cara mengkonsumsi daun kenikir ulam raja

Cara Mengolah Daun Kenikir Tanpa Kehilangan Manfaatnya

Daun kenikir merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya karena manfaatnya tetapi juga cara mengolah daun kenikir yang cukup mudah. Daun yang mempunyai tekstur unik ini sedap untuk disantap bersama dengan makanan lain. Meskipun beberapa orang tidak terlalu suka dengan aromanya yang khas, daun kenikir nyatanya menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Bagaimana cara mengolah kenikir dengan tepat sehingga tidak kehilangan kandungan gizinya?

Cara Mengolah Daun Kenikir dengan Tepat

Kenikir mempunyai kandungan antioksidan seperti flavonoid, terpenoid, dan saponin yang dipercaya efektif melawan kanker. Tidak heran jika daun kenikir menjadi favorit sebagian masyarakat Indonesia. Meskipun mempunyai khasiat bagi kesehatan, mengkonsumsi daun ini bisa menjadi hal yang sia-sia apabila Anda tidak memperhatikan cara pengolahan yang tepat.

Berikut ini adalah cara mengolah daun kenikir secara tepat agar Anda tetap bisa mendapatkan manfaatnya:

cara mengkonsumsi daun kenikir ulam raja
cara mengkonsumsi daun kenikir ulam raja

(1) Merebus Daun Kenikir

Cara pengolahan yang pertama adalah dengan merebus daun kenikir. Cara ini memang menjadi cara yang paling lazim karena cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memasukkan daun kenikir dalam air mendidih dan menunggu beberapa saat. Agar kandungan gizi di dalamnya tidak hancur, pastikan daun tersebut tidak direbus terlalu lama hingga lembek.

HARUS BACA:  9 Manfaat Susu Almond Untuk Ibu Hamil (Beserta Efek Sampingnya)

Selain mengkonsumsi daunnya, Anda juga bisa memanfaatkan air rebusan untuk mengobati kanker. Caranya, minum air rebusan daun kenikir 2 kali dalam sehari. Anda akan merasakan khasiatnya dengan konsumsi secara rutin.

(2) Mengukus Daun Kenikir

Cara mengolah daun kenikir yang selanjutnya adalah dengan mengukus. Biasanya daun kenikir dikukus bersamaan dengan kangkung. Kenikir yang diolah dengan cara ini bisa dimakan sebagai lalapan. Daun kenikir yang dikukus masih mempunyai tekstur renyah sehingga sedap untuk dijadikan lalapan.

Selain itu, kandungan gizi di dalamnya juga tidak hancur. Jika Anda mengkonsumsi daun kenikir bersamaan dengan kangkung, pastikan jumlah yang Anda konsumsi tidak terlalu banyak. Kangkung bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti asam urat.

(3) Masak karedok

Karedok menjadi salah satu menu favorit bagi masyarakat Indonesia. Daun kenikir menjadi komposisi yang tidak boleh terlewatkan karena mampu memberikan sensasi tersendiri bagi rasa karedok tersebut. Cara mengkonsumsi karedok yang satu ini cukup unik karena semua sayuran dimakan secara mentah, termasuk daun kenikir.

HARUS BACA:  7 Khasiat Daun Sukun untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Anda hanya perlu mencampurnya ke dalam ulekan sambal yang terdiri dari kacang tanah goremg, bawang putih, kencur, asam jawa, gula, dan garam. Perpaduan rasa dari sayuran mentah dan sambal kacang mampu membuat lidah Anda bergoyang.

(4) Jus Daun Kenikir

Anda yang gemar mengkonsumsi jus wajib memasukkan daun kenikir ke dalam pilihan jus favorit Anda. Jika Anda tidak terganggu dengan aroma daun kenikir yang kaut, cara mengolah daun kenikir yang satu ini cukup efektif untuk mendapatkan khasiat yang terkandung di dalamnya. Apabila Anda tidak tahan dengan aroma yang dimiliki, tambahkan air perasan lemon sehingga jus beraroma segar. Konsumsi jus kenikir 2 kali sehari untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Cara mengolah daun kenikir manakah yang menjadi favorit Anda? Bagaimanapun Anda ingin mengolah daun kenikir, pastikan selalu mencuci daun tersebut dengan bersih. Apalagi jika ingin mengkonsumsinya dalam keadaan mentah, pastikan kebersihan daun kenikir menjadi perhatian Anda.

Selain sedap di lidah, daun kenikir juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Tunggu apa lagi? Olah daun kenikir sesuai dengan kesukaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *