Efek Samping Bunga Kitolod

5 Efek Samping Bunga Kitolod yang Wajib Anda Ketahui

Banyaknya khasiat bunga kitolod perlu diketahui beriringan dengan efek samping bunga kitolod. Baca dan pahami artikel di bawah ini mengenai efek samping bunga kitolod.

Kegunaan bunga kitolod sudah sangat diakui oleh banyak orang. Walaupun namanya memang asing, namun bunga kitolod adalah bahan utama dari beberapa obat. Sebut saja obat mata, obat herbal kanker, dan sebagainya. Sebagai tanaman herbal, tentu bunga dan daun kitolod memiliki efek samping bagi penggunanya. Lihat artikel di bawah ini untuk mengetahui efek samping bunga kitolod.

Efek Samping Bunga Kitolod yang Harus Diwaspadai

Bunga kitolod adalah bunga yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Selain mudah ditemukan, bunga kitolod dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bila Anda merupakan salah satu pengguna daun dan bunga kitolod, Anda perlu memperhatikan efek samping bunga kitolod dalam penggunaanya sebagai obat penyembuh maupun pereda penyakit.

1. Membuat perih mata

Efek samping bunga kitolod bunga kitolod yang pertama adalah dapat membuat perih mata yang menggunakannya. Pada dasarnya, memang bunga kitolod bisa dijadikan obat untuk mengobati sakit mata atau infeksi mata. Hal tersebut dibuktikan dengan obat mata yang dijual di pasaran mencampurkan daun kitolod dalam komposisinya. Namun, rasa perih di mata tidak dapat terhindarkan saat menggunakan bunga kitolod sebagai obat mata.

BUAT KAMU:  Beberapa Manfaat Bunga Kitolod untuk Kesehatan Anda

2. Membuat kering mata

Selain membuat perih untuk beberapa waktu kedepan setelah pemakaiannya, bunga kitolod juga dapat membuat kering mata. Mata yang kering artinya cadangan air yang membasahi bola mata tidak tersedia dengan baik. Bila Anda ingin menghindari rasa kering yang lebih dalam lagi, Anda dapat menutup mata Anda sekitar 5-10 menit untuk memulihkannya. Setelah itu, cobalah mengedipkan mata dengan sering agar mata kembali lembab.

3. Kemungkinan besar menginfeksi mata

Efek Samping Bunga Kitolod
Efek Samping Bunga Kitolod

Efek samping bunga kitolod yang lainnya adalah bahwa bunga kitolod memiliki kemungkinan besar untuk memberikan infeksi pada mata Anda. Infeksi yang timbul didapatkan dari ujung tangkai bunga kitolod yang digunakan sebagai media untuk meneteskan air rendaman. Bakteri yang sebelumnya tersimpan di bagian sekitar ujung tangkai bunga menjadi penyebab utama dalam infeksi mata yang menjadi efek samping dari bunga kitolod.

4. Daerah mulut menjadi kesat

Bila Anda mengonsumsi daun kitolod sebagai obat untuk meringankan rasa sakit yang ada di gigi Anda, jangan heran bila setelahnya daerah mulut Anda menjadi kesat. Getah yang dihasilkan oleh daun kitolod memang cukup kuat. Bahkan setelah diolah pun, getahnya masih terasa cukup kentara. Mulut yang kesat seperti ini dapat memicu bakteri untuk berkembang biak, bahkan hingga menimbulkan sariawan.

BUAT KAMU:  Ciri dan Lokasi Dimana Bunga Kitolod Tumbuh dengan Bebas

5. Tenggorokan kering

Menyambung efek yang dihasilkan daun kitolod setelah diolah untuk obat sakit gigi, bunga kitolod yang direbus juga berguna untuk mengatasi tenggorokan yang mengalami peradangan. Biasanya, radang memang sembuh perlahan setelah mengonsumsi air rebusan bunga kitolod. Namun efek sampingnya yaitu tenggorokan menjadi kering. Solusi untuk tenggorokan yang kering karena meminum air rebusan bunga kitolod adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan air seperti semangka.

Demikian artikel tentang beberapa efek samping bunga kitolod yang wajib Anda ketahui. Tentunya, efek samping yang dihasilkan sesuai dengan pengolahan yang Anda lakukan. Bila Anda mengolahnya dengan teliti dan hati-hati, efek samping yang dihasilkan tidak akan berdampak parah pada tubuh Anda. Bila Anda kurang mengerti dengan cara mengolahnya, tanyakan kepada orang terdekat atau orang yang ahli. Jangan sampai efek samping yang dihasilkan justru makin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *