efek samping

5 Efek Samping Lemon untuk Wajah & Kulit Beserta Pencegahannya

Efek Samping Lemon untuk Wajah – Jeruk ini sudah sangat umum digunakan dalam makanan. Selain itu, lemon sering juga dipakai untuk menjaga kulit dan rambut. Semua bagian lemon, mulai dari kulit sampai daging dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan wajah. Lemon dapat digunakan sebagai toner atau face pack, atau bahkan sebagai bahan pemutihan wajah.

Beberapa manfaat lemon untuk kulit ialah meremajakan kulit, pengelupasan kulit dan mencerahkan kulit. Meskipun lemon dapat digunakan untuk merevitalisasi kulit Anda, namun jika digunakan secara serampangan dapat menyebabkan efek samping yang parah. Beberapa di antaranya menyebabkan alergi atau kerusakan pada kulit atau wajah.

Tentu, tidak ada wanita yang menginginkan kekhawatiran seperti itu! Sebagai perawatan kulit bebas repot; baca terus untuk mempelajari tentang efek samping dari lemon dan bagaimana berhati-hati ketika menggunakannya untuk perawatan wajah dan kulit. Serta akan dibahas juga cara penggunaan lemon untuk wajah yang benar.

Efek Samping Lemon untuk Wajah dan Kulit

Berikut di bawah ini akan kita bahas tentang efek samping lemon untuk kulit. Selain itu kita juga akan bahas cara pencegahan efek samping, penggunaan lemon untuk kulit yang benar, dan manfaat apa saja yang bisa didapat dari lemon bagi wajah dan kulit kita.

A. Efek Samping Lemon untuk Wajah

Meski minim, namun ada efek samping dari lemon pada kulit terutama jika digunakan tanpa pengenceran dan di bawah sinar matahari.

BUAT KAMU:  Cara Minum Air Lemon yang Benar

Di Bawah Ini Adalah Beberapa Efek Samping Lain Dari Lemon Pada Kulit.

  1. Luka bekas jerawat bisa terjadi ketika Anda menggunakan lemon saat wajah berjerawat. Ini karena sifat asam dapat menyengat jerawat Anda dan menyebabkannya berdarah.
  2. Efek samping lain menggunakan lemon untuk wajah adalah dapat mengikis warna kulit Anda karena sifat astringennya.
  3. Lemon untuk perawatan kulit adalah hal umum, tetapi orang-orang dengan kulit gelap harus menghindari menggunakannya untuk mengobati jerawat karena dapat menyebabkan bintik-bintik gelap.

Untuk mencegah efek samping lemon pada wajah, selalu pastikan bahwa Anda melarutkannya dengan air. Jangan langsung mengaplikasikannya ke wajah Anda.

B. Pencegahan Efek Samping Lemon Pada Kulit

Berikut adalah beberapa peringatan yang perlu diketahui sebelum menggunakan lemon pada kulit. Ini akan membantu mengurangi efek samping dari lemon pada kulit.

  1. Cegah langsung mengolesi lemon murni di kulit Anda – Selalu encerkan lemon dengan air putih, air mawar, gel Aloe Vera atau madu untuk mengurangi keasamannya.
  2. Lebih disukai menggunakan lemon pada wajah di malam hari atau di malam hari untuk menghindari reaksi apapun karena matahari.
  3. Gunakan lemon segar untuk efek maksimum vitamin C. Besarnya efek lemon menurun jika dibiarkan bersentuhan dengan udara.

C. Cara Menggunakan Lemon Untuk Kulit Yang Benar

Lemon dapat digunakan untuk wajah dan kulit melalui cara berikut:

BUAT KAMU:  7+ Cara Membuat Jus Lemon yang Benar dan Sedap

1. Dengan Aplikasi Langsung

Untuk mencerahkan dan melembutkan kulit, gunakan jus lemon di area tubuh Anda. Anda juga dapat menghilangkan komedo dengan menggosok lembut jus lemon di area yang ada komedonya. Dengan mengulangi ini setiap malam dan membilas dengan air dingin di pagi hari, komedo pada akhirnya akan menghilang. Wanita dengan kulit sensitif? tolong hindari!

2. Sebagai Face Pack

Lemon untuk melembabkan kulit kering?

Campurkan minyak zaitun, madu, dan lemon dalam jumlah yang sama untuk membuat face pack. Lalu aplikasikan ke daerah kering di kulit. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Untuk kulit berkerut gunakan madu, beberapa tetes air lemon dan minyak almond. Kemudian oleskan ke wajah Anda. Cuci ini dalam 20 menit saat mengering.

3. Sebagai Toner

Untuk kulit berminyak; campur jus lemon, cuka, air suling dan witch hazel (bisa dicari alternatifnya) lalu oleskan ini pada kulit dengan kapas. Bilas dengan air dingin.

4. Sebagai Exfoliator (pengelupasan)

Setiap minggu secara rutin; celupkan potongan lemon ke gula. Kemudian gosokkan pada wajah Anda selama beberapa menit. Hal ini akan mengelupas kulit dengan lembut.

D. Manfaat Lemon untuk Wajah dan Kulit

efek samping lemon untuk wajah
efek samping lemon untuk wajah

Sebelum menggunakan jus lemon di wajah, Anda perlu memahami apa yang dilakukanperasan pers lemon untuk kulit Anda. Maka Anda dapat menggunakan jus lemon sesuai untuk jenis kulit Anda –

  1. Dapat mengatasi Kulit Berminyak, Kulit Kering, Kulit sensitif
  2. Revitalisasi Kulit – Karena faktor lingkungan, kekurangan tidur dan stres, kulit dapat mengalami penuaan dini dan kusam. Perasan lemon mengandung Vitamin C yang berfungsi sebagai anti-oksidan dan memberikan bantuan dalam memulihkan semangat dan vitalitas kulit.
  3. Pemutih Kulit – Vitamin C bersama dengan asam sitrat membantu dalam mengurangi noda dan bintik-bintik gelap. Ia bahkan bisa membantu mencerahkan kulit pada lutut dan siku.
  4. Pengelupasan – Kulit mati memberikan penampilan yang kering dan kusam. Asam sitrat dalam lemon membantu melepaskan sel-sel mati dari kulit Anda dan meningkatkan kecerahan kulit.
  5. Efek Anti-penuaan – Manfaat anti-oksidan vitamin C dan pengelupasan asam sitrat membantu menjaga kelembaban kulit, kelembutan dan mencegah kerutan pada wajah.
BUAT KAMU:  8 Manfaat Minum Air Lemon setiap Pagi (Sayang Dilewatkan)

Seperti itulah pembahasan kita tentang efek samping lemon untu wajah dan kulit. Selain itu telah kita bahas juga cara pencegahan efek samping beserta cara menggunakan lemon untuk wajah yang tepat. Melihat manfaatnya, cukup disayangkan jika kita menghindari lemon karena khawatir akan efek sampingnya. Yang penting adalah cara menggunakannya yang benar. Semoga bermanfaat bagi Anda di rumah.

Sumber Artikel Efek Samping Lemon untuk Wajah 

  1. www.fashionlady.in/what-are-the-side-effects-of-lemon-juice-on-face/58333

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *