cara mengkonsumsi rumput kebar

4 Cara Minum Rumput Kebar dengan Baik dan Benar

Membicarakan tumbuhan herbal memang tidak akan ada habisnya. Sebab sudah sangat banyak tanaman yang telah terbukti berkhasiat ampuh sebagai obat alami. Salah satu tanaman herbal yang kini mulai banyak dimanfaatkan yakni rumput kebar. Rumput (Biophytum petersianum) tersebut banyak tumbuh dan ditemukan di Papua dan kandungan zatnya sangatlah lengkap sehingga bermanfaat bagi tubuh.

Apalagi cara minum rumput kebar cukup mudah karena pengolahannya simpel dan tidak berbelit-belit. Dengan mengonsumsinya secara teratur maka Anda akan dapat mengatasi berbagai penyakit.

Beberapa Cara Minum Rumput Kebar dengan Baik dan Tepat

Ramuan rumput kebar mempunyai banyak sekali manfaat terutama dalam mengatasi berbagai penyakit. Hal itu tak terlepas dari kandungan zatnya yang melimpah serta memiliki sifat antioksidan di dalamnya. Oleh karena itu, dengan kelebihan yang ditawarkan, akan sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkannya.

Di bawah ini akan ditampilkan beberapa cara minum rumput kebar dengan tepat antara lain:

(1) Mengkonsumsi Sebagai Penambah Energi

Bila Anda ingin mengonsumsinya sebagai penambah energi, cara pengolahannya tidaklah sulit yakni pertama-tama Anda harus mengeringkan terlebih dahulu rumput kebar. Untuk jumlahnya tentukan sesuai selera, Anda juga dapat menyimpannya untuk lain waktu. Setelah kering lalu rebuslah dengan air mendidih.

HARUS BACA:  2 Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh Hijau atau dengan Topping

Tunggu beberapa saat kemudian tuangkan ke dalam gelas dan minuman tersebut siap untuk dinikmati.

(2) Mengkonsumsi Bagian Batang

Cara minum rumput kebar berikutnya adalah memanfaatkan bagian batangnya. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu ambil beberapa batang dari rumput kebar secukupnya. Kemudian rebuslah beberapa menit dengan air panas. Apabila dikira sudah mendidih maka tuangkan ke dalam gelas.

cara mengkonsumsi rumput kebar
cara mengkonsumsi rumput kebar

Jangan lupa lakukan penyaringan saat menuangkannya agar batangnya tidak mengganggu Anda dalam meminumnya nantinya.

(3) Mengkonsumsi bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil meminum ramuan tertentu termasuk obat herbal biasanya tidak diijinkan karena terlalu berisiko bagi kesehatan bayi. Namun beda halnya dengan olahan rumput kebar. Mengonsumsi rumput yang memiliki rasa hambar tersebut terbukti memiliki Vitamin E dimana terbukti sangat bermanfaat dalam mencegah keguguran.

Demi mendapat manfaat yang maksimal maka sebaiknya minumlah paling tidak sehari 3 kali. Jangan berlebihan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

(4) Mengkonmsumsi Rumput Kebar dengan Madu

Cara minum rumput kebar juga dapat disandingkan dengan madu. Pengolahannya sendiri hampir sama dengan sebelum-sebelumnya yakni dengan rebusan air hangat dan akar kebar. Namun nantinya akan ditambahkan juga madu. Madu bukan hanya menambah rasa manis di dalam minumannya tetapi juga menambah kandungan zat sehingga akan sangat bermanfaat mengatasi berbagai penyakit.

HARUS BACA:  Apa Saja Manfaat Kacang Almond Untuk Kesuburan? Ini 3 Jawabannya

Sebenarnya rumput kebar tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai minuman saja. Sebab tanaman khas papua tersebut juga dapat dimanfaatkan langsung untuk luka bagian luar seperti ruam, lecet, koreng, dan lain-lain. Cara pemanfaatannya pun tidaklah sulit dan cenderung gampang.

Cukup dengan menghaluskan beberapa rumput kebar yang sudah dikeringkan lalu tempelkan ke bagian yang mengalami luka. Maka lama-kelamaan luka tersebut akan sembuh.

Itu dia cara minum rumput kebar yang dapat Anda lakukan bila ingin mengonsumsinya. Dengan berbagai kemudahan dalam segala prosesnya tentu memudahkan Anda dalam pemanfaatannya. Apalagi kini sudah banyak yang menjual produk tersebut sehingga Anda tidak perlu pusing mencarinya.

Selain itu, tanaman ini juga memiliki sifat antioksidan dan anti bakteri yang tinggi sehingga bermanfaat sebagai pembasmi radikal bebas yang ada di tubuh. Oleh karena itu, maka konsumsi dengan dosis wajar akan membuat Anda akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. (herbalis ginanjar)

Bacaan Tambahan: Penelitian tentang Ekstrak Rumput Kebar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *