cara mengkonsumsi apple cider vinegar

5 Cara Minum Apple Cider Vinegar yang Praktis nan Berkhasiat

Cider apple vinegar mungkin sudah diketahui memiliki beragam manfaat untuk sebagian orang. Namun, untuk Anda yang belum tahu dan penasaran, Anda dapat mencari informasi mengenai hal ini. Pada umumnya, produk ini dipergunakan untuk campuran bahan masakan, membuat salad dressing, mengolesi daging sebelum memanggang bahkan menjadi bahan pengawet makanan.

Bukan hanya itu saja, penggunaannya pun sebenarnya memiliki khasiat yang berhubungan dengan kesehatan. Kandungan asam asetat di dalamnya ternyata mampu membantu proses metabolisme tubuh dan melancarkan jalannya pencernaan Tak heran jika produk ini sering digunakan untuk diet atau perawatan tubuh lainnya. Anda pun dapat mengkonsumsinya dengan cara tertentu.

Cara minum apel cider vinegar dapat Anda pelajari pada uraian di bawah ini:

5 Cara Minum Apple Cider Vinegar yang Dapat Dilakukan di Rumah

Mungkin sebagian besar dari Anda ingin lebih mengenal apakah apple cider vinegar itu. Sebenarnya, produk ini merupakan cuka dari buah apel. Cuka ini berasal dari perasan buah apel yang kemudian dicampur dan diolah dengan bahan lain yaitu ragi. Setelah melalui proses fermentasi, air cuka ini berubah menjadi cairan dengan kandungan asam asetat yang tinggi.

BUAT KAMU:  Empat Manfaat Cuka Dapur untuk Wajah (Harus Tahu)

Karena itu, walaupun air cuka apel ini sangat bermanfaat untuk tubuh, Anda tidak dapat mengkonsumsinya secara langsung. Namun jangan khawatir, karena Anda masih dapat menyiasatinya untuk meminumnya dengan aman.

Inilah cara minum apple cider vinegar yang dapat Anda lakukan di rumah:

(1) Mencampur dengan madu untuk diminum

Cara minum apple cider vinegar yang pertama adalah dengan mencampurnya dengan madu. Caranya, ambil dua buah sendok makan cuka apel dan juga madu. Tambahkan air hangat dan aduk. Kemudian, minumlah pada pagi dan sore hari secara rutin. Dengan menambahkan madu, rasa asam dari cuka apel ini pun dapat tersamarkan.

(2) Menambahkan cuka apel pada salad dressing

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cuka apel juga dapat dibubuhkan ketika Anda membuat salad dressing. Penggunaan cuka apel ternyata lebih sehat dibanding mayones, karena kandungan asam asetat di dalamnya mampu membantu penurunan kadar gula dalam darah dan juga mencegah naiknya berat badan.

(3) Meminum jus buah dengan cuka apel

Cara meminum yang berikutnya adalah dengan mencampurnya dengan jus buah. Rasanya tentu saja akan lebih nikmat. Caranya yaitu cukup siapkan jus buah murni yang dapat anda beli atau buat sendiri tanpa tambahan gula dan dua sendok makan cuka apel. Campurkan keduanya dan aduk hingga rata.

BUAT KAMU:  Review: Toner Cuka Apel yang Benar & Ampuh Seperti Ini

Minum pada siang atau malam hari secara teratur untuk merasakan manfaatnya.

(4) Mengoleskan cuka apel pada roti

Cara yang keempat mungkin salah satu jalan yang bisa Anda pilih untuk mengkonsumsi cuka apel ini. Memang tidak dengan diminum, namun Anda dapat mengoleskan cairan cuka apel pada lembaran roti favorit Anda. Dengan cara ini, rasa asamnya dapat tersamarkan dan Anda juga mendapatkan nutrisi lebih dari roti yang Anda makan.

(5) Memasukkan cuka apel ke dalam segelas air putih

cara mengkonsumsi apple cider vinegar
cara mengkonsumsi apple cider vinegar

Cara minum apple cider vinegar ini merupakan cara yang paling sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan segelas air putih saja, kemudian bubuhkan satu sendok makan cuka apel tersebut ke dalamnya. Aduk perlahan sampai cuka apel menyatu dengan air. Setelah itu, Anda dapat meneguk air putih tersebut hingga habis. Lakukan ini sebelum makan, karena kandungan bakteri acetobackter di dalam cuka apel mampu membantu proses pencernaan makanan dalam lambung.

Itulah beberapa cara minum apple cider vinegar yang dapat kamu lakukan di rumah. Cukup mudah bukan caranya? Walaupun dapat dikonsumsi dengan cara yang praktis, bukan berarti Anda dapat melakukannya berlebihan. Apabila terlalu banyak mengkonsumsinya, tentu ada efek samping yang akan anda rasakan salah satunya yaitu terkena radang tenggorokan.

BUAT KAMU:  5 Cara Minum Cuka Apel Tahesta yang Enak (Praktis)

Jadi pastikan Anda dapat memanfaatkan cuka apel sesuai dengan kebutuhan ya.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *