Chia Seed untuk Ibu Hamil

Bagaimanakah Chia Seed Untuk Ibu Hamil?

Bagaimana Dampak Chia Seed untuk ibu hamil? apakah chia seed membawa kebaikan bagi ibu hamil ataukah malah efek negatif?

Seperti yang sudah sering kita bahas bahwa chia seed memiliki banyak sekali manfaat. Pembahasan lengkapnya sudah kami tuliskan di artikel: Manfaat Chia Seed.

Nah, karena kita tahu bahwa seorang perempuan yang sedang hamil haruslah menjaga makanannya. Ini dikarenakan jika salah-salah memilih makanan, bisa berakibat kurang baik bahkan fatal buat janin ataupun sang ibu.

Lalu kita bertanya-tanya, apakah chia seed yang bermanfaat itu akan berdampak positif buat ibu hamil? Nah, mari kita sekarang bahas.

Chia Seed untuk Ibu Hamil

Chia Seed untuk Ibu Hamil
Bagaimanakah Chia Seed untuk Ibu Hamil

Chia seed sendiri merupakan biji-bijian. Sama saja dengan biji-biji lainnya. Hanya saja chia berukuran jauh lebih kecil dan dapat mengembang dalam air.

Chia seed ini juga disebut healthy food dan superfood. Disebut sebagai healthy food karena chia umumnya organik, alias tumbuh dengan alami tanpa kimiawi. Dan disebut sebagai superfood, karena chia seed mengandung banyak sekali nutrisi meski bentuknya yang kecil.

Cukup satu setengah sendok makan, chia seed sudah banyak mencukupi banyak kebutuhan nutrisi harianmu.

Beberapa di antara kandungan yang tinggi dalam chia seed adalah omega-3, protein, dan serat. Selain itu chia seed juga mengandung mineral seperti kalsium dan magnesium.

Di samping itu, chia seed hampir tidak pernah terdengar memiliki efek samping. Apalagi chia seed ini gluten free. Persentase karbohidrat dalam chia seed begitu kecil, membuatnya cocok buat penderita diabetes.

Melihat fakta di atas, justru chia seed berkemungkinan memiliki efek positif bagi ibu hamil. Efek positif itu seperti di bawah ini.

Manfaat Chia Seed Bagi Ibu Hamil

Chia seed bisa membawa manfaat bagi ibu hamil, sebagai berikut:

1. Kaya akan Sumber Omega-3

Chia Seed merupakan sumber kaya akan omega-3. Hal ini baik untuk pertumbuhan otak anak dalam kandungan. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah, kebanyakan omega-3 dalam chia seed adalah dalam bentuk ALA. Jadi lebih bagus lagi kalau Anda juga mengkonsumsi ikan atau suplemen DHA.

2. Tulang Yang Kuat

Banyak orang yang masih belum sadar atau tahu bahwa chia seed mengandung kalsium lebih banyak daripada susu. Bahkan suatu sumber menyebutkan bahwa chia seed mengandung kalisum 3 kali lebih banyak. Kalsium ini akan membantu si janin dalam pembentukan tulang yang kuat.

Selain itu dalam trimester terakhir, chia seed juga berperan dalam menyediakan boron dalam pembentukan tulang janin.

3. Penambah Energi

Salah satu khasiat yang cukup terkenal dari chia seed adalah energy booster alias penambah energi. Bahkan hal ini pernah disinggung oleh dr. Oz. Selain itu riset juga telah menunjukan hal itu. Bahwa chia seed bisa setara minuman olahraga.

Tentu hal ini akan menjadi penting bagi ibu hamil. Seorang ibu hamil tidak boleh terlalu capek dan stres karena dapat berdampak buruk bagi janin. Sehingga mengkonsumsi chia seed setiap cukup sebagai penambah energi bagi ibu hamil.

4. Zat Besi

Selain itu, chia seed juga mengandung zat besi. Pengkonsumsian chia seed dapat memenuhi kebutuhan zat besi tiap harinya. Zat besi ini bermanfaat untuk darah dan transportasi nutrisi dan oksigen. Hal ini tentu akan bermanfaat bagi bayi, yang mana dia membutuhkan nutrisi dari ibunya melalui aliran darah.

Selain itu anemia atau kekurangan zat besi sering terjadi pada ibu hamil. Sehingga chia seed bisa dijadikan tambahan makanan untuk mengantisipasi hal tersebut.

5. Magnesium

Magnesium juga banyak terdapat pada chia seed. Magnesium ini berfungsi dalam pengaturan gula darah, tekanan darah, saraf dan otot. Hanya satu ons perhari sudah memenuhi 30-40% kebutuhan harian tubuh akan magnesium.

Magnesium dalam chia seed ini bisa mengcegah pegal di kaki, dan juga kontraksi prematur dari sang ibu hamil.

6. Serat

Chia seed merupakan sumber yang banyak dalam serat. Serat dalam chia seed ini bagus dalam pencernaan. Dapat membantu wanita hamil dalam konstipasi. Selain itu juga dapat mencegah pengembangan diabetes gestational.

Cukup 2 sendok chia seed setiap hari, kebutuhan harian kita akan serat telah terpenuhi.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Tinggi Trigliserida

Darah memiliki beberapa jenis fat, termasuk kolesterol dan trigliserida. Tingginya trigliserida dalam tubuh merupakan hal yang tidak baik. Sebagian jenis chia seed jika dimakan berlebihan akan meningkatkan level trigliserida dalam tubuh. Jika memang ingin mengkonsumsi chia seed ketika hamil, konsumsilah chia seed jenis salba. Chia seed tersebut tidak meningkatkan trigliserida secara signifikan.

Kanker Prostat

Chia Seed mengandung banyak omega-3 dalam bentuk alpha-linolenic acid. Dan penelitian menyarankan bahwa tingkat ALA yang tinggi berhubungan risiko mendapatkan kanker prostat. Kanker jenis ini banyak diderita oleh kaum pria. Seorang yang menderita kanker prostat atau memiliki risiko itu, sebaiknya menghindari mengkonsumsi chia seed dalam jumlah yang sangat banyak.

Seperti itu sekilas informasi tentang chia seed bagi ibu hami dan manfaatnya. Semoga bermanfaat buat saudara sekalian. Bila Anda tertarik memiliki chia seed, Anda bisa mengunjungi artikel penawaran kami: JUAL CHIA SEED.

Leave a Reply