Ketahui Daun Binahong dan Khasiatnya

Inilah Daun Binahong dan Khasiatnya

Daun Binahong terkenal dengan berbagai macam manfaat dan khasiatnya untuk penyembuhan penyakit. Ketahuilah daun binahong dan khasiatnya lewat artikel di bawah ini.

Daun Binahong atau Heartleaf Maderavine Madevine adalah sejenis daun yang merambat pada dinding dan pagar. Bentuk daunnya menyerupai daun sirih namun lebih tebal dari daun sirih. Sebagai salah satu daun yang telah diselama berabad-abad, daun binahong memiliki banyak khasiat yang terkandung di dalamnya. Bacalah artikel berikut untuk mengetahui daun binahong dan khasiatnya.

Daun Binahong dan Khasiatnya dalam Menghilangkan Penyakit

Daun yang termasuk ke dalam keluarga Basella Rubra ini memiliki kandungan diantaranya saponin yang berguna dalam membentuk kolagen untuk menyembuhkan kulit yang terluka dan alkaloid sebagai penurun kadar gula dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan yang melimpah dalam daun binahong dapat membasmi zat karsinogen dan dapat mencegah kanker. Berikut penjelasannya.

1. Dapat mengobati penyakit kanker

Mengobati atau minimalnya memperlambat sel kanker manggandakan diri di dalam tubuh merupakan salah satu khasiat daun binahong. Daun binahong dan khasiatnya ini bekerja melalui antioksidan yang berasal dari daun binahong. Caranya adalah cukup rebus 30 gram daun binahong dalam 1 air liter. Rebus hingga tersisa 600 ml, dan minum sebanyak 3 kali dengan dosis 200 ml setiap kali minum.

BUAT KAMU:  5 Efek Samping Daun Binahong yang Perlu Anda Ketahui

2. Dapat mengobati paru-paru

Bila ada diantara Anda yang memiliki penyakit paru-paru, Anda dapat mencoba untuk meminum air rebusan daun binahong. Langkah-langkahnya adalah rebus 10 lembar daun binahong hingga mendidih, dan minum dengan dosis wajar (sekitar 1-2 gelas kecil sekali minum). Dengan meminum air rebusan daun binahong, proses penyembuhan paru-paru akan berjalan lebih mudah.

3. Ampuh mengobati luka

Efek Samping Daun Binahong yang Perlu Anda Ketahui
Efek Samping Daun Binahong yang Perlu Anda Ketahui

Kegunaan daun binahong dan khasiatnya bisa mengobati luka luar seperti luka bakar, pegel linu, rematik, dan sebagainya. Anda cukup menumbuk beberapa daun binahong sampai halus. Setelah itu, daun binahong yang sudah ditumbuk dioleskan ke daerah yang mengalami luka atau terasa nyeri. Biarkan sekitar 20-30 menit. Lakukan secara berkala untuk penutupan luka lebih cepat.

4. Dapat melancarkan haid

Bagi wanita, masalah haid merupakan sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan badannya. Jika Anda seorang wanita dan memiliki siklus haid yang tidak teratur atau sering merasa sakit luar biasa saat haid, cobalah merebus 4-5 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Rebus hingga menyisakan 1 gelas air di panci. Kemudian, saring air rebusan daun binahong dan minum secara berkala saat periode haid datang.

BUAT KAMU:  Cara Mengolah Daun Binahong dengan Mudah

5. Berguna untuk perawatan kulit

Yang tidak kalah penting dari daun binahong dan khasiatnya yang lain adalah daun binahong berguna untuk perawatan kulit. Kandungan antioksidan dan saponin sebagai zat pembersih dapat membuat kulit Anda sehat tanpa jerawat, kencang, dan terasa segar. Cukup tumbuk 6 lembar daun binahong kemudian oleskan ke wajah atau daerah lain yang Anda inginkan seperti lengan, kaki, dan sebagainya.

Bila disebutkan lebih rinci lagi, masih banyak khasiat yang terkandung dalam daun binahong. Adapun khasiat lain daun binahong yang tidak kalah penting dari khasiat yang telah disebutkan diatas adalah sebagai berikut:

  • Dapat mengobati sakit maag
  • Memulihkan gegar otak
  • Mengatasi ambeien yang berkepanjangan
  • Menambah stamina dan vitalitas
  • Mengurangi rasa sakit saat terjadi luka

Itulah beberapa khasiat dari daun binahong. Tidak heran banyak orang memuji daun binahong dan khasiatnya. Bahkan di daerah Asia Timur, daun binahong menjadi daun yang selalu dicampurkan dalam setiap obat yang akan diracik. Walaupun penggunaan daun binahong di Indonesia jarang, tidak ada salahnya Anda mencoba mengulik informasi terkait pembudidayaan binahong untuk Anda.

BUAT KAMU:  Harga Daun Binahong Terbaru Termurah 2018 - Kapsul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *