cara memutihkan wajah dengan daun kelor

Rahasia Masker Daun Binahong untuk Jerawat yang Ampuh

Perawatan tradisional menggunakan daun binahong untuk jerawat dianggap cukup ampuh sejauh ini. Selain jerawat menghilang, noda bekas jerawat pun menjadi tersamarkan dengan baik. Bahkan, daun yang satu ini mampu mencerahkan kulit wajah dan membuatnya menjadi lebih halus. Memang, bahan-bahan herbal alami dipercaya lebih efektif untuk mengatasi masalah yang muncul pada wajah.

Selain itu, hampir tidak ada efek samping yang ditimbulkan ketika selesai menggunakannya. Akan tetapi, hasil yang maksimal hanya bisa Anda dapatkan jika menggunakannya secara rutin dan tekun. Walaupun hasilnya didapatkan secara perlahan, namun jauh lebih baik daripada hasil instan yang justru akan merusak kesehatan wajah Anda.

Langkah-Langkah Membuat Masker Daun Binahong untuk Jerawat dan Cara Penggunaannya

teh daun binahong

Ada banyak penyebab timbulnya jerawat pada wajah, yaitu penumpukan sel kulit mati, bakteri, paparan bahan kimia dari krim wajah, stress, hormon yang tak menentu, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, hindarilah hal-hal diatas agar kulit wajah Anda menjadi sehat dan terjaga dengan baik. Jerawat juga memiliki beberapa jenis, seperti komedo, jerawat batu, dan lain-lain. Lalu, bagaimana jika wajah sudah terlanjur berjerawat? Maka, Anda bisa menyimak cara membuat dan penggunaan masker daun binahong untuk jerawat berikut ini:

  1. Pertama-tama, siapkan bahan seperti daun binahong, madu, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak bunga mawar, kulit jeruk, mentimun, jeruk nipis, dan tepung beras ketan.

  1. Langkah kedua, haluskan daun binahong dengan cara di blender bersama kulit jeruk dan mentimun. Setelah bertekstur seperti pasta, campurkan dengan madu, minyak biji bunga matahari, minyak bunga mawar, minyak zaitun, perasan jeruk nipis, dan tepung beras ketan.

  1. Aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata. Tekstur masker daun binahong untuk jerawat ini agak kental dan siap untuk dioleskan ke kulit wajah, terutama area wajah yang berjerawat.

  1. Gunakan masker daun binahong seperti penggunaan masker kebanyakan. Oleskan ke seluruh bagian wajah, tetapi hindari pengolesan di sekitar area mata dan mulut. Beri jarak ketika akan mengoleskan masker daun binahong ke area-area tersebut. Jika sudah dioleskan ke seluruh wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit atau sampai masker daun binahong mengering. Kemudian, bilas dengan air bersih perlahan-lahan.

  1. Agar hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal dan efektif, Anda bisa mengaplikasikannya setiap 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan wajah yang bersih tanpa jerawat, tetapi tidak akan ada efek samping yang nantinya membahayakan kesehatan kulit wajah Anda. Daun binahong untuk jerawat ini bisa Anda aplikasikan menggunakan kuas masker atau hanya dengan menggunakan tangan saja. Asalkan, tangan Anda sudah dicuci bersih terlebih dahulu agar kuman-kumannya tidak ikut menempel pada kulit wajah.

BUAT KAMU:  5 Fungsi Daun Binahong yang Tak Banyak Orang Tahu

Daun binahong memiliki kandungan minyak atsiri, saponin, flavonoid, dan terpempid yang berfungsi untuk mencegah dan membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Itulah mengapa tanaman herbal yang satu ini sangat efektif dalam menghilangkan jerawat. Selain perawatan dari luar, adapula perawatan dari dalam yang bisa diikuti, yaitu dengan meminum air rebusan daun binahong.

Jika Anda mengaplikasikan kedua perawatan ini, maka jerawat Anda akan lebih cepat menghilang tanpa menimbulkan noda bekas jerawat. Langkah-langkah serta cara penggunaan masker daun binahong untuk jerawat diatas bisa Anda lakukan dengan rutin sesuai dengan yang dianjurkan agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Zams Herbalis adalah penggiat herbal yang mencoba berbagi online sejak tahun 2016. Bersama herbalis ginanjar, mengumpulkan berbagai tips herbal dari empiris dan medis. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *