cara membuat kayu manis menjadi minuman

Cara Mengolah Kayu Manis Menjadi Minuman Menyehatkan (Dan Enak)

Cara menolah kayu manis menjadi minuman haruslah benar, jika ingin mendapatkan manfaat yang optimal. Apatah lagi jika kayu manis tersebut ingin dijadikan obat. Apa lagi jika digunakan untuk obat penyakit serius. Selain itu ada juga minuman yang cocok untuk digunakan sebagai diet. Ada juga cara mengolah kayu manis menjadi bubuk, dan cara mengolahnya menjadi obat dan diet. Langsung saja, Mari kita bahas.

Cara Mengolah Kayu Manis Menjadi Minuman

Kayu manis memang telah lama dikenal sebagai bahan campuran masakan yang memberikan aroma harum. Selain itu, kayu manis juga telah dimanfaatkan oleh berbagai produsen alat kecantikan sebagai bahan campuran dalam setiap produk kosmetiknya. Namun, khasiat yang paling penting dari kayu manis adalah perannya dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berat badan berlebih atau kegemukan memang terkadang menjadi masalah bagi sebagian orang.

Jangan Sampai Terlewat:

  1. Awas, Inilah Dosis Kayu Manis yang Benar
  2. Rahasia Manfaat Kayu Manis dan Madu Untuk Wajah
  3. Rahasia Kayu Manis dan Apel Untuk Kesehatan & Diet

Selain mengganggu penampilan, kegemukan juga berbahaya karena meningkatkan resiko terkena penyakit obesitas. Kini, Anda dapat menurunkan berat badan secara bertahap dengan mengkosumsi kayu manis secara rutin. Pada umumnya, kayu manis dikonsumsi dalam bentuk minuman, minyak, bubuk maupun masker. Namun, konsumsi dalam bentuk minuman adalah cara yang paling mudah untuk Anda terapkan. Berikut ini adalah cara mengolah kayu manis menjadi minuman yang mudah untuk Anda lakukan.

BUAT KAMU:  Apa itu Stevia Rebaudiana, Manfaatnya, Serta Budidayanya - Lengkap

Cara Mengolah Kayu Manis Menjadi Minuman Untuk Menurunkan Berat Badan

Bahan:

  • 1 liter air putih
  • 1 batang kayu manis atau 5 sdm bubuk kayu manis
  • ½ sdm madu

Cara pengolahan:

  • Masukkan kayu manis ke dalam rebusan air
  • Rebus air kemudian diamkan dalam api kecil sekitar lima menit
  • Setelah lima menit, matikan api dan tunggu air mendingin
  • Jika air sudah mendingin campurkan madu
  • Aduk hingga madu tercampur secara merata
  • Minuman olahan kayu manis sudah dapat dinikmati

Sebenarnya, air olahan kayu manis ini dapat dinakmati dalam keadaan panas maupun dingin. Jadi, cara menikmati air olahan kayu manis juga bergantung pada selera Anda, namun harus tetap dikonsumsi 3 kali sehari.

Pastinya, Cara mengolah kayu manis menjadi minuman penurun berat badan tentu sangat mudah untuk Anda lakukan. Namun, jenis minuman ini tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita maag maupun ibu hamil. Disamping mampu menurunkan berat badan, minuman olahan kayu manis ini juga bermanfaat untuk sekedar menghangatkan tubuh. Berikut ini adalah cara membuat minuman berbahan dasar kayu manis sebagai penghangat tubuh.

Cara Mengolah Kayu Manis Menjadi Minuman Penghangat Tubuh

Bahan:

  • Dua rimpang jahe (dimemarkan/digeprek)
  • 1 batang serai (dimemarkan)
  • Gula aren atau gula jawa (secukupnya)
  • 1 batang kayu manis atau ½ sdt bubuk kayu manis
  • 1 liter air putih
  • Madu (secukupnya)

Cara pengolahan:

  1. Persiapkan wadah untuk merebus bahan minuman
  2. Tuangkan air ke dalam wadah lalu panaskan dengan api sedang
  3. Masukkan jahe, gula aren/jawa dan kayu manis ke dalam rebusan air
  4. Masak sampai mendidih dan aroma jahe tercium wangi
  5. Apabila air rebusan sudah mendidih, maka tuangkan madu secukupnya
  6. Aduk air rebusan, lalu angkat
  7. Saring rebusan air ke dalam gelas saji
  8. Nikmatilah selagi panas
BUAT KAMU:  5 Manfaat Kayu Manis dan Apel Untuk Kesehatan & Diet

Sekedar tambahan informasi, apabila Anda tidak ingin air rebusan berwarna cokelat maka gula aren dapat diganti dengan gula pasir atau batu. Kemudian, apabila Anda ingin sensasi rasa air rebusan yang lebih segar maka dapat menambahkan beberapa tetes lemon. Cara mengolah kayu manis menjadi minuman penghangat tubuh tentu mudah untuk Anda terapkan. Jenis minuman ini sangat cocok untuk menghangatkan dan menjaga daya tahan tubuh dalam kondisi cuaca dingin.

Nah, demikianlah informasi mengenai dua minuman berbahan dasar kayu manis yang menyehatkan tubuh disertai cara mengolahnya. Semoga dengan mengkonsumsi minuman ini dapat membuat kondisi kesehatan Anda tetap terjaga. Dengan demikian, Anda dapat menjalani rutinitas sehari-hari dengan lancar.

cara mengolah kayu manis menjadi minuman
cara mengolah kayu manis menjadi minuman

Cara Mengolah Kayu Manis untuk Obat

Kayu manis mempunyai banyak manfaat dalam mengatasi beberapa penyakit, memelihara kesehatan. Di antara manfaatnya adalah mengobati diabet. Walaupun masih diperdebatkan, kayu manis sudah banyak diakui bisa mengurangi kadar gula dalam darah. Sebuah penelitain juga sudah mengamfirmasinya. Zat yang dikandungnya, yaitu berupa protein, serat, dan karbohidrat dianggap sangat kaya akan manfaat.

Untuk mengolah kayu manis menjadi obat yang perlu Anda siapkan adalah 4 potong kulit dari kayu manis. Kemudian rebuslah kulit tersebut dalam 2 gelas air. Tunggu sampai air yang sedang direbus itu tersisa hanya 1 gelas. Bila sudah, Anda bisa menuangkan air rebusan itu ke dalam gelas untuk diminumnya kemudian.

BUAT KAMU:  Jual Joyjus Formula Terbaru - Asli 100% - Kode bisa Dicek

Minuman Kayu Manis untuk Diet

Minuman kayu manis sudah cukup mahsyur digunakan untuk suplemen diet. Ini karena kadar kalorinya yang jauh lebih rendah dibandingkan herbal pemanis lainnya.

Kita bisa mencampurkan kayu manis yang sudah diolah ke dalam minuman teh, kopi, atau minuman lainnya. Sehingga kita tidak perlu gula lagi. Memang rasanya tidak semanis dan senikmat gula pasir pada umumnya. Tapi untuk program diet mengapa tidak?

Selain itu kayu manis juga untuk diet juga bisa dalam bentuk air rebusan seperti yang diterangkan di atas, atau bisa juga dalam berbagai bentuk jamu lainnya.

Cara Mengolah Kayu Manis Menjadi Bubuk

Mengolah kayu manis menjadi bubuk adalah cara agar kita bisa mengkonsumsinya secara praktis. Lalu bagaimana cara mengolah kayu manis bisa menjadi bubuk? Dalam tulisan ini hanya akan diterangkan secara singkat, yaitu seperti ini:

Pertama, siapkan kayu manis yang siap menjadi bubuk. Siapkan kulit kayu manis yang benar-benar kering (bisa dijemur terlebih dahulu). Kemudian masukan kulit kayu manis tersebut ke dalam blender (tanpa campuran apapun termasuk air). Bisa juga ditumbuk bila ingin bubuk yang bertekstur sedikit kasar. Gampang kan? Sebenarnya masih ada variasi cara lainnya untuk mengolah kayu manis menjadi bubuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *