Efek Samping Daun Binahong yang Perlu Anda Ketahui

5 Efek Samping Daun Binahong yang Perlu Anda Ketahui

Bila Anda mempunyai niat untuk mengonsumsi daun binahong secara berkala, di bawah ini beberapa efek samping daun binahong beserta penjelasannya yang patut Anda ketahui.

Daun binahong merupakan sejenis daun merambat yang memiliki banyak sekali khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Diantaranya adalah kanker, sakit maag, ambeien, dan sebagainya. Namun seperti kebanyakan daun herbal, daun binahong juga memiliki efek samping. Bila Anda penasaran lebih lanjut terkait efek samping daun binahong, pahamilah penjelasan di bawah ini.

Beberapa Efek Samping Daun Binahong Ketika Digunakan

Daun yang dapat ditemukan dengan mudah di Korea dan China ini termasuk daun yang legendaris. Kekuatannya dalam menyembuhkan luka dalam dan luka luar sudah dibuktikan bertahun-tahun lamanya oleh tabib tradisional. Bagaimanapun sempurnanya daun binahong, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak menggunakan daun binahong sebagai obat.

1. Memacu detak jantung lebih cepat

Efek samping daun binahong yang pertama adalah dapat memacu detak jantung lebih cepat. Ini dikarenakan zat efedrin atau ephedra yang terdapat di dalam daun binahong merangsang percepatan detak jantung lewat pembuluh darah. Akibatnya setelah mengonsumi daun binahong, Anda dapat merasa telah berlari namun hanya jantung Anda saja yang terpompa atau terasa lelah, tidak badan Anda.

BUAT KAMU:  5 Fungsi Daun Binahong yang Tak Banyak Orang Tahu

2. Membuat gelisah

Daun binahong juga dapat mengakibatkan kegelisahan yang berlebihan. Bukan karena menimbulkan sebuah pemikiran dalam otak kanan yang menyimpan imajinasi, namun karena senyawa yang terdapat dalam daun binahong memberikan sebuah stimulus langsung dari otak menuju ke saraf-saraf yang terdapat di otot. Hal tersebut kemudian berdampak ke kagetnya saraf hingga menimbulkan rasa gelisah.

Efek Samping Daun Binahong yang Perlu Anda Ketahui
Efek Samping Daun Binahong yang Perlu Anda Ketahui

3. Dapat merusak keseimbangan jiwa

Terdengar berlebihan, namun memang benar bahwa salah satu efek samping daun binahong yaitu dapat merusak keseimbangan jiwa. Namun, hanya bila disatukan penggunaannya dengan kafein. Kafein dan daun binahong sama-sama memiliki efek yang kuat, senyawa yang solid, dan massa yang tetap. Sehingga ketika Anda mencoba mengonsumsi daun binahong setelah meminum kopi, perasaan Anda tidak akan karuan bahkan bila Anda memaksa untuk tetap diam, reaksi yang diberikan akan selalu melebihi.

4. Dapat menimbulkan nyeri dada

Nyeri dada atau angina adalah hal biasa apalagi bila kita selalu berkutat dengan pekerjaan luar ruangan atau tinggal di tempat dengan tekanan udara tinggi. Bila Anda berdomisili di daerah yang telah disebutkan di atas dan bermaksud mengonsumsi daun binahong, sebaiknya Anda perlu berhati-hati karena daun binahong dapat menimbulkan angina atau memperparah angina yang ada di tubuh pengggunanya.

BUAT KAMU:  Rahasia Masker Daun Binahong untuk Jerawat yang Ampuh

5. Menimbulkan insomnia

Datang dari penyebab yang sama yaitu percampuran antara daun binahong dan kafein, tentu saja penggunaan tersebut menyebabkan insomnia bagi penggunanya. Berhubung keduanya memiliki senyawa yang kuat, insomnia yang ditimbulkan pasti akan bertahan lama. Keadaan akan lebih parah apabila Anda seorang pengidap insomnia. Sistem kejiwaan dan kebugaran fisik Anda mungkin akan terganggu dalam kurun waktu 3 -5 hari.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak efek samping daun binahong yang ditimbulkan dari penyebab yang sama. Efek-efek samping tersebut diantaranya adalah:

  • Menyebabkan mual
  • Perut terasa kosong dan terkocok
  • Penyaluran emosi disampaikan secara berlebihan
  • Kepala terasa pusing dan tengkuk serasa ditekan
  • Bila pengguna memiliki kadar kolesterol tinggi, ada kemungkinan terkena stroke
  • Tidak ada makanan yang membuat berselara
  • Dan sebagainya

Untungnya, efek samping daun binahong tidak akan terjadi dengan sangat parah jika penggunaannya diawasi oleh ahli obat herbal atau dokter yang sudah berpengalaman dalam bidang penyembuhan menggunakan obat herbal. Takaran yang dianjurkan oleh seorang ahli obat herbal atau dokter tentunya dipertimbangkan dengan kondisi tubuh Anda sehingga dosisnya pas.

BUAT KAMU:  Inilah Daun Binahong dan Khasiatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *