cara mengolah mahkota dewa

5 Cara Mengolah Mahkota Dewa Yang Benar & Baik

Mahkota dewa merupakan tanaman herbal yang biasanya digunakan sebagai bahan pengobatan dan cara mengolah mahkota dewa pun tidak bisa sembarangan karena harus diracik sesuai aturan. Hal ini agar tanaman tersebut dapat menjadi obat yang manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal. Hampir semua bagian pada tanaman mahkota dewa bisa dijadikan sebagai obat, dari bagian buah, daun, hingga batangnya. Sayangnya, tanaman yang satu ini terbilang cukup sulit untuk didapatkan. Namun, juga tidak sedikit orang yang membudidayakan mahkota dewa sebagai tanaman obat.

Berikut Ini 5 Cara Mengolah Mahkota Dewa menjadi Obat yang Berkhasiat

Tanaman mahkota dewa memiliki banyak manfaat, seperti anti-inflamasi, anti-oksidan, penurun demam, penurun kolesterol, penghilang rasa nyeri dan sakit, serta masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya. Kebanyakan, tanaman herbal ini dikonsumsi oleh mereka yang sudah lanjut usia. Hal ini karena pada usia-usia tersebut rentan akan serangan berbagai penyakit yang bisa saja muncul. Jika sudah begitu, maka akan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bahan-bahan herbal disamping mengobatinya dengan cara medis.

Efek sampingnya pun hampir tidak ada karena menggunakan bahan-bahan alami yang telah di proses sedemikian rupa hingga berbentuk obat. Dibawah ini akan diuraikan secara lengkap 5 cara mengolah mahkota dewa dengan mudah dan praktis:

(A) Air Buah Mahkota Dewa

Cara yang pertama adalah dengan mengiris buah mahkota dewa tipis-tipis. Sebelum mengiris, pastikan untuk membuang bijinya terlebih dahulu, karena biji dari tanaman ini beracun. Setelah selesai diiris, keringkan secara tepat dengan memasukkannya kedalam wadah atau toples dan jemur di tempat yang teduh. Jika sudah kering, maka masih diperlukan beberapa proses lagi, yaitu memasukkan 2-3 irisan kedalam air panas secukupnya dan diamkan sekitar 5 menit. Air dari buah mahkota dewa pun siap untuk diminum.

BUAT KAMU:  Waspadi 5 Efek Samping Mahkota Dewa Yang Mungkin Ini

(B) Salep Daun Mahkota Dewa

Cara mengolah mahkota dewa berikutnya adalah dengan menggunakan bagian daun. Bagi Anda yang sedang mengalami alergi kulit seperti eksim, maka Anda dapat mengolahnya menjadi salap. Caranya adalah dengan menghaluskan daun mahkota dewa dengan cara menumbuk atau cara lainnya. Kemudian, balurkan racikan tersebut ke area kulit yang terkena eksim.

(C) Rebusan Batang Mahkota Dewa

Bagi Anda yang ingin mengobati penyakit serius, yaitu kanker tulang, maka Anda bisa mengolah batang dari tanaman mahkota dewa. Caranya hanya dengan menguliti batang tersebut, setelah itu dikeringkan dan direbus. Air rebusan inilah yang bisa Anda pakai untuk mengobati kanker tulang.

(D) Ramuan Kombinasi Mahkota Dewa (Sambiloto & Daun Pegagan)

Cara mengolah mahkota dewa lainnya adalah dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan herbal lainnya, seperti daun sambiloto dan daun pegagan kering. Caranya sangat mudah, yaitu dengan merebus ketiga bahan tersebut dalam 3 gelas air. Didihkan hingga airnya menjadi 1 ½ gelas saja. Sebelum mengonsumsinya, Anda harus menyaringnya terlebih dahulu untuk membuang kotoran-kotoran.

(E) Ramuan untuk Asam Urat & Rematik (Mahkota Dewa, Sidaguri, & Sambiloto)

Untuk mengobati penyakit asam urat dan rematik, Anda bisa menggunakan bahan-bahan herbal, seperti mahkota dewa, akar sidaguri, dan sambiloto kering. Pengolahannya sangat praktis, dengan cara merebus semua bahan menggunakan air hingga mendidih. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi air rebusan ini sebanyak 3 kali sehari.

BUAT KAMU:  5 Khasiat Mahkota Dewa untuk Pria yang Jarang Diketahui
cara mengolah mahkota dewa
cara mengolah mahkota dewa

Masih banyak cara pengolahan dan pembuatan dari tanaman mahkota dewa selain melalui cara-cara diatas. Namun, tanaman yang satu ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan tidak diperbolehkan untuk mengonsumsinya dalam keadaan segar. Hal ini akan mengakibatkan bibir menjadi bengkak hingga kejang-kejang. Cara mengolah mahkota dewa diatas merupakan cara turun-temurun dan sudah banyak digunakan, jadi cara tersebut sudah dijamin aman dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *