, dan muntah.

2. Memicu Kerusakan Gigi

Bakteri alami berkembang di mulut kita dan membentuk plak. Ketika kita tidak sering mencuci mulut , atau kita mengabaikan untuk mencuci mulut kita setelah minum atau makan sesuatu, plak menumpuk dan menciptakan gigi berlubang. Bahkan konsumsi sesuatu yang berbahaya bagi enamel dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Bagaimana?

Kami tahu jus jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi. Ini bisa menyebabkan peluruhan email gigi . Kandungan asam yang tinggi dalam air jeruk nipis dapat melarutkan enamel. Ketika pembusukan ini berlanjut ke dentin, Anda mungkin mulai mengalami kepekaan dan rasa sakit.

Gejalanya?

Konsekuensi lain dari mengkonsumsi air jeruk nipis (terutama kalengan) dalam jumlah yang berlebihan termasuk hilangnya jaringan gigi, gigi bernoda dan dalam beberapa kasus ekstrim, bahkan gigi berlubang.

Cara Menyajikan Lemon untuk Diet

3. Dapat Menyebabkan Tukak Perut

Tukak perut, juga dikenal sebagai tukak lambung adalah luka yang sangat menyakitkan yang ditemukan di lapisan lambung atau usus kecil. Tukak lambung terjadi ketika lendir tebal yang melapisi di dalam perut akan menipis.

Bagaimana?

Asam sitrat dalam kapur hanya mendorong ulkus di dalam lambung . Ini menyebabkan mereka bertambah parah dan memburuk. Asam meningkat (asam sitrat + asam yang diproduksi di perut Anda) dapat mengiritasi lapisan lambung dan menghentikan borok dari penyembuhan dengan benar.

BUAT KAMU:  5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Lemon PRAKTIS

Gejalanya?

Gejala sakit maag termasuk rasa sakit yang luar biasa di dalam perut, kembung, muntah dan penurunan berat badan yang tak terduga.

4. Muncul Masalah Selama Kehamilan

Kehamilan adalah waktu yang penting dan sulit bagi wanita mana pun. Karena konsumsi jus jeruk nipis yang berlebihan dapat memengaruhi perut, ini mungkin berdampak langsung pada bayi di dalam rahim ibu.

Bahkan kemungkinan tertular penyakit yang ditularkan melalui makanan meningkat selama kehamilan. Minum air jeruk nipis yang tidak dipasteurisasi mungkin berbahaya dan bahkan dapat secara langsung mempengaruhi bayi Anda.

Bagaimana?

Sistem kekebalan tubuh Anda sangat lemah selama kehamilan. Karena kekurangan ini, Anda lebih rentan terhadap sakit maag dan penyakit akibat makanan (seperti salmonella dan E.Coli) selama masa kehamilan Anda.

Gejalanya?

Terlalu banyak konsumsi jeruk nipis selama kehamilan dapat menyebabkan kram perut, gangguan pencernaan dan bahkan diare.

5. Memicu Hemochromatosis

Hemochromatosis adalah gangguan yang menonaktifkan tubuh dari menyerap zat besi. Ini menghasilkan penumpukan garam besi dan deposisi pada jaringan yang menyebabkan komplikasi. Vitamin C dalam air jeruk nipis, juga disebut asam askorbat, mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh .

Bagaimana?

Konsumsi vitamin C yang berlebihan dapat meningkatkan jumlah zat besi yang Anda serap dari makanan Anda. Tapi sisi negatifnya juga menghalangi tubuh menyerap zat besi. Ini menghasilkan akumulasi besi di dalam tubuh.

Gejalanya?

Gejala termasuk kelelahan, kelemahan, nyeri sendi dan gagal jantung. Ini adalah efek sampingan yang serius dari air jeruk nipis karena dapat menyebabkan kematian pada waktu tertentu.

6. Gangguan Sulphite

Sulphites tidak lain adalah sekelompok senyawa berbasis sulfur yang keduanya terjadi secara alami serta ditambahkan ke produk makanan sebagai pengawet. Jeruk nipis mengandung sulfit, dan karena ada orang yang sensitif terhadap sulfit, itu mungkin memicu komplikasi.

Bagaimana?

Sulphites (yang digunakan sebagai pengawet) adalah garam anorganik yang dapat membantu memperpanjang umur simpan makanan. Garam-garam ini dapat mencegah makanan berubah menjadi coklat, dan juga menghambat pertumbuhan bakteri. Jus jeruk nipis mengandung sulfit yang dapat menyebabkan reaksi dan alergi pada beberapa orang.

BUAT KAMU:  12+ Efek Samping Jeruk Lemon yang Perlu Anda Waspadai

Gejalanya?

Kulit gatal, gatal-gatal, ruam, kram perut, mual, batuk, dll.

efek samping minum lemon tiap hari
efek samping minum lemon tiap hari

7. Dapat Mempengaruhi Ginjal

Meskipun air jeruk nipis membantu mengobati batu ginjal dan baik untuk ginjal yang sehat, orang yang menderita penyakit ginjal tidak boleh mengonsumsi air jeruk nipis karena dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Bagaimana?

Buah jeruk umumnya mengandung kadar kalium tinggi . Ini mungkin buruk bagi mereka yang menderita penyakit ginjal. Ginjal yang sakit tidak akan mampu mempertahankan keseimbangan elektrolit. Ini menyebabkan kadar kalium, natrium dan fosfor yang tidak normal.

Gejalanya?

Gejala-gejalanya termasuk irama jantung yang tidak normal, kelemahan dan detak jantung yang lambat.

Sekarang setelah Anda mempelajari apa efek samping dari jus jeruk nipis pada tubuh manusia, ini tidak berarti Anda harus benar-benar menjauhinya.

Minum air jeruk nipis; tetapi dengan moderasi dan dengan tindakan pencegahan yang diperlukan sehingga Anda dapat menempatkan efek samping jeruk nipis ini di teluk!

8. Dapat Memperparah Sariawan

Sariawan (sedikit luka terbuka di dalam mulut) sering disebabkan oleh reaksi alergi. Anda mungkin mendapatkannya jika Anda alergi terhadap makanan asam seperti jus jeruk nipis.

Jauhi jus jeruk nipis atau encerkan dengan baik untuk menghindari sariawan yang menjengkelkan.

Ada sedikit bukti untuk mendukung klaim bahwa jus lemon dapat menyebabkan sariawan pada orang yang tidak alergi. Namun, akal sehat dan kebanyakan dokter akan menyarankan Anda untuk menjauhi makanan asam seperti jus buah dan minuman bersoda ketika Anda memiliki lesi ini.

9. Dapat Menyebabkan Sering Buang Air Kecil Dan Dehidrasi

Minum banyak air untuk mengganti air yang hilang karena sering buang air kecil.

Karena jus jeruk nipis meningkatkan produksi urin karena kandungan vitamin C yang tinggi, beberapa ilmuwan menyarankan untuk memberikannya kepada pasien hipertensi atau mereka dengan penyakit kencing. Jadi penting bahwa Anda juga meningkatkan asupan air untuk menghindari dehidrasi.

10. Dapat Meningkatkan Kandungan Besi

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi non-heme (zat besi) di tubuh Anda. Itu adalah berita buruk jika Anda menderita penyakit langka yang disebut hemochromatosis di mana tubuh Anda menyimpan zat besi berlebih. Kelebihan zat besi dapat merusak organ-organ Anda.

BUAT KAMU:  5 Cara Menggunakan Air Lemon untuk Diet Sehat Anda

Kurangi asupan jus jeruk nipis Anda jika Anda tahu bahwa tubuh Anda menyimpan lebih banyak zat besi daripada biasanya.

Sistem Kesehatan Universitas Virginia mengklaim bahwa jumlah vitamin C diet yang biasa Anda konsumsi terlalu rendah untuk menimbulkan masalah, tetapi ia memperingatkan agar tidak mengonsumsi jus jeruk dengan makanan. Secangkir jus jeruk memiliki sekitar 31% lebih banyak vitamin C dari 1 cangkir jeruk nipis. Jadi, tidak perlu melewatkan jus lemon, tetapi mungkin itu ide yang bagus untuk mengurangi asupan Anda.

11. Mungkin Menjadi Pemicu Untuk Pasien Migrain

Jika jus jeruk nipis adalah pemicu migrain Anda, jangan melebihi 1/2 cangkir jus encer.

Bagi sebagian orang, buah jeruk seperti jeruk nipis bisa menjadi pemicu migrain. Dalam sebuah penelitian, 11% dari 490 pasien migrain mengatakan bahwa makan buah jeruk membawa serangan.15 Ini karena buah jeruk memiliki tyramine, produk protein, yang telah dilihat sebagai pemicu migrain. Anda tidak harus menghindari jeruk nipis sama sekali. Hanya kurangi asupan harian Anda menjadi setengah cangkir.

12. Bisa Menyebabkan Mual Dan Muntah

Mengingat bahwa jeruk nipis penuh dengan vitamin C, penting untuk dicatat bahwa terlalu banyak nutrisi dapat menyebabkan mual, dan dalam beberapa kasus, bahkan muntah. Kelebihan jus lemon (lebih dari 2 jeruk nipis atau 3 cangkir jus jeruk nipis encer) dapat menyebabkan overdosis vitamin C. Meskipun ini tidak menimbulkan ancaman serius, tubuh Anda, bagaimanapun, akan mencoba untuk mengeluarkan kelebihan vitamin C – menyebabkan muntah.

Bahkan diet detoks seperti diet air jeruk nipis ditemukan menyebabkan mual dan muntah.

Aturan Minum Jeruk Nipis

Apa Yang Direkomendasikan Dosis jeruk nipis / Jus jeruk nipis? Mengkonsumsi 120 ml jus jeruk nipis (mengandung 5,9 gram asam sitrat) sehari dianggap aman. Pastikan Anda mencairkan jus sebelum melakukannya. Dosisnya sama untuk wanita hamil dan menyusui juga. Jangan melampaui dosis yang ditentukan karena efek berikutnya tidak diketahui

Sumber Informasi Efek Samping Minum Jeruk Nipis Setiap hari

  1. stylecraze.com/articles/serious-side-effects-of-lime-juice/
  2. stylecraze.com/articles/serious-side-effects-of-lemon/
  3. curejoy.com/content/side-effects-lemon-didnt-know/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *