Cara Mengolah Jeruk Lemon

5 Cara Mengolah Jeruk Lemon dengan Mudah

Cita rasa yang asam menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi jeruk lemon yang kaya akan manfaat. Ketahui bagaimana cara mengolah jeruk lemon lewat artikel di bawah ini.

Jeruk lemon merupakan buah dengan kandungan sitrus dan pektin yang tinggi. Perbedaan jeruk lemon dan lemon memang berasal dari bentuknya. Namun, kegunaan yang dibuktikan lewat kedua buah sama banyaknya. Bila Anda memiliki jeruk lemon di rumah Anda, Anda dapat mengolahnya dengan berbagai cara mengolah jeruk lemon dengan mudah dengan melihat artikel ini.

Cara Mengolah Jeruk Lemon dengan Tepat

Cara mengolah jeruk lemon tidak sesulit mengolah bahan makanan yang memiliki getah atau racun di bagian tertentu, seperti rebung atau ikan fugu. Walaupun jeruk lemon memang memiliki rasa pahit di lapisan sekitar daging dan kulitnya, rasa pahit tersebut tidak akan terlalu kentara di lidah Anda. Tentunya dengan pengolahan yang tepat, jeruk lemon menjadi bahan yang sangat berguna untuk Anda.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Lemon

1. Diperas

Cara mengolah jeruk lemon yang paling lumrah adalah dengan diperas. Caranya mudah sekali. Cukup siapkan alat peras atau Anda bisa memerasnya secara manual. Gunakan wadah yang cukup besar agar air perasan tidak tertumpah kemana-mana. Setelah air jeruk lemon didapat, Anda dapat mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan es batu sebagai minuman saat hawa panas melanda.

2. Iris Tipis Kulit

Bila Anda berpikir bahwa kulit jeruk lemon tidak memiliki kegunaan lain selain menutup daging buah, Anda salah besar. Kulit jeruk lemon dapat dijadikan manisan dengan diolah secara diiris tipis. Iris tipis terlebih dahulu kulit jeruk lemon. Kemudian, rebus irisan kulit jeruk lemon dengan air gula. Tunggu hingga air gula menyusut. Keringkan kulit jeruk lemon, kemudian beri gula lagi sebagai taburan. Manisan kulit jeruk lemon siap Anda nikmati.

BUAT KAMU:  13 Manfaat Makan Jeruk Sebelum Tidur (Sayang Dilewatkan)

3. Direbus

Berkaitan dengan cara mengolah jeruk lemon sebelumnya, kulit jeruk lemon pun dapat direbus. Air rebusan kulit jeruk lemon dapat digunakan untuk mengobati penyakit sakit dada bahkan menjadi minuman untuk diet. Untuk merebusnya, taruh kulit jeruk lemon di panci. Tambahkan 4 gelas air. Beri 2 sendok makan gula.

4. Direndam

Jeruk lemon dapat direndam dan disimpan di suhu yang telah ditentukan. Walaupun prosesnya lebih lama, perendaman jeruk lemon akan menghasilkan rasa yang lebih kuat dan lebih autentik. Caranya, Anda cukup menyediakan air hangat dan buah jeruk lemon yang telah diiris. Rendam selama 5 – 10 menit. Setelah itu, campur 1 sendok makan gula dan aduk hingga rasanya merata.

5. Diblender

Jeruk lemon dapat diolah dengan diblender dengan syarat jeruk lemon harus diperas terlebih dahulu. Baru untuk melembutkan atau dicampur dengan bahan lain, Anda dapat memblender air perasan jeruk lemon. Biasanya, pengolahan jeruk lemon dengan cara di blender digunakan untuk membuat jus membuat minuman dingin.

BUAT KAMU:  7+ Cara Membuat Jus Lemon yang Benar dan Sedap
Cara Mengolah Jeruk Lemon
Cara Mengolah Jeruk Lemon

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan saat sebelum mengolah jeruk lemon adalah sebagai berikut:

  1. Pilih jeruk lemon yang kulitnya kuat dan cukup tebal. Kulit yang kuat dan cukup tebal menunjukkan jeruk lemon yang dipilih telah mengalami kematangan yang sesuai
  2. Pastikan jeruk lemon telah dicuci bersih sehingga kotoran yang tadinya menempel tidak akan masuk ke dalam pengolahan jeruk lemon

Demikian beberapa cara mengolah jeruk lemon dengan mudah yang disajikan lewat artikel ini. Dalam penggunaan jeruk lemon, yang harus Anda perhatikan adalah jumlah air lemon jeruk atau lemon jeruk yang Anda jadikan sebagai bahan dasar sesuatu, seperti makanan atau masker kecantikan wajah. Untuk rasa yang masih terlalu asam atau sedikit pahit, Anda dapat menambahkan 1-2 sendok makan gula. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *