Efek Samping Mahkota Dewa

Waspadi 5 Efek Samping Mahkota Dewa Yang Mungkin Ini

Mahkota dewa memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, tetapi efek samping mahkota dewa juga ada jika tidak diolah secara benar. Sebelum Anda mengolah tanaman herbal menjadi sebuah obat, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu bagian-bagian tanaman manakah yang bisa diolah. Hal ini untuk menghindari terjadinya efek samping karena cara pengolahannya yang salah, sehingga akan menimbulkan dampak negatif ketika selesai dikonsumsi.

Untuk itu, Anda harus ekstra hati-hati karena pada tanaman ini ada bagian yang sangat beracun, yaitu bagian biji. Pastikan untuk membuang bijinya terlebih dahulu agar tidak ikut termakan nantinya dan justru memunculkan bahaya bagi kesehatan tubuh.

Inilah 5 Efek Samping Mahkota Dewa yang Perlu Diketahui

Khasiat dan manfaat dari tanaman mahkota dewa sudah sangat populer di kalangan masyarakat di Indonesia. Hal ini karena dapat mengatasi dan mengobati berbagai macam penyakit, seperti rematik, asam urat, diabetes, dan alergi kulit. Ada racikan-racikan tertentu untuk mengolahnya agar bisa dikonsumsi dengan baik, sehingga khasiatnya pun akan terasa maksimal.

Pohon Mahkota Dewa
Pohon Mahkota Dewa

Namun, ternyata mahkota dewa juga memiliki efek samping yang tidak bisa diremehkan karena berujung pada masalah kesehatan. Berikut ini ada 5 efek samping mahkota dewa yang perlu Anda ketahui dan pelajari:

(1) Menyebabkan Keracunan

Seperti yang telah diketahui, bahwa bagian biji dari tanaman mahkota dewa adalah bagian yang paling beracun dan tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Jika sudah terlanjur mengonsumsi bijinya, maka gejala yang terlihat pertama kali adalah lidah terasa kaku dan mati rasa seketika. Kemudian, akan diikuti oleh gejala demam atau panas pada tubuh. Ketika sudah merasakan gejala-gejala tersebut, disarankan untuk langsung pergi ke dokter dan meminum air putih sebanyak-banyaknya. Jika dilihat, gejala tersebut tampak serius dan akan semakin parah jika tidak diobat sesegera mungkin. Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk membuang biji mahkota dewa sebelum mengolahnya untuk dikonsumsi.

BUAT KAMU:  5 Khasiat Mahkota Dewa untuk Pria yang Jarang Diketahui

(2) Menyebabkan Sakit Kepala

Efek samping mahkota dewa selanjutnya adalah dapat menimbulkan sakit kepala kronis. Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi tanaman yang satu ini sebagai obat, maka pastikan agar tidak mengonsumsinya terlalu sering atau berlebihan dalam jangka waktu yang panjang. Konsumsi olahan tanaman mahkota dewa secara berlebih akan menyebabkan sakit kepala kronis yang tentu saja justru akan mengganggu kehidupan sehari-hari. Anda harus mengonsumsinya dengan dosis atau takaran tertentu dan aturan pakai yang telah dianjurkan agar tidak terjadi masalah kesehatan tersebut.

(3) Menyebabkan Gangguan Kehamilan

Tanaman mahkota dewa sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Hal ini karena ada 2 zat berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan kehamilan, yaitu sintosinon dan oksitosin. Perlu diketahui bahwa kedua zat ini akan merangsang proses kontraksi rahim pada saat kelahiran. Jika usia kehamilan masih muda, maka akan beresiko keguguran.

(4) Memperhebat Pendarahan

Efek samping mahkota dewa berikutnya adalah dapat memperhebat pendarahan dan menggerus dinding rahim. Hal ini dapat terjadi jika Anda mengonsumsinya pada saat haid atau menstruasi. Oleh karena itu, hindari mengonsumsinya pada saat haid untuk menghindari hal tersebut.

Efek Samping Mahkota Dewa
Efek Samping Mahkota Dewa

(5) Menyebabkan Kantuk dan Mabuk

Hal ini akan terjadi jika Anda mengonsumsi air mahkota dewa secara berlebihan. Jadi, usahakan untuk mengonsumsinya sesuai dengan aturan yang telah dianjurkan.

BUAT KAMU:  5 Cara Mengolah Mahkota Dewa Yang Benar & Baik

Itulah beberapa efek samping yang bisa didapatkan ketika tidak mengolah dan mengonsumsinya dengan benar. Masih banyak efek samping mahkota dewa yang perlu Anda ketahui, untuk itu berhati-hatilah dalam mengolahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *