daun kenikir dan manfaatnya

Daun Kenikir dan 4 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa orang mungkin ada yang tidak mengetahui tentang daun kenikir. Namun bagi masyarakat Jawa, daun ini sangat familiar. Terutama untuk masyarakat Jawa Barat yang kerap kali menggunakan daun ini sebagai lalapan pendamping nasi ketika makan. Daun kenikir dan manfaatnya dapat Anda rasakan setelah mengonsumsinya secara rutin.

Sebelumnya banyak orang yang tidak mengetahui khasiat dari mengonsumsi daun ini. Padahal daun kenikir memiliki banyak khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Daun Kenikir dan Manfaatnya Bagi Penderita Berbagai Penyakit

Seiring berjalannya waktu, daun kenikir semakin dikenal dan banyak dicari oleh masyarakat. Daun kenikir memiliki berbagai kandungan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh diantaranya polifenol, terpenoid, flavonoid, kalsium, saponin dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah, daun ini sering dijadikan sebagai obat alternatif yang alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini akan dipaparkan mengenai daun kenikir dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh:

1. Menghambat Perkembangan Sel Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat. Tidak dipungkiri lagi bahwa setiap orang akan merasa takut ketika mendengar kata tersebut. Pasalnya, penyakit kanker merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

HARUS BACA:  Jual Obat Asam Urat

Sel kanker dapat berkembang didalam tubuh penderita dan akhirnya dapat menimbulkan kerusakan organ tubuh hingga kematian.

Salah satu obat alternatif berbahan alami yang dapat digunakan untuk menghambat perkembangan sel kanker adalah daun kenikir. Kandungan saponin dan flavonoid yang ada pada daun kenikir berguna untuk menghambat perkembangan sel kanker dan menghancurkannya.

Apabila penderita kanker secara rutin mengonsumsi daun ini, maka mereka memiliki peluang untuk sembuh dari penyakit tersebut.

2. Memperbaiki Kerja Jantung

Apabila Anda mencari informasi mengenai daun kenikir dan manfaatnya, mungkin akan menemukan fakta bahwa kenikir berkhasiat untuk memperbaiki sistem kerja jantung. Sama halnya dengan kanker, penyakit ini juga cukup serius sehingga tidak bisa diremehkan.

Banyak orang yang tiba-tiba meninggal dikarenakan menderita penyakit jantung. Ada banyak obat yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit jantung. Namun, daun kenikir juga bisa digunakan sebagai obat alami yang dapat memperbaiki sistem kerja jantung.

Kandungan flavonoid yang ada pada daun kenikir memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki sel-sel rusak. Sel yang mengalami kerusakan pada jantung akan diperbaiki oleh senyawa flavonoid tersebut sehingga akan memperlancar aliran darah pada jantung dan memperkuat otot-otot jantung.

HARUS BACA:  4 Cara Mengonsumsi Minyak Kelapa yang Nikmat & Berkhasiat

3. Mengatasi Sakit Maag

daun kenikir dan manfaatnya
daun kenikir dan manfaatnya

Daun kenikir dan manfaatnya dapat dirasakan oleh penderita sakit maag. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan senyawa polifenol, tokoferol dan hidroksieugenol yang berguna untuk menetralkan asam lambung. Tidak hanya itu, ketiga senyawa yang terkandung dalam daun kenikir tersebut juga dapat mengobati luka pada lambung yang kerap kali dialami oleh penderita tukak lambung.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun kenikir juga mengandung protein nabati yang berfungsi untuk proses pembentukan fagosit. Oleh karena itu, daun kenikir dapat membantu metabolisme tubuh dan memperkuat sistem imun sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Daun kenikir dan manfaatnya dapat Anda rasakan setelah mengonsumsinya secara teratur. Pemakaian daun kenikir untuk pengobatan penyakit tertentu telah banyak dilakukan oleh masyarakat pada saat ini. Namun penggunaan daun ini tetap tidak boleh berlebihan dan harus sesuai dengan dosis ataupun aturan konsumsi yang dianjurkan.

Apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

HARUS BACA:  5 Manfaat Kayu Manis dan Apel Untuk Kesehatan & Diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *