Cara Minum Air Lemon yang Benar

Cara Minum Air Lemon yang Benar

Cara Minum Air Lemon yang Benar – jangan sampai salah ya. Alam telah menghasilkan buah, yang harus Anda syukuri dengan cara mengkonsumsinya setiap hari. Lemon ini dapat meredakan sakit tenggorokan, melancarkan pencernaan, dan membuang racun (detoks).

Minum air jeruk menghasilkan sejumlah manfaat kesehatan yang anda inginkan . . . bukan?

Untuk mengetahui bagimana cara mengolah lemon sebenarnya sehingga menciptakan manfaat yang maksimal,  mari simak konsultasi dengan Autumn Bates, ahli gizi klinis dan personal trainer yang bersertifikat. Berikut di bawah ini hasil informasinya.

Cara Minum Air Lemon yang Benar

Manfaat air lemon bukanlah mitos, tetapi ada memang ada cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap perasannya. Oleh karena itu kita akan bahas cara minum air lemon yang benar.

A. Berapa banyak Lemon yang Harus Digunakan Agar Terlihat Hasilnya?

Menurut Bates, Anda masih dapat memetik manfaat air lemon selama Anda mengolah seluruh bagian lemon, termasuk kulitnya. Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition, menunjukkan bahwa polifenol tertentu yang ditemukan dalam kulit lemon membantu menurunkan berat badan pada tikus dengan diet tinggi lemak.

Selain berpotensi membantu Anda mengurangi berat badan, buah ini dikemas dengan vitamin C.

“Satu lemon mengandung banyak vitamin C yang diperlukan untuk memproduksi kolagen dalam tubuh Anda, (hal ini akan) meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, dan meregenerasi glutathione (antioksidan tubuh Anda). digunakan dalam detoksifikasi harian),” Kata Bates kepada POPSUGAR.

BUAT KAMU:  7+ Kegunaan Lemon Menurut Dokter Ahli

Bates merekomendasikan mengolah setidaknya setengah lemon (diiris) dengan 8 – 10 ons air.

B. Apakah Sebaiknya Menggunakan Air dingin, Hangat, atau Panas?

kegunaan lemon
kegunaan lemon

Air hangat paling ideal untuk membuat minuman lemon. Suhu ini membantu mengekstrak vitamin C dan polifenol dari buah lemon dan kulitnya. Menurut Bates, meskipun vitamin C tidak stabil terhadap panas – yang berarti dapat menurun setelah mencapai suhu tertentu – bahkan suhu mendidih tidak cukup panas untuk meniadakan manfaat buah.

Namun, air hangat sangat ideal karena lebih mudah diminum dalam jumlah besar, sementara cairan panas telah dikaitkan dengan kanker oleh World Health Organization.

C. Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Air Jeruk Nipis?

Tubuh kita sangat dehidrasi saat baru bangun tidur, jadi Bates merekomendasikan untuk mengkonsumsi segelas lemon pertama di pagi hari.

“Saat kita tidur, kita kehilangan banyak air melalui pernapasan,” katanya. “Menghidrasi dengan segelas air lemon hangat adalah yang terbaik ketika Anda bangun untuk membantu mengisi apa yang hilang semalam dan memulai hari Anda dengan kaki kanan.”

Selain menambah rasa pada air putih Anda (dan membantu menaikkan asupan nutrisi Anda), lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membentuk kolagen dalam tubuh Anda (yang meningkatkan kesehatan kulit dan sendi). Hal ini berkat tingginya kadar vitamin C.

BUAT KAMU:  13 Manfaat Makan Jeruk Sebelum Tidur (Sayang Dilewatkan)

Namun patut diperhatikan: Anda mungkin juga berisiko menipiskan email gigi dengan minum air lemon terlalu banyak, setiap hari. Bates juga mengatakan bahwa lemon memiliki kadar zat besi yang tinggi. Mereka yang sudah terlalu banyak zat besi harus membatasi minum air lemon. Ini karena air lemon dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi.

D. Resep Air Lemon

Resep air lemon di bawah ini hanyalah satu jenis resep di antara banyak jenis resep lainnya. Adapun jika Anda hanya ingin membuat air lemon tanpa campuran apapun itu sudah cukup bagus. Tapi jika Anda ingin membuat air lemon yang berbeda dan lebih berkhasiat, bisa lihat di bawah ini:

BAHAN:

  • 2 gelas (500 ml) air hangat / panas
  • 1-2 sdt madu
  • 1 lemon, dijus / diperas
  • 1 jeruk nipis, dijus
  • 1 butir kunyit segar 2,5 cm, diiris atau diparut
  • 1 di (2,5 cm) sepotong jahe segar, diiris atau parut

PETUNJUK:

  1. Rebus airnya.
  2. Tuangkan ke dalam 1-2 cangkir. Diamkan sampai ke suhu yang Anda inginkan (Beberapa orang lebih suka panas sementara yang lain lebih suka hangat).
  3. Campurkan jus lemon dan jeruk nipis dengan jahe atau kunyit yang diiris atau diparut.
  4. Biarkan selama 5-10 menit, lalu Selamat menikmati! Anda dapat membiarkan ini duduk di malam hari untuk mendapatkan lebih banyak lagi dari jahe dan kunyit.
BUAT KAMU:  12 Efek Samping Minum Jeruk Nipis Tiap Hari yang Serius

Resep air lemon di atas adalah untuk 2 porsi atau 2 gelas.

E. Kesimpulan Cara Meminum Air Lemon yang Benar

Cara Minum Air Lemon yang Benar
Cara Minum Air Lemon yang Benar

Dari pembahasan kita tentang air lemon di atas berikut yang bisa kita simpulkan:

1. Minumlah air lemon dalam satu cangkir air hangat di pagi hari (dengan perut kosong).

2. Pastikan untuk menunggu 30 menit sebelum makan sarapan, karena ini akan memastikan tubuh Anda mendapatkan energi dan nutrisi paling banyak dari makanan yang Anda makan. Gunakan lemon segar (lebih disukai organik dan lokal) dan air kaya mineral yang disaring.

3. Dalam hal suhu air, pendekatan Goldilocks adalah kunci — tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin, tetapi tepat. Dalam hal ini yang tepat adalah hangat. Air mendidih akan menghancurkan beberapa sifat enzimatik dari lemon segar, sementara air dingin akan menghambat manfaat pencernaannya.

4. Mungkin perlu sedikit membiasakan diri, dalam merutinkan minum air lemon hangat setiap pagi. Tetapi manfaat dari air lemon akan segera terlihat, bahkan sebelum diri Anda terbiasa. Tak ada hal yang lebih baik daripada ini.

Itulah pembahasan kita tentang cara minum air lemon yang benar. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari info tentang mengkonsumsi air lemon.

Sumber Referensi Cara Mengkonsumsi Air Lemon

  1. msn.com/en-us/health/nutrition/the-right-way-to-drink-lemon-water-for-maximum-benefits-according-to-a-nutritionist/ar-AavodMN
  2. rebootwithjoe.com/anti-inflammatory-lemon-water-recipe/
  3. rebootwithjoe.com/why-you-should-start-your-day-with-lemon-and-warm-water/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *