Efek Samping Bawang Hitam

14 Efek Samping Black Garlic yang Bisa Muncul (Perhatikan)

Efek Samping Black Garlic – Bawang putih hitam pada dasarnya adalah bawang putih yang difermentasi atau berumur. Black garlic memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya bersifat antioksidan yang kuat, sehingga sangat berpotensi dalam pengobatan kanker.

Tapi, apakah tidak ada efek samping dari bawang hitam?

Apa Efek Samping Bawang Hitam (Black Garlic)

Jawabannya adalah tidak ada efek samping serius yang diketahui dari black garlic. Malah, ditemukan bahwa dosis racun bawang putih hitam hanya 1.000 μg / mL. Dosis toksisitas ini jauh lebih mending jika dibandingkan dengan bawang putih biasa.

A. Kasus Efek Samping Penggunaan Black Garlic

Selain itu, ada sebuah kasus langka telah dilaporkan terkait black garlic. Di mana bawang putih hitam telah menyebabkan kasus pneumonia. Tetapi, tidak dapat dipastikan apakah itu benar reaksi dari imunitas atau kasus toksisitas.

Sehingga sampai saat ini belum ada catatan pasti tentang efek samping bawang hitam, yang ada justru ia lebih aman dibanding bawang putih biasa.

black garlic adalah
black garlic adalah

Selain itu, karena black garlic hampir mewarisi semua dari bawang putih biasa, maka begitu juga dengan efek sampingnya. Berikut adalah efek samping dari bawang putih, ketika dikonsumsi overdosis atau saat waktu yang tidak tepat:

  1. Dapat memicu sakit hati (liver)
  2. Menyebabkan bau tidak sedap
  3. Mual, muntah, dan mulas
  4. Diare
  5. Meningkatkan risiko pendarahan
  6. Bisa menyebabkan masalah lambung
  7. Menurunkan tekanan darah terlalu banyak
  8. Dapat menyebabkan berkeringat berlebihan
  9. Bisa menyebakan pusing
  10. Dapat Memicu Eksim atau Ruam
  11. Memicu Sakit Kepala
  12. Menyebabkan tekanan darah renfah
  13. Bisa muncul efek samping bagi wanita hamil
  14. Mungkin berinteraksi negatif dengan obat-obatan terntentu

Tentu saja, jika dikonsumsi dalam jumlah normal dan waktu yang pas, maka kecil sekali kemungkinan efek samping di atas muncul.

BUAT KAMU:  Jual Kapsul Bawang Putih Tunggal

B. Mekanisme Kimiawi Black Garlic

Bawang putih mengandung banyak senyawa sulfur hidrogen, yang sangat penting bagi sifat antioksidan. Allicin, komponen bawang putih yang tidak stabil, diubah menjadi senyawa organosulfur, yang lebih stabil dan  mengandung kemampuan menyumbang hidrogen-sulfur.

Senyawa hidrogen-sulfur sangat penting untuk efek antioksidan, karena mereka mengaktifkan Nfr-2 factor.

Faktor nfr-2 berikatan dengan elemen respon antioksidan, yang memicu pelepasan berbagai enzim :

  • Heme oxygenase-1
  • Superoksida dismutase
  • Katalase
  • Quinone-oxidoreductase-1
  • Glutathione S-transferase

Semua enzim ini penting karena mereka menjadi antioksidan kuat, mengubah oksigen dan nitrogen menjadi keadaan nonreaktif yang dapat secara signifikan merusak sel dalam tubuh manusia.

C. Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic)

Efek Samping Bawang Hitam
Efek Samping Bawang Hitam

Dengan efek samping yang sedikit, bahkan hampir tidak ada, bawang hitam justru memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut di antaranya:

1) Bawang Putih Hitam Memiliki Sifat Anti Kanker

Bawang putih hitam beracun untuk berbagai sel kanker. Bawang itu dapat menghentikan pertumbuhan dan pembelahan sel-sel tersebut, sekaligus membunuhnya. Berbagai penelitian tentang sel telah dilakukan untuk menganalisis kemampuan anti-kanker dari bawang putih hitam.

2. Bawang Putih Hitam Dapat Mengobati Leukemia

Dalam penelitian tentang sel leukemia pada manusia, ditemukan bawang putih hitam dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker. Bawang putih hitam memicu molekul pensinyalan (caspase) untuk memulai kematian sel secara terprogram.

Bawang putih hitam juga mendegradasi enzim yang disebut poli (ADP-ribose) -polimerase. Sehingga dapat mencegah DNA dalam sel-sel kanker kembali. Hal ini memastikan bahwa sel-sel kanker telah mati.

3. Bawang Putih Hitam Dapat Membantu Mengobati Kanker Perut

Dalam sebuah penelitian sel kanker perut manusia, bawang putih hitam pada konsentrasi 10 mg / mL, 50 mg / mL, dan 100 mg / mL berhasil membunuh sel kanker. Ini menunjukkan peran potensial bawang putih hitam dalam kemoterapi.

Bawang Hitam juga mengurangi gerakan, pertumbuhan, dan stabilitas sel kanker dengan mengurangi aktivitas enzim dari molekul struktural utama yang disebut matriks metalloproteinase-2 dan matriks metalloproteinase-9.

BUAT KAMU:  5 Cara Mengkonsumsi Bawang Hitam yang Enak

4. Bawang Putih Hitam Dapat Mengobati Kanker Usus

Pengobatan dengan bawang putih hitam menyebabkan kematian bagi sel kanker usus. Hal itu juga menghentikan proses siklus sel kanker yaitu pertumbuhan, replikasi, dan pembelahan.

Secara khusus, bawang putih hitam menghentikan sinyal (phosphatidylinositol 3-kinase̸protein kinase B transduksi jalur) yang mempromosikan sintesis protein dan dengan demikian mencegah kelangsungan hidup sel kanker.

5. Bawang Putih Hitam Dapat Mengobati Endometriosis (Dinding Rahim)

Pada sel kanker endometrium manusia, 50 μg / mL bawang putih hitam menghambat pertumbuhan sel kanker dengan menghentikan sinyal penting (c-Jun N-terminal kinase).

6. Bawang Putih Hitam Memberi Manfaat Jantung

Bawang putih hitam meningkatkan kolesterol pasien dengan kadar kolesterol yang sedikit tinggi dalam berbagai penelitian.

Tingkat tinggi senyawa organosulfur hitam bawang putih juga mengendurkan pembuluh darah, yang mengarah ke menurunkan tekanan darah.

Bawang putih hitam juga secara signifikan menurunkan tingkat apo B dalam darah. Tingkat apo B yang tinggi terkait dengan penyakit jantung .

7) Bawang Putih Hitam Merupakan Antioksidan yang Kuat

Bawang putih hitam mengubah senyawa allicin, senyawa yang tidak stabil, menjadi senyawa yang lebih stabil yang berubah menjadi antioksidan hebat. Reaksi Maillard menyebabkan perubahan warna hitam dari bawang putih dan menghasilkan berbagai senyawa yang memiliki sifat antioksidan.

Bawang putih hitam 10 kali lebih efektif daripada bawang putih segar dalam kekuatan antioksidan. Bawang putih meniru enzim (superoksida dismutase) dengan mempertahankan sel dari hidrogen peroksida , spesies oksigen reaktif yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan.

BUAT KAMU:  3+ Cara Mengkonsumsi Bawang Putih untuk Kolesterol jahat

8. Bawang Putih Hitam Dapat Mengurangi Peradangan

Dalam penelitian sel manusia, 5-HMF, antioksidan yang ditemukan dalam bawang putih hitam, menghentikan aktivasi faktor nuklir kappa B ( NF-κB ).

Bawang putih hitam juga menurunkan jumlah protein yang bergabung dengan sel dan membuat gumpalan darah. Hal Ini menurunkan jumlah sel yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel.

9) Bawang Putih Hitam Dapat Mengurangi Kerusakan Hati

Bawang putih hitam juga meningkatkan aktivitas normal dan metabolisme hati karena bawang putih meningkatkan kadar molekul yang disebut CYP2E1 . Bawang putih hitam menurunkan simpanan lemak hati dan menyeimbangkan kembali diameter sel hati ke ukuran optimal.

10) Bawang Putih Hitam Dapat Membantu Mengurangi Obesitas

Dalam studi tikus, bawang putih hitam secara signifikan menurunkan berat badan, lemak perut , dan sel lemak (ukuran adiposit). Tikus-tikus mengalami manfaat penurunan lemak secara keseluruhan. Bawang putih hitam juga menurunkan kadar trigliserida dan LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

11) Melindungi Sel-Sel Otak dari Kerusakan Akibat Mecin

Anda pasti pernah mendengar tentang MSG bumbu (monosodium glutamat). Dalam sel otak tikus, MSG merusak sel Purkinje di otak (cerebellum dan hippocampus).

Otak kecil dan hippocampus adalah bagian penting dari otak, karena mereka mengendalikan koordinasi otot dan memungkinkan retensi memori manusia. Pada tikus, ekstrak bawang putih hitam membantu mengurangi kerusakan sel Purkinje yang disebabkan oleh MSG .

Itulah pembahasan kita tentang efek samping bawang hitam dan manfaatnya yang jauh lebih banyak. Semoga hal di atas semakin menyemangati Anda untuk melakukan terapi kesehatan dengan black galric alias bawang putih hitam. Terima kasih

Sumber Referensi: selfhacked.com/blog/black-garlic/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *